Beberapa Pilihan Karir untuk Para Introvert

Posted on
Beberapa Pilihan Karir untuk Para Introvert 1TIpe Kepribadian: introvert, extrovert, ambivert

Tulisan ini akan khusus membahas tentang pilihan karir untuk para introvert. Tulisan lain yang berkaitan adalah “Beberapa Pilihan Karir untuk Para Extrovert” dan “Beberapa Pilihan Karir untuk Para Ambivert”.

Introvert (Introversion) merupakan jenis kepribadian manusia yang dominan berkaitan dengan dunia di dalam pikiran manusia itu sendiri. Para introvert ini cenderung menutup diri dari kehidupan luar, lebih banyak berpikir, sedikit aktivitas, senang berada dalam ketenangan dan senang menjauh dari tempat yang terlalu banyak orang. Kebalikan dari extrovert.

Ciri-ciri orang berkepribadian introvert adalah sebagai berikut:
– pemikir dan senang berimajinasi,
– pendiam dan lebih senang mengamati
– pemalu dan susah bergaul,
– senang menyendiri dan mengerjakan semua sendiri,
– lebih suka berinteraksi langsung dengan satu orang daripada dengan banyak orang,
– lebih suka mendengarkan orang bercerita
– jarang bicara dan jarang bercerita
– hobi dengan kegiatan yang tenang seperi main game, membaca, memancing.
– lebih memilih menjadi pengamat interaksi ketimbang ikut berinteraksi
– lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui tulisan daripada kata-kata

Jika kamu mempunyai ciri-ciri di atas ini, maka berikut ini ada beberapa pilihan karir yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Akuntan

Tugas sayantan biasanya adalah melakukan pelaporan finansial perusahaan beserta analisisnya. Tugas ini berkaitan dengan data-data keuangan yang sangat banyak dan detail. Ini menuntutnya untuk fokus hanya terhadap pekerjaannya, bukan terhadap interaksi dengan orang lain. Maka profesi ini sangat cocok untuk para introvert.

2. Programmer

Seorang programmer akan lebih banyak duduk di depan komputer dan tidak banyak berinteraksi dengan orang lain. Mereka sangat cerdas untuk sesuatu yang berkaitan dengan komputer atau program tertentu, tetapi agak cukup kesulitan berinteraksi dengan orang lain.

3. Graphic Designer

Desainer grafis akan selalu sibuk dengan peralatan gambar mereka serta komputer. Suasana yang hening, tenang, dan tidak banyak orang biasanya akan membuatnya lebih produktif. Pekerjaan ini tidak menuntut interaksi dengan orang banyak, sangat cocok untuk para introvert.

4. Admin

Seorang admin tentunya akan sibuk dengan urusan administratif, dan urusan ini lebih baik dikerjakan sendiri daripada dikerjakan banyak orang. Filing, dokumentasi, memo, menyusun data dan pekerjaan lainnya yang tidak banyak berhubungan dengan orang.

5. Penulis

Seorang penulis biasanya bekerja sendiri dan tidak membutuhkan banyak orang untuk menyelesaikan sebuah tulisan. Inspirasi menulis dan prosesnya membutuhkan ketenangan. Penulis akan terjun ke dalam pikiran dan dunianya sendiri ketika menulis, dan tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

6. Editor

Seorang editor juga biasanya bekerja sendiri, fokus dan konsentrasi supaya hasilnya dapat memuaskan.

7. Seniman

Seniman khususnya pelukis dan pemahat patung biasanya bekerja sendiri. Biasanya membutuhkan ketenangan dan konsentrasi tinggi supaya mendapatkan inspirasi untuk berkarya.

8. Ilmuwan/ Peneliti

Percobaan dan penelitian akan dilakukan di sebuah ruangan laboratorium untuk waktu yang sangat lama, dan biasanya tidak banyak orang di dalamnya. Para ilmuwan bicara seperlunya dan kesuksesan pekerjaannya ditentukan dari keberhasilan penelitian yang dilakukan, bukan dari kemampuannya berbicara di depan banyak orang.

9. Analis

Seorang introvert sangat baik dalam hal yang berhubungan dengan data, karena itulah akan cocok untuk melakukan riset pada pada data spesifik, apakah itu analisis keuangan ataupun data lainnya. Mereka akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membongkar dan menganalisis data, untuk membuat sebuah kesimpulan tertentu.

Demikian artikel Beberapa Pilihan Karir untuk Para Extrovert. Sifat dan karakter manusia sangatlah banyak, variatif dan mungkin tidak dapat secara mutlak disederhanakan menjadi hanya 3 kategori saja. Namun pasti ada sifat dominan yang muncul pada diri anda. Jika kamu mempunyai beberapa ciri di atas maka kemungkinan besar kamu adalah orang yang berkepribadian introvert.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu akan memutuskan untuk berkarir sebagai apa. Satu hal yang pasti adalah sebaiknya pilihan karir kamu sesuai dengan passion yang kamu miliki, niscaya kamu akan lebih mudah meraih kesuksesan!