Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android?

Posted on

Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android? – Sama seperti manusia, smartphone juga bisa sakit. Virus bisa membuat Android lumpuh dan tidak bisa digunakan dengan maksimal, memaksa handset kita menjadi error, atau ibaratnya seperti seseorang yang pergi bekerja pada ketika cuaca buruk. Setidaknya, ini adalah apa yang pengembang perangkat lunak anti-virus bisa kamu percaya. kamu mungkin bertanya pada diri sendiri apakah antivirus masih dibutuhkan untuk di-install di Android?. Aku di sini untuk menyelidiki pentingnya perlindungan antivirus pada hp smartphone, apa itu, apa yang dilakukan dan apakah kamu perlu menginstalnya pada perangkat smartphone dan tablet Android kamu.

Apa itu Virus?

Virus adalah jenis program berbahaya software (malware), seperti penyakit yang telah menjangkiti PC kita selama beberapa dekade. Sebagaimana kita ketahui platform Android telah berkembang dan menjadi lebih banyak digunakan, demikian juga mempunyai jumlah potensi ancaman ke sistem. Apalagi sekarang semua orang bisa menjadi developer Aplikasi Android yang tersedia bebas di Google Play Store. Sebuah laporan terbaru dari Cheetah Mobile menunjukkan bahwa jumlah pengguna Android harian terinfeksi oleh malware meningkat dari lebih dari 11.000 pengguna untuk hampir 17.000 pengguna antara 16 Mei dan 15 Juni. Para pengguna Android takut bila hp android-nya terkena virus, ini bisa mengganggu sekali pada setiap ketika menggunakan Android. Dari beberapa platform mobile yang ada sekarang, Android mengandung ancaman keamanan bagian terbesar, dengan 97% dari semua serangan Malware yang ditargetkan pada Android pada akhir tahun 2013.

Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android?
Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android?

Virus Berasal Dari Mana?

Google Play Store memberikan target terbesar untuk ini jenis malware dan penipuan karena banyak terjadi karena mudah diakses di hampir setiap perangkat Android. Ini adalah tempat utama orang untuk men-download data ke handset mereka, dan banyaknya jumlah aplikasi Android yang di-upload per hari, ditambah dengan kurangnya aturan policy membuatnya sasaran empuk.

Apa Risiko Terkena Virus?

Ancaman keamanan malware pada perangkat Android bervariasi. Dalam beberapa kasus, ia akan mengirim iklan untuk smartphone kamu, lain kali perangkat lunak jahat bisa menipu dengan cara meniru situs yang biasanya kamu akses, sehingga kamu dengan tidak sadar memberikan password atau rincian informasi kartu kredit kamu. Salah satu risiko keamanan yang paling umum adalah dalam aplikasi dari Play Store yang mengaku sebagai aplikasi terkemuka, dan setelah diinstal mereka mengirim pesan teks ke nomor telepon premium untuk menguras uang dari rekening kamu. Program-program ini direkayasa untuk mengambil uang kamu.

Bagaimana aku Tahu bila Smartphone Telah Terinfeksi Malware?

Sering kali kamu bahkan tidak akan bisa mengetahui apakah smartphone kamu berada di bawah ancaman, atau bila kamu akan men-download sesuatu yang berpotensi membahayakan. Sebuah penipuan baru-baru ini terjadi di Korea dimana pengguna Android menerima pesan SMS yang mengatakan bahwa mereka telah tertangkap ngebut, dengan link ke informasi lebih lanjut. Tidak ada yang menyadari dan menebak bahwa ketika mengklik link download secara otomatis menginstall perangkat lunak berbahaya.

Apa Itu Aplikasi Antivirus?

Aplikasi antivirus adalah metode untuk mengidentifikasi ancaman terhadap handset kamu. Ada ratusan aplikasi antivirus yang tersedia secara gratis dari Google Play Store (AV-Test, sebuah Independent security institute, menyusun tabel liga aplikasi antivirus setiap beberapa bulan dan menentukan aplikasi antivirus terbaik untuk Android, seharusnya kamu tertarik untuk mengetahuinya). Mereka bekerja sama dengan perangkat lunak antivirus pada PC kamu, setelah diinstal kamu bisa menggunakannya untuk memindai file pada telepon kamu untuk perangkat lunak licik yang tidak sengaja di-download, dan perangkat lunak akan mendeteksi semua masalah. Tidak seperti aplikasi antivirus windows, bagaimanapun, aplikasi antivirus Android tidak otomatis menghapus perangkat lunak berbahaya dan kamu harus melakukan ini secara manual setelah mereka telah diidentifikasi.

Berapakah Harga Aplikasi Antivirus?

Ini bervariasi, sering ada versi gratis dan berbayar dari aplikasi yang sama, namun dalam brata-rata kebanyakan fungsi penting tersedia juga dalam versi gratis. bila kamu ingin membayar untuk versi premium dari aplikasi antivirus, maka bisanya aplikasi premium memberikan puluhan fitur tambahan yang tidak tersedia pada versi gratis.

Mengapa Tidak Menginstal Aplikasi Security Gratis?

Nah, beberapa orang (seperti aku) memperdebatkan apakah aplikasi antivirus menawarkan manfaat discernable ke perangkat Android kamu. Aplikasi keamanan ini tidak bisa melindungi kamu secara efektif, pada kenyataannya sebagian besar perlindungan yang mereka tawarkan hanya mulai berlaku setelah kamu sudah menjadi korban malware. Sebagian besar malware yang diperoleh dari Google Play Store, tapi banyak dari risiko keamanan sederhana bisa dihindari hanya dengan mencari informasi mengenai aplikasi yang ingin kamu download. kamu mungkin sudah menyadari ini bila kamu membaca artikel aku tentang app permissions.

Aplikasi antivirus Android akan berpotensi mengkonsumsi baterai, mengambil ruang disk, mengganggu kamu dengan pemberitahuan dan mengurangi kecepatan pemrosesan. Tentu, itu tergantung pada bagaimana kamu menggunakannya dan berapa banyak aplikasi antivirus Android akan mempengaruhi sistem kamu, namun sebagian besar pengguna pernah menemui ancaman keamanan dan tidak melihat perlunya untuk “menyumbat” sistem mereka.

Jadi Apa Arti Dari Semua Ini?

Setelah mengetahui pengumuman Cheetah Mobile tentang peningkatan global malware Android, pernyataan pembukaan aku tampaknya agak meragukan. Tapi perlu diketahui bila pencuri, cracker, hacker, bandit, preman … mereka akan mencoba untuk mengeksploitasi apa pun dan tidak bisa dihindari bahwa platform Android dengan 1 miliar pengguna aktif akan menjadi target.

bisa penipuan, virus trojan et al bisa dihindari dengan penggunaan yang masuk akal dari smartphone kamu? Dalam kebanyakan kasus, ya. Apakah ini berarti kita tidak perlu software antivirus? aku berikan kamu kebebasan untuk memutuskan install antivirus atau tidak. Selama kamu berhati-hati pada Play Store, men-download aplikasi atau data dari sumber yang dikenal dan mempunyai reputasi baik, kamu harus tetap dilindungi di Android. Tapi mengapa mengambil risiko itu? Ini disangkal bahwa ancaman terhadap perangkat Android menjadi lebih besar dan lebih umum. Aku bahkan akan merekomendasikan download software hanya untuk menjalankan scan setiap sekali dalam beberapa ketika dan lalu remove antivirus lagi.

Selama akhir pekan beberapa berita yang lebih menarik tentang aplikasi antivirus muncul. Kepala Security Engineer Google untuk Android, Adrian Ludwig, berbicara tentang pentingnya aplikasi keamanan, dan ia menyentuh pada beberapa poin yang aku awalnya dibahas di sini. “Apakah aku pikir rata-rata pengguna Android perlu menginstal [aplikasi antivirus]? Tentu saja tidak.” Dia berkata. Ludwig juga mengklaim bahwa kabar ancaman malware Android telah “berlebihan”.

Jadi bagaimana sebaiknya yang harus kita lakukan? Kepala Security Engineer Google mengatakan tidak masalah, menyarankan perusahaan antivirus hanya mencoba untuk menjual produk. Perusahaan keamanan mengatakan Google sedang mencoba untuk mengecilkan kelemahan dalam Play Store sendiri (ke depan ekspansi usaha Google cukup besar ke produk pakaian dan bahkan mobil).

Apakah aplikasi antivirus tidak efektif, atau Google hanya mencoba untuk menyapu masalah yang berkembang di bawah karpet, mengambil tindakan pencegahan kamu anggap perlu untuk tetap aman. bila kamu ingin tahu lebih banyak tentang melindungi Android terhadap aplikasi yang kamu install, lihat artikel aku tentang Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan Menonaktifkan App Permissions dan kapan waktu yang aman untuk men-download.

Apakah kamu menggunakan perangkat lunak antivirus pada Android? Apakah kamu pikir perangkat lunak antivirus diperlukan untuk Android? Perlu dicatat bahwa Cheetah Mobile adalah penyedia terkemuka perangkat lunak anti-virus, dan aku tidak bisa mengomentari seberapa akurat data tersebut jadi kamu bisa mentukan sendiri Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android? Menurut aku Antivirus adalah software yang wajib diinstal di HP Android, tetap kunjungi blogpedia.web.id.