Tips

8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama

8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama 1

8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama 2Sepeda sayur

Bagi kamu yang sibuk setiap ketika, tidak sempat untuk bersepeda, sibuk dengan angka-angka di pekerjaan, sibuk dengan klien yang rewel, sibuk dengan anak dan istri/ suami yang sama-sama rewel, repot dengan pacar dan selingkuhan, tentu akan sulit untuk meluangkan waktu untuk bersepeda. Mau tidak mau sepeda kamu tidak terpakai dalam jangka waktu lama. Tips berikut ini mungkin akan bermanfaat:

1. Bersihkan sepeda kamu sedetail mungkin, bila perlu dibongkar, lepaskan semua aksesoris di handle bar, lepaskan roda depan dan belakang. Bersihkan dengan menggunakan air dan sabun sampai dengan ke celah-celah tempat kotoran menempel dan bersembunyi. Setelah kamu yakin bersih seutuhnya, keringkan dengan cara dijemur dan diangin-anginkan. Pastikan tidak ada sisa-sisa air.

2. Lumasi dan berikan cairan anti karat, untuk bagian rantai, cassete, RD, FD, kabel rem, kabel shifter, Jangan biarkan bagian-bagian logam sepeda kamu berkarat.

3. Semir ban sepeda anda, selain untuk membuat tampilan sepeda lebih keren, semir juga dapat mengurangi efek dari cuaca panas dna kering yang dapat membuat ban sepeda kamu pecah-pecah (seperti retak).

4. Pompa ban sepeda kamu dan sesuaikan tekanan bannya, supaya ban dalam tidak terlipat, cek juga secara rutin. Dalam jangka waktu lama, kamu akan mendapati ban sepeda kamu kempes walau tidak ada kebocoran.

5. Pakaikan pelapis bodi/ wax sepeda terutama di bagian frame/ fork/ bagian-bagian yang dilapisi cat. Fungsi pelapis ini sama seperti pelapis body mobil, yaitu menjaga warnanya supaya tidak cepat pudar dan menjadikan sepeda kamu mengkilau seperti baru.

6. Jika kamu akan menyimpan sepeda dalam waktu lama, maka jangan menyimpannya dengan posisi vertikal, menggantungnya dengan mengaitkan roda depan. Cara menyimpan tersebut, dalam jangka waktu lama akan menyebabkan minyak di shock breaker bocor, tandanya muncul minyak dari seluruh batang stanchion. Jika sudah terjadi seperti ini maka kamu terpaksa untuk mengganti atau servis fork sepeda lebih cepat. Posisi vertikal/ terbalik ini juga dapat menyebabkan kerusakan di rem hidrolik.

7. Jangan menyimpan barang-barang di sepeda anda, apakah itu baju bekas, baju dalam, kardus, sapu, dan sebagainya. Jangan ada barang/ sesuatu menempel di sepeda karena dapat merusak cat.

8 Tips Menyimpan Sepeda dalam Waktu Lama 3standar segitiga sepeda

8. Simpan sepeda kamu dalam posisi lurus dan seimbang, gunakan standar segitiga (paddox) supaya posisinya sejajar dan tidak miring, jangan gunakan kickstand (standar belakang yang menempel di frame). Pakai tatakan untuk ban depan sepeda supaya tidak menyentuh lantai langsung. Tutup bagian-bagian karet supaya tidak digigit tikus. Simpan di ruangan yang bebas lembab, dengan variasi suhu sesedikit mungkin, jangan menyimpan sepeda dengan posisi sinar matahari langsung. Jika perlu tutup sepeda kamu secara keseluruhan, jangan berbahan plastik atau bahan lain yang ada lapisannya. Namun bila kamu memakai penutup maka harus rajin-rajin dicek, jangan sampai tutupnya malah merusak cat.