Tips

8 Tips Terbaik Berbuka Puasa

8 Tips Terbaik Berbuka Puasa 1

8 Tips Terbaik Berbuka Puasa 2Makanan untuk berbuka puasa

Berikut ini beberapa Tips untuk berbuka puasa.

1. Segerakan untuk Berbuka puasa. Ketika kamu sudah mendengar adzan maghrib telah dikumandangkan, maka segeralah batalkan puasa kamu dengan takjil. Sangat tidak disarankan menundanya dengan alasan apapun.

2. Mengawali berbuka puasa dengan minum air hangat. Kebiasaan kita kebanyakan meminum air dingin dari kulkas karena memang lebih nikmat. Jika kamu punya kebiasaan minum air dingin untuk berbuka puasa sebaiknya segera dirubah. Meminum air dingin untuk berbuka puasa akan meningkatkan resiko keram perut, dan perut kembung karena asam lambung yang berlebihan.

Ada juga yang menganjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan manis, seperti kurma. Kurma mempunyai kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Oleh karena itu, mengonsumsi kurma bermanfaat untuk menambah energi dengan cepat.

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: “bila salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan.” (HR At Tirmidzi)

3. Makan secukupnya dan tidak tergesa-gesa. Konsumsilah makanan sesuai dengan porsi kamu, kebanyakan makan ketika berbuka akan menyebabkan gangguan percernaan dan rasa kantuk yang berlebihan. Ingat kamu mengistirahatkan pencernaan seharian, jadi jangan terburu-buru mengisinya. Kunyah dengan baik supaya dapat dicerna dengan baik. Kamu bisa melanjutkan makan setelah sholat tarawih.

4. Makan makanan sehat untuk berbuka puasa. Gorengan adalah makanan yang laku keras ketika bulan puasa, selain murah, hemat juga enak dijadikan takjil. Namun memakan gorengan untuk berbuka puasa sebenarnya tidak baik, khususnya untuk pencernaan. Jenis makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa adalah sayuran, buah-buahan, makanan tidak berkolesterol dan rendah lemak. Makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari adalah makanan yang terlalu banyak santan dan makanan yang digoreng.

5. Jangan berbaring setelah berbuka puasa. Sebaiknya segera mengambil air wudhu dan sholat magrib lalu beraktivitaslah seperti biasa. Tubuh memang akan terasa sangat letih setelah makan/ berbuka puasa. Namun berbaring dan tertidur akan menyebabkan tubuh terasa lebih letih dan lebih sulit beradaptasi dengan perubahan pola makan ini.

6. Hindari makanan pemicu penyakit lambung. Makanan-makanan ini akan membuat produksi asam lambung yang berlebihan, seperti gorengan, mie instan, kopi, sayuran mentah dan makanan terlalu pedas. Daripada makanan-makanan tersebut, sebaiknya kamu konsumsi makanan/ minuman yang menyehatkan sistem pencernaan seperti buah-buahan dan yoghurt.

7. Konsumsi lebih banyak cairan dan minum air putih. Kondisi badan akan kekurangan cairan setelah berpuasa seharian. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan konsumsi cairan lebih banyak supaya mencegah dehidrasi, terutama air putih. Jus buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral juga baik asalkan dikonsumsi sewajarnya.

8. Berbagi dan makan bersama. Salah satu cara menimba pahala ketika berpuasa adalah dengan berbagi makanan kepada sesama yang berpuasa. Mendulang pahala sekaligus menjaga tali silaturahim antar umat manusia. Makan bersama juga akan membuat makanan terasa lebih nikmat. Jika kamu sudah berkeluarga, sebaiknya disegerakan pulang supaya bisa berbuka puasa bersama keluarga.