9 Tips Sebelum Anda Membeli Obat

Posted on
9 Tips Sebelum Anda Membeli Obat 1Obat-obatan

Sudah berapa kalikah kamu sakit dalam hidup anda? Sudah berapa kali kamu diberikan resep oleh dokter dan diinstruksikan untuk meminumnya? Anda sudah harus benar-benar jeli ketika akan mengonsumsi zat-zat kimia tersebut, karena obat pada dasarnya adalah racun yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa penyakit dapat sembuh dengan sendirinya karena tubuh healing secara alami. Beberapa pengobatan dilakukan sebenarnya hanya untuk meredam symptom atau gejala dari penyakit tersebut, selain untuk membantu tubuh melakukan proses penyembuhan.

Pahami kemungkinan efek samping dari obat tersebut, dosis yang tepat, atau resiko yang dapat muncul bila dilakukan pengobatan dengan obat-obatan lain. Jika memungkinkan pilihlah obat-obatan herbal yang tanpa efek samping dan konsultasikan dengan ahlinya. Berikut ini beberapa Tips lebih dalam sebelum kamu membeli obat:

1. Cari tahu apa nama obat tersebut dan gunanya untuk apa.

Biasanya dokter menjelaskan satu per satu nama obat dan kegunaannya kepada pasien ketika menuliskan resep. Jika tidak dijelaskan maka lebih baik kamu tanyakan. Kroscek penjelasan dokter tersebut dengan informasi dari apoteker tempat kamu membeli obat, atau informasi dari website tertentu.

2. Cari tahu bagaimana cara mengonsumsinya dan berapa lama mengonsumsinya. 

Ini penting sekali, jangan sampai obat yang seharusnya dioleskan malah kamu seduh, atau obat yang seharusnya dimasukan secara anal malah dikonsumsi secara oral. Perhatikan dengan seksama penjelasan dokter mengenai cara konsumsinya. Apakah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

3. Cari tahu efek samping yang kemungkinan bisa terjadi. 

Setiap orang mempunyai ketahanan tubuh yang berbeda-beda, efek sampingnya akan fatal bila kamu mengonsumsi obat yang sebenarnya tubuh kamu tidak bisa terima (misalnya alergi). Ini bisa sampai menyebabkan kematian.

4. Cari tahu apa saja yang harus dihindari ketika kamu mengonsumsi obat tersebut. 

Kegiatan, makanan, minuman, atau obat-obatan lain. Ini juga berkaitan dengan efek samping yang dapat terjadi.

5. Cari tahu kapan mengonsumsinya. 

Jika obat tersebut dikonsumsi sekali dalam satu hari, maka lebih baik mengonsumsinya di pagi hari atau malam hari.

6. Cari tahu apakah obat tersebut aman bila dikonsumsi dengan obat yang lain, atau suplemen/ vitamin tambahan.

7. Cari tahu juga kapan obat itu akan mulai bekerja, bagaimana cara mengetahui bahwa obar tersebut bekerja.

8. Cari tahu bagaimanan cara menyimpan obat tersebut.

9. Baca informasi yang tertulis di kemasan obat, atau bila perlu minta referensi informasi dari dokter/ apoteker mengenai tambahan informasi yang harus kamu ketahui.

10. Lihat masa pakai obat/ kadaluarsa/ expired date.