Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan Menonaktifkan App Permissions

Posted on

Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan App Permissions – Seberapa sering kamu membaca melalui izin aplikasi sebelum men-download dan menginstal aplikasi baru? Bagi aku, jawabannya adalah “jarang” dan bahkan ketika aku lakukan, deskripsi App Permissions atau perijinan apliaksi bisa sulit untuk dipahami. aku percaya pengembang aplikasi, bahwa praktek mereka beretika, dan bahwa persyaratan mereka hanya untuk mendukung kemungkinan kegunaan terbaik dari app. Mengapa aku harus menghindari game yang terlihat mengagumkan yang aku sudah membaca begitu banyak tentang game tersebut, apakah kamu akan memberi izin pada developer aplikasi untuk membaca pesan SMS kamu?

Tidak ada jawaban sederhana ketika menentukan aplikasi yang aman dan mana yang tidak. Kebanyakan izin aplikasi, ketika diambil sendiri tidak selalu berbahaya, itu adalah ketika mereka digabungkan dengan orang lain bahwa mereka bisa menjadi berbahaya. Aplikasi diberi akses ke data yang tersimpan di HP Android kamu, dengan memberikan ijin aplikasi untuk akses pesan sms dan internet berpotensi meng-upload, menyimpan, dan mendistribusikan file pribadi kamu tanpa sepengetahuan kamu.

aku di sini untuk mencoba dan memberi kamu gambaran tentang apa hak akses perbedaan aplikasi dan bagaimana kamu bisa mendeteksi aplikasi berpotensi berbahaya. Perlu diketahui bahwa setiap app permissions yang kamu lihat di Play Store bisa diklik untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut, dan bahkan setelah download kamu bisa memeriksa mereka di manajer aplikasi atau app manager. Bahkan ada beberapa aplikasi yang menawarkan wawasan izin aplikasi dan lebih baik lagi, memungkinkan kamu untuk menonaktifkan fitur App Permissions. (Lihat artikel kami tentang Cara View Dan Manage App Permissions Android untuk informasi lebih lanjut.)

Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan Menonaktifkan App Permissions 1

Daftar di bawah ini tidak berarti lengkap, jumlah izin yang terlalu luas dan beragam bagi aku untuk menawarkan pemecahan yang komprehensif, ini hanya beberapa yang paling penting, dan cukup untuk membekali kamu dengan informasi yang diperlukan sehingga kamu bisa menjaga ponsel Android kamu tetap aman. Dengan App Permissions Manager, aku bahkan tidak bisa masuk daftar izin Skype ke dua halaman, namun itu mempunyai banyak fungsi.

Mengubah atau Delete Isi Dari USB Storage

Banyak aplikasi menginginkan hak istimewa ini dan itu sering tidak berbahaya. Permainan Android mungkin perlu akses ke penyimpanan untuk menyimpan file, misalnya, dan aplikasi Photo perlu tempat untuk menyimpan foto di folder terkunci kamu. Tapi aplikasi berbahaya juga bisa menggunakan hak istimewa ini untuk meng-upload foto dan video pribadi ke internet (jika dikombinasikan dengan izin akses internet), jadi hati-hati.

Langsung Menghubungi Nomor Telepon

Ini cukup jelas dimana aplikasi yang kamu download akan memerlukan kemampuan untuk melakukan panggilan. Dialer alternatif, Skype – itu akan bahkan masuk akal untuk beberapa aplikasi messaging yang memungkinkan kamu untuk memanggil kontak langsung dari aplikasi tersebut. bila ada App Permission sebuah aplikasi wallpaper di sisi lain? Tidak, terima Kasih.

Kirim SMS atau MMS

Sebuah aplikasi messaging, atau apa pun yang perlu mengirim multimedia akan membutuhkan ini, termasuk berbagai aplikasi gaya photobooth yang memungkinkan kamu untuk berbagi foto segera. bila kamu tidak bisa memikirkan alasan mengapa sesuatu, seperti aplikasi task killer, akan perlu mengirim SMS atau pesan multimedia maka lonceng alarm berdering sebagai tanda bahaya pada smartphone Android kamu.

Flashlight ingin izin take gambar dan video. Hal ini mungkin terdengar mencurigakan, namun aplikasi ini membutuhkan akses kamera untuk mengontrol flash, yang digunakan oleh para pembajak sebagai torch

Memodifikasi dan Membaca Kontak kamu

Aplikasi seperti Twitter memerlukan ini untuk membuatnya mudah bagi kamu untuk mengimpor kontak dari buku alamat kamu, tapi aplikasi berbahaya bisa menggunakan fitur ini untuk mencari informasi tentang kontak kamu, berpotensi untuk mengaku sebagai salah satu bagian dari aplikasi tersebut dalam email atau pesan, menipu, sehingga kamu men-download lampiran berbahaya.

Baca Negara Dan Identitas Telepon

Salah satu alasan paling umum sebuah aplikasi akan membutuhkan fitur ini adalah memungkinkan untuk minimize windows aplikasi yang sedang berjalan bila kamu menerima panggilan. Namun, fitur ini juga merupakan salah satu yang paling sering dieksploitasi. Aplikasi sering menggunakan ini untuk menemukan kebiasaan penggunaan, terutama untuk tujuan periklanan, dan itu benar-benar logis bahwa ini adalah suatu permintaan izin sering terjadi. Pengiklan ingin memahami penggunaan hp kamu sehingga mereka lebih tahu bagaimana untuk menargetkan iklan mereka, dan sejumlah besar aplikasi bergantung pada iklan untuk pendanaan.

Ini tidak benar-benar semua yang mengganggu, hanya menggunakan intuisi kamu dan mempertimbangkan mengapa mungkin perlu mengijinkannya. Banyak aplikasi yang benar-benar perlu membaca negara telepon kamu dan identitas, dan jumlah hal yang seseorang bisa lakukan dengan identitas telepon kamu cukup terbatas. Tapi memungkinkan izin ini juga memberikan akses aplikasi ke beberapa rincian telepon penting, seperti nomor IMEI, jadi pasti salah satu yang harus diperhatikan. Periksa aplikasi Peringkat dari dan komentar bila kamu tidak yakin sebelum menginstal sebuah aplikasi dengan permintaan ini.

GPS / Lokasi

Membaca lokasi GPS tentu saja akan penting untuk setiap peta / aplikasi GPS atau aplikasi yang akan menawarkan rincian tentang lokasi (seperti restoran / toko pencari). Ini juga merupakan favorit dari pemasar karena mereka bisa menargetkan iklan pada kamu berdasarkan lokasi kamu ketika ini, sehingga diharapkan satu ini banyak. aku sering mendapatkan teks tentang penawaran kopi di sekitar aku dan aku tidak tahu mengapa. (Saya menerima ini bahkan ketika GPS dan data aku dimatikan). Untungnya, itu cukup mudah untuk membedakan jenis aplikasi perlu tahu di mana kamu berada dan apa yang tidak. Apakah kamu akan menggunakan aplikasi untuk menemukan hal-hal? Apakah perlu aplikasi untuk mengetahui seberapa jauh kamu telah pergi? Atau apakah kamu hanya ingin menggunakan aplikasi untuk mereka.

Membaca Data Log Sensitif

Sebenarnya sebuah aplikasi jarang memerlukan ijin mengakses log data. Hal ini memungkinkan aplikasi untuk membaca data dari ponsel kamu yang mungkin berisi nomor telepon, alamat email dan sebagainya. Ini biasanya diperlukan untuk security / debugging, dan itu berpotensi bisa memungkinkan akses ke informasi password, jadi pastikan pengembang dipercaya sebelum mengizinkan akses ke ini.

Account kamu – Membuat Account, Mengelola Account Dan Account Authenticator

Ini bisa berbahaya. Itu wajar bahwa beberapa aplikasi akan meminta ijin mengakses ini, seperti Facebook, Twitter, dll Asal, karena kamu harus mempunyai akun terdaftar untuk menggunakannya. berikutnya, semacam ini kadang-kadang aplikasi mengirim pesan SMS ke ponsel kamu untuk verifikasi akun. Namun, beberapa aplikasi bisa memanfaatkan izin tersebut untuk penipuan dengan cara “phishing” untuk mengetahui password, sehingga permintaan untuk mengakses account management pasti sesuatu yang harus diwaspadai.

Full Network Access

Ini adalah izin sering terjadi lagi, dan sebagian besar waktu itu benar-benar diperlukan. Sejumlah aplikasi android gratis yang mengandung iklan sering bertanggung jawab untuk penampilan izin umum ini di Play Store. bila aplikasi tidak terlihat seperti itu akan perlu melakukan apapun secara online, untuk download atau pesan dll, maka kemungkinan untuk iklan. walaupun bila kamu tidak bisa melihat alasan untuk itu untuk online, dan aplikasi juga mengatakan tidak ada iklan … hati-hati. Ketika dikombinasikan dengan izin lain pada daftar itu bisa menimbulkan masalah.

Kesimpulan Final

Bagi kebanyakan orang, men-download aplikasi yang paling populer, yang terburuk yang bisa terjadi adalah bahwa mereka telah menginvasi privasi HP Android mereka, yang pada dasarnya adalah hal yang sama yang terjadi setiap kali kita melakukan pencarian Google, atau login ke Facebook. Biasakan untuk hanya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya dan dengan ulasan positif. bila situs terkenal (seperti blogpedia.web.id!) Menulis tentang aplikasi tertentu maka itu bisa dipastikan sangat mungkin untuk menjadi aman. akungnya, aturan ini keduanya mempunyai pengecualian, masih ada aplikasi dengan jutaan download yang menggunakan hak akses yang tidak selalu mempengaruhi fungsi (seperti aplikasi flashlight yang sangat populer yang membutuhkan data lokasi GPS).

Sebelum menginstal sebuah aplikasi, usahakan untuk menyeleksi melalui checklist ini:

  • Apakah reputasi pengembang aplikasi baik dan terkemuka?
  • Apakah mereka memberitahu kamu mengapa mereka perlu App Permissions?
  • Apakah kamu memahami mengapa aplikasi akan membutuhkan App Permissions?
  • Jika kamu menjawab ya untuk tiga checklist tersebut, maka kemungkinan aman.

Terakhir, bila kamu masih tidak yakin tentang sebuah aplikasi, kirim pesan kepada developer aplikasi dan bertanya. Mereka mungkin akan digunakan untuk pertanyaan dan bisa menjernihkan cepat. bila mereka tidak merespon, mungkin itu tanda untuk tetap jelas.

aku harap Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan App Permissions ini bisa menambah tingkat keamanan dan privacy hp android kamu. bila kamu ingin saran tentang salah satu hak akses aplikasi ini, atau contoh-contoh spesifik, jangan ragu untuk posting tentang hal itu di kolom komentar dan aku akan mencoba untuk membantu. Apakah ada izin aplikasi lain yang kita harus waspadai, untuk mengetahuinya tetap kunjungi blogpedia.web.id.