8 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Menghilangkan Grogi

Posted on
8 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Menghilangkan Grogi 1Self esteem, confidence, believe in yourself

Kepercayaan diri merupakan modal utama untuk berbicara di depan orang banyak, apakah itu di dalam meeting ataupun di depan sebuah forum. Untuk meningkatkan rasa percaya diri ini bisa dengan banyak cara dalam jangka waktu panjang. Namun beda kalau kamu tipe orang yang banci tampil dengan rasa percaya dirinya luar biasa tinggi, berarti kamu hanya tinggal meningkatkan pengetahuan kamu supaya pembicaraan kamu lebih berisi.

Pasti ada dalam situasi tertentu kamu diharuskan untuk berbicara pada pertemuan penting, berbicara pada meeting biasa, presentasi tugas, atau sekedar berbicara untuk sekedar briefing tim. Situasi ini menuntut kamu untuk harus percaya diri, supaya pesan kamu tersampaikan dengan baik, berikut ini ada beberapa Tips untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan grogi ketika berbicara di depan orang banyak:

1. Senyum

Tersenyum selalu sukses menekan rasa grogi dan meningkatkan kepercayaan diri, karena berkaitan erat dengan peningkatan perasaan positif. Senyum bermanfaat untuk memperbaiki mood, mengurangi stres, membuat penampilan lebih menarik, menurunkan tekanan darah, membantu relaksasi, dan melepaskan hormon endorfin. Tersenyum menyebarkan aura positif sehingga mempengaruhi orang di sekitar kamu juga menjadi berpikiran positif.

Tips ini merupakan Tips yang paling mudah dan cepat, tetapi jangan terlalu banyak tersenyum tanpa sebab, atau nanti audience/ lawan bicara kamu menyangka yang tidak-tidak. Cukup senyum tulus beberapa detik mengawali pembicaraan anda, dan disela-sela pembicaraan untuk menunjukan kamu percaya diri dengan apa yang kamu katakan. Ingat tujuan senyum ini untuk membuat diri kamu merasa nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri di hadapan orang lain.

2. Tatap Mata Lawan Bicara

Kontak mata mempengaruhi penilaian lawan bicara, dan menunjukan seberapa besar rasa percaya diri anda. Tersenyum dan menatap lawan bicara merupakan kombinasi yang sempurna untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Sesekali tataplah semua orang di dalam ruangan, berikan senyuman, mereka akan membalas senyuman anda. Namun jangan fokus pada respon mereka, bila responnya malah membuat kamu tidak dapat fokus.

Menatap layar komputer/ layar besar ketika presentasi, menatap meja kursi, apalagi menatap sepatu hanya akan mendorong munculnya perasaan ragu-ragu dan malu. Terlalu banyak melihat layar malah akan menunjukan bahwa kamu tidak menguasai materi yang kamu presentasikan dengan baik. Fokuslah pada apa yang kamu bicarakan, bukan fokus pada respon/ gesture lawan bicara.

3. Lupakan Hal-hal yang Membuat Anda Krisis Percaya Diri

Jika kamu terlalu fokus pada apa yang orang lain pikirkan tentang anda, maka rubahlah, lupakan hal-hal itu. Jangan biarkan orang lain menentukan standar untuk anda, bertahanlah pada standar yang kamu buat sendiri. Ini artinya kamu tidak harus selalu memenuhi setiap ucapan dan tuntutan orang lain. Faktanya setiap orang mempunyai penetapan nilai yang berbeda dan kamu tidak dapat memuaskan semua orang.

Tidak usah dipikirkan bila orang menyebut kamu pemalas, pendiam, membosankan, bantat, kurus, gemuk, tembem, bego, rempong dan sebagainya. Cukup bertahan dengan standar yang kamu miliki dan tetap ingat standar yang dimiliki orang pada umumnya berbeda. Apapun yang kamu lakukan pasti ada saja yang mengomentari, atau istilah populernya adalah “nyinyir”. Hal-hal seperti itu hanya akan memunculkan krisis percaya diri, lupakan saja hal itu dan pegang teguh standar kamu sendiri.

4. Berpikir Positif tentang Diri Sendiri

Hilangkan pikiran-pikiran negatif tentang diri kita sendiri, karena hanya akan menambah krisis percaya diri. Tidak ada manusia yang sempurna, jadi ubah pikiran yang menganggap bahwa diri kita tidak cukup mampu melakukan sesuatu, tidak cukup cakap menangani sesuatu, dan terlalu banyak kekurangan. Jangan pikirkan tidak mampu, tetapi pikirkan bahwa semuanya tidak ada yang tidak mungkin, bila orang lain bisa kenapa kita tidak? Rubah suara-suara negatif dalam diri kamu menjadi positif, kenali bakat kamu dan raih potensi terbaik dari diri anda.

5. Berdoa

Percaya bahwa keyakinan kamu terhadap agama akan memunculkan efek positif. Berdoalah dan meminta terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, minta bantuan terhadap pencipta kita. Berdoalah supaya diberikan kemudahan dan kelancaran untuk setiap yang kamu lakukan dan cita-citakan. Doanya dapat kamu tulis dan ucapkan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut.

Untuk muslim dapat berdoa sebagai berikut:
Robbishrohlii shodrii wayassirlii amrii wahlul uqdatammil lisaanii yafqohuu qoulii“.
(Ya Allah lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku dan lancarkanah lisanku supaya mereka memahami perkataanku) QS. Thoha:25-28.

Makna doa ini cukup jelas, untuk memohon kelancaran urusan apa saja, termasuk membuat orang lain paham. Biasanya doa ini diucapkan oleh para penceramah muslim ketika sebelum memulai ceramahnya, kadang juga diucapkan oleh para guru sebelum memulai mengajar.

6. Perlahan dan Pasti

Lawan bicara atau audience kamu tidak semua satu frekuensi dengan anda, jadi lebih baik perhatikan tempo bicaranya. Bicara perlahan, kuat, dan tidak terlalu cepat akan jauh lebih baik. Anda akan terlihat lebih percaya diri, dan pesan yang disampaikan lebih terdengar jelas oleh audience. Bicara perlahan tidak hanya menjadikan artikulasi setiap kata semakin jelas, tetapi juga dapat memberikan kamu kesempatan untuk berpikir apa yang akan berikutnya kamu katakan. Berikan audience kesempatan untuk mencerna informasi yang kamu sampaikan. Jangan terlalu terburu-buru, berhentilah sejenak sesuaikan dengan kalimat.

7. Perhatikan Penampilan Anda

Penampilan kamu akan mendukung peningkatan kepercayaan diri, maka tampilah serapi dan senyaman mungkin. Kondisi atau situasi apapun akan menuntut kamu untuk tampil rapi ketika akan berbicara di depan orang banyak. Sekalipun kamu luar biasa tingkat percaya dirinya, rasa takut terhadap penilaian orang lain mengenai penampilan anda, akan tetap terasa sangat mengganggu. Lagipula penampilan fisik kamu turut menentukan impresi orang lain terhadap diri anda. Pastikan rambut kamu tersisir rapi, cuci muka supaya lebih cerah, pakai parfum, perbaiki riasan wajah, kerah terbentuk sempurna, jas/ blazer/ pakaian tidak kusut, dan sebagainya.

8. Belajar Memberikan Suara

Penghambat terbesar bagi semua orang adalah tidak mau mencoba berbicara, terutama untuk para introvert. Sebagian dari kita pasti pernah mengalami situasi dimana di sebuah rapat hanya sekedar hadir tanpa mencoba mengucapkan sesuatu. Pada situasi lain yang tidak formal pun bisa jadi hanya diam ketika orang lain bergembira dan berbincang-bincang, misalnya pada acara reunian sekolah, acara perayaan kecil-kecilan di sebuah tempat hiburan, atau sekedar pada ketika makan siang bersama dengan tim. Pernahkah kamu seperti itu?

Untuk melatih tingkat kepercayaan diri anda, ikutlah berbicara pada setiap kesempatan, tunjukan partisipasi meskipun tidak banyak yang dapat dikatakan. Jangan menjadi bisu diketika orang lain berbicara dalam diskusi kelompok, kemukakan pendapat, tunjukan perspektif, dan ekspresikan emosi kamu bila perlu. Seiring waktu kamu akan terbiasa dan lebih percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak.

Pada dasarnya kepercayaan diri dapat dilatih pada setiap kesempatan. Cobalah membaurkan diri dalam sebuah pesta keluarga besar, coba perkenalkan diri pada orang yang belum kamu kenal, coba berbicara pada sebuah rapat akbar, dan sebagainya. Percobaan ini akan memberikan gambaran yang tidak jelas mengenai apa yang seharusnya kamu lakukan berikutnya, dan memaksa kamu untuk memberikan respon secara spontan. Benar atau salah kamu dapat mengoreksinya di lain kesempatan.

Latihlah kepercayaan diri kamu mulai dari sekarang, karena manfaatnya sangat banyak, yaitu:
1. Anda akan mampu menunjukan jati diri, mampu mengekspresikan diri, berdiri sendiri, punya pendirian dan tidak tergantung orang lain.
2. Semakin hebat dalam berinteraksi sosial, percaya dengan kemampuan diri sendiri.
3. Tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal buruk dan lebih realistis.
4. Optimis dalam setiap hal yang dilakukan dan menjadi problem solver yang unggul.
5. Teguh mengambil keputusan, menghilangkan keraguan, dan konsisten terhadap jalan yang diambil.
6. Semakin tinggi kualitas pribadi dan mudah dalam menggapai mimpi serta cita-cita. Kesuksesan akan lebih mudah diraih dengan rasa percaya diri yang tinggi, karena tidak mudah jadi pesimis, dan mampu bangkit ketika mengalami kegagalan.

Demikian Tips untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan grogi, semoga bermanfaat!