Tips

Cara Cepat dan Tepat Promosi Online Shop

Cara Cepat dan Tepat Promosi Online Shop 1

Cara Cepat dan Tepat Promosi Online Shop 2Digital Marketing dan Online Promotion

Pada dasarnya promosi adalah segala daya dan upaya untuk memberitahukan dan menawarkan produk atau jasa, tujuannya untuk menarik calon konsumen supaya membelinya. Promosi dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Sedikitnya ada 7 tujuan promosi secara spesifik (sumber wikipedia), yaitu:

1) Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
2) Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.
3) Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
4) Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
5) Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
6) Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7) Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Tanpa promosi, sebuah brand akan mati, tanpa promosi para calon konsumen tidak akan mengenal produk yang kamu tawarkan. Berikut ini ada beberapa cara untuk mempromosikan online shop:

Perkenalkan Kepada Teman dan Relasi

Ini merupakan cara paling mudah dan cukup efektif. Perkenalkanlah usaha kamu dan produk yang kamu tawarkan, bila perlu berikan sample secara cuma-cuma. Teman merupakan satu entitas besar para calon konsumen setia (pelanggan). Semua bergantung pada reputasi dan jaringan pertemanan yang kamu miliki.

Mulailah membuat reuni kecil-kecilan untuk teman masa SMA anda, atau sekedar ngopi dan kongkow bareng lalu perkenalkan bisnis online shop dan minta saran dan testimoni. Jika beruntung kadang kamu akan mendapatkan ide-ide atau saran-saran brilian dari teman-teman kamu ini.

Jika target pasar kamu adalah pegawai kantoran, maka coba perkenalkan bisnis kamu ini ke teman-teman kantor kamu terlebih dahulu. Dari sekian banyak rekan kerja pasti ada beberapa yang mencoba membeli dari online shop anda. Mintalah tolong untuk mengambil foto dan testimonial terbaik mereka mengenai servis dan produk yang kamu jual, Selain itu coba juga meminta saran dan pendapat mereka. Foto dan testimonial ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis online shop kamu dan berpengaruh untuk menentukan langkah promosi berikutnya.

Promosi Menggunakan Web Marketplace dan Social Media

Saat ini perusahaan penyedia web markeplace sangatlah banyak, jadi cukup banyak pilihan untuk anda. Apapun usaha anda, baik produk atau jasa, mempromosikannya di web marketplace akan efektif. Promosi di markeplace dan social media ini ini akan mencakup calon pembeli dalam skala luas, tidak terbatas pada satu area saja, selain itu low cost and high impact.

Marketplace dan social media gratisan yang dapat kamu gunakan untuk promosi misalnya tokopedia.com, bukalapak.com, tokobagus.com, Kaskus FJB, OLX, Facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Pastikan promosi toko online kamu harus mencakup informasi-informasi berikut ini:

a) identitas dan profil usaha kamu termasuk di dalamnya alamat resmi usaha anda, ini akan turut membantu calon konsumen untuk mengenal usaha online kamu lebih dalam. Di jaman sekarang ini calon pembeli semakin pintar, kebanyakan dari mereka akan menyelidiki terlebih dahulu background toko online tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

b) deskripsi produk beserta fotonya. Keberadaan foto ini sangat penting, karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang kamu jual. Buatlah foto itu sebagus mungkin dan deskripsi sedetail mungkin untuk meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul.

c) nomor kontak/ email/ chat. Pastikan pembeli dapat dengan mudah menghubungi anda. Kendala pada umumnya penjual tidak dapat dihubungi karena terlalu sibuk atau tidak membuka jalur komunikasi lebih banyak.

d) cara pemesanan dan cara pembayaran. Untuk cara pemesanan kamu dapat membuat format SMS dan format email tertentu. Keseragaman format akan memudahkan kamu ketika merekap dan menerima pesanan. Jika memungkinkan dan tidak sulit mengontrolnya kamu dapat menyediakan jalur pembayaran lebih dari satu.

e) tertimonial. Nyaris semua web marketplace sekarang menyediakan fitur testimonial. Anda harus memanfaatkan ini sebaik-baiknya. Jika kamu mendapati customer kecewa karena suatu hal coba lakukan customer recovery. Untuk customer yang kecewa tetapi kita telah melakukan customer recovery dengan sempurna, customer ini berpotensi besar menjadi pelanggan tetap anda.

Terkadang kamu akan mendapati pembeli ‘ngeyel’, seperti bertanya hal-hal yang sudah dijelaskan di ‘lapak’ atau di media promosi online, pemesanan yang tidak sesuai format, ataupun lainnya. Jika seperti itu, jawab saja pertanyaannya satu per satu tetapi tekankan bahwa informasi yang ditanyakan sebenarnya sudah ada di ‘lapak. Anggap saja kita sedang mengedukasi calon customer, biasanya malah customer seperti ini akan menjadi pelanggan tetap berbelanja di toko online anda.

Promosi Menggunakan Blog
Lakukan promosi menggunakan blog ketika usaha sudah beranjak naik dan mapan. Namun kamu dapat merintis blognya sebelum mempunyai online shop. Promosi dengan blog ini akan terlihat lebih profesional, cakupan target pasar yang lebih luas dan cerdas. Pelanggan yang muncul dari blog ini dapat dikategorikan pelanggan cerdas dan kritis. Kemungkinan tidak akan bertanya hal-hal yang sudah dijelaskan di deskripsi, karena mereka sudah membacanya. Namun akan lebih fatal efeknya bila kamu mengecewakannya. Oleh karena itu, berikan pelayanan terbaik dan pastikan produk yang kamu jual berkualitas baik dan pengiriman yang sesuai kesepakatan.

Berpromosi dengan Aplikasi Chat

Pernahkah kamu mendapatkan broadcast promosi suatu produk? Ya, sampai dengan ketika ini promosi menggunakan broadcast aplikasi chat sudah lazim dilakukan. Namun hati-hati jangan terlalu sering broadcast supaya teman kamu tidak merasa terganggu. Tidak menutup kemungkinan nanti akan ada yang menghapus kontak kamu dari aplikasi chatnya karena merasa terganggu dengan broadcast promosi dari anda.

Promosi Berbayar, dengan Sejumlah Budget Tertentu

Budget yang akan kamu keluarkan untuk promosi ini harus terhitung dengan benar, dan ukur efektivitasnya dengan menentukan target penjualan. Promosi berbayar yaitu berikut ini:

a) Menggunakan brosur/ leaflet/ pamflet/ katalog. Promosi dengan media ini dapat berisi informasi mengenai review produk/ toko online kamu ataupun produk spesifik yang kamu promosikan. Strategi yang cukup efektif adalah membuat voucher dan lampirkan di brosur yang kamu sebarkan, atau menjadikan brosur tersebut sebagai voucher. Calon pembeli dapat menggunakan kode voucher tertentu untuk mendapatkan tambahan diskon atau bonus. Fungsinya adalah kamu dapat mengukur langsung efektivitas penyebaran brosur tersebut. Hitung perbandingan seberapa banyak transaksi dengan menggunakan kode voucher dengan brosur yang kamu sebarkan.

Kekurangan promosi ini selain tidak gratis adalah cakupan wilayah yang kecil, sehingga setiap lembar yang kamu bagikan harus benar-benar diterima oleh target pasar tertentu. Oleh karena itu, pilih tempat membagikan brosur yang tepat, dan orang yang menyebarkan brosur pun harus benar-benar bertanggungjawab. Tidak jarang brosur malah dibuang ketimbang dibagikan.

b) Promosi di sebuah bazaar/ pameran/ kegiatan tertentu. Ini juga cukup efektif, dengan catatan bazaar. pameran atau kegiatan tersebut relevan dengan bidang toko online anda. Misalnya bila kamu menyasar target pasar anak-anak SMU, maka kamu dapat ikut serta dalam bazaar yang biasanya diadakan oleh anak SMU tertentu. Contoh lain adalah bila kamu berjualan spare part / aksesoris sepeda online, maka akan tepat melakukan promosi pada acara gowes tertentu, sewa lapaknya, berikan salah satu barang jualan kamu untuk door prize, dan juga kamu dapat sekalian menyebarkan brosur pada acara tersebut.

c) Promosi di iklan baris online, misalnya menyewa space di website, blog atau web marketplace tertentu. Bisa di tokopedia, bukalapak, kaskus, blog-blog tertentu dan spesifik, dan sebagainya

d) Promosi di media massa, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan web marketplace. Namun ini memerlukan budget yang cukup besar.

e) Promosi dengan jasa selebgram/ endorser. Bisnis endorser di instagram ini sedang marak. Toko online kamu pun dapat ‘numpang’ dipromosikan disini. Trarifnya variatif, dari 50 ribu sampai dengan jutaan rupiah.

f) Promosi dengan media lain, seperti kaos, goody bag, topi dan sebagainya.

Demikian artikel cara cepat dan tepat untuk promosi online shop, semoga bermanfaat!