Beberapa Pilihan Karir untuk Para Extrovert

Posted on
Beberapa Pilihan Karir untuk Para Extrovert 1TIpe Kepribadian: introvert, extrovert, ambivert

Seorang ahli psikologi Swiss bernama Carl Jung, mengkategorikan kepribadian manusia menjadi 3 jenis yaitu Introvert (Introversion), Ambievert (Ambiversion) dan Extrovert (Extraversion). Istilah-istilah ini populer di kalangan para remaja yang sedang puber (dan tentunya di kalangan psikolog), yang katanya sedang masa-masanya mencari jati diri. Namun terkadang menjadi hanya 2 istilah saja yaitu introvert dan extrovert, seolah-olah menjadi dikotomi.

Pengertian masing-masing kategori tersebut seringkali disederhanakan maknanya sesuai dengan pemahaman orang kebanyakan, yaitu sebagai berikut:
1) introvert yaitu kepribadian tertutup
2) extrovert yaitu kepribadian terbuka
3) ambivert yaitu kepribadian kombinasi keduanya

Artikel ini akan khusus membahas tentang pilihan karir untuk para extrovert. Sementara untuk ambivert dan introvert akan dibahas di artikel lain. Kepribadian extrovert adalah kepribadian yang terbuka, condong berkaitan dengan dunia luar. Mereka dengan kepribadian ini akan mempunyai aktivitas banyak dan lebih sedikit berpikir, senang berada di keramaian, senang bersosialisasi, supel dan banyak teman.

Pada dasarnya orang-orang dengan kepribadian extrovert mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
– senang bersama dengan orang lain
– suka berinteraksi dan mudah bergaul
– senang menjadi pusat perhatian
– percaya diri sangat tinggi,terkadang dapat menjadi sangat arogan
– aktif di sejumlah kegiatan
– lebih senang berbicara daripada mendengarkan orang bicara
– mudah mengungkapkan perasaan dengan berbicara

Orang dengan kepribadian ekstrovert biasanya disukai banyak orang karena mudah bergaul, humoris dan mampu mencairkan suasana. Jika kamu termasuk ke dalam kategori ini maka ada beberapa pilihan karir yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Presenter dan MC

Modal utama seorang presenter adalah keberanian untuk berbicara dan tampil di depan kamera, sementara seorang MC (master of ceremonies) juga sama-sama dituntut untuk berbicara di depan orang banyak ketika sedang bekerja. Seorang ekstrovert akan dapat lebih mudah menyesuaikan diri untuk tampil di depan kamera ketimbang orang introvert, karena pengalaman seumur hidupnya adalah bersosialisasi dan berinteraksi dengan berbagai macam orang.

2. Sales dan Marketing

Pilihan karir ini maksudnya tidak terbatas pada pekerjaan salesman, tetapi maksudnya pada bidang penjualan dan pemasaran apapun itu bentuknya. Seorang yang ahli dalam bidang sales haruslah orang yang pesuasif dan percaya diri, mampu berinteraksi dengan berbagai macam orang, senang bertemu dengan orang baru, dan tentunya senang berbicara. Ini sangat cocok dengan kepribadian extrovert, dengan sifat-sifat yang dimilikinya para ekstrovert akan lebih mudah dalam memperluas jaringan dan koneksi. Semakin besar jaringan yang dimilikinya maka peluang untuk sukses pun lebih besar.

3. Pengacara

Seorang pengacara selalu dituntut untuk berani berbicara di depan orang banyak, terkadang fungsinya tidak hanya menjadi pembela di pengadilan, tetapi juga menjadi juru bicara di depan para wartawan. Pengacara merupakan pilihan tepat untuk para extrovert yang mempunyai minat di bidang hukum dan mempunyai pemikiran strategis.

4. Customer Service

Tugas customer service adalah menghadapi komplain, menghadapi dan memahami konsumen/ pelanggan, melakukan customer recovery, menjelaskan sebuah produk marketing tertentu, menangani masalah teknis dan lainnya yang pada intinya adalah berbicara dengan berbagai macam orang. Pilihan karir ini juga sangat cocok untuk para extrovert.

5. Guru/ Dosen/ Pengajar/ Tutor

Para ekstrovert dapat berkomunikasi dengan baik, senang dengan lingkungan baru, dan gemar bercerita. Sifat-sifat ini cocok untuk karir sebagai guru/ dosen/ pengajar ataupun tutor. Pada dasarnya orang-orang extrovert adalah orang yang senang mengenal banyak orang dan peduli. Mereka akan menjadi pengajar yang sangat hebat, karena dapat membangun hubungan mutual dan mampu memberikan pemahaman lebih dalam terhadap materi yang diajarkan kepada muridnya.

6. Event Planner atau Wedding Planner

Para ekstrovert biasanya pandai bernegosiasi, cekatan dan senang bekerja di dalam kelompok. Dengan dibekali sifat-sifat tersebut, mereka akan sukses menjadi event planner. Selain itu juga mampu menjelaskan konsep kepada calon klien, mampu berkomunikasi dengan berbagai kalangan, serta mampu mempersuasi para calon klien.

Seorang event planner dituntut sangat mobile ketika mengatur sebuah acara. Ini membutuhkan orang yang tidak gampang stres, bisa mendalami dan enjoy bekerja dengan banyak orang. Kemampuan negosiasi para extrovert juga akan berguna ketika berkomunikasi dengan klien, supplier, manajeman tempat dan sebagainya.

7. Tour Guide

Pekerjaan tour guide sesuai dengan kriteria kepribadian extrovert, yaitu menyukai interaksi dengan berbagai macam orang, suka juga bertemu dengan orang baru, supel dan mudah bergaul, pandai mencairkan suasana, serta mampu menjelaskan serta bercerita.

8. Public Relations

Tugas Public Relations diantaranya adalah berhubungan dengan publik internal dan eksternal perusahaan, termasuk di dalamnya ada para investor, karyawan, customer, komunitas, media massa dan sebagainya. Pekerjaan ini membutuhkan orang yang dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai jenis platform media sebagai perwakilan klien dalam usaha membentuk image publik dan image branding. Pekerjaan ini juga membutuhkan orang yang mampu menghadapi berbagai situasi, apakah itu situasi baik ataupun buruk, dan mengubahnya menjadi situasi yang menguntungkan semua pihak.

Demikian artikel Beberapa Pilihan Karir untuk Para Extrovert. Sifat dan karakter manusia sangatlah banyak, variatif dan mungkin tidak dapat secara mutlak disederhanakan menjadi hanya 3 kategori saja. Namun pasti ada sifat dominan yang muncul pada diri anda. Jika kamu mempunyai beberapa ciri di atas maka kemungkinan besar kamu adalah orang yang berkepribadian extrovert.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu akan memutuskan untuk berkarir sebagai apa. Satu hal yang pasti adalah sebaiknya pilihan karir kamu sesuai dengan passion yang kamu miliki, niscaya kamu akan lebih mudah meraih kesuksesan!