Teknologi Tips

Cara Disable atau Menonaktifkan Auto Install Aplikasi Google Play Store

unnamed file 36

Cara Disable atau Menonaktifkan Auto Install Aplikasi Google Play Store – bila kamu pernah membuka hp smartphone atau tablet kamu untuk melihat bahwa Google Play akan download update semua aplikasi yang terinstall, kamu mungkin merasa pusing karena sisa memori ponsel semakin sedikit. Jangan terlalu kaget walaupun karena ini adalah sesuatu yang tidak masuk akal tapi mudah untuk diatasi. Kami akan menunjukkan cara untuk memberitahu Google Play kapan dan bagaimana untuk memperbarui aplikasi kamu, jadi auto-update aplikasi tidak lagi menjadi masalah serius.

Sudah menjadi aturan umum dan standard, bila aplikasi dari Google Play Store akan mendownload update secara otomatis dalam rangka meningkatkan kinerja mereka di tablet atau smartphone, yang juga bisa sangat mengganggu karena memperlambat ponsel kamu, menghabiskan kuota data internet pada ponsel kamu dalam jumlah besar dan mengganggu kamu pada ketika kamu melakukan hal-hal lain dengan perangkat Android.

Cara Disable atau Menonaktifkan Auto Install Aplikasi Google Play Store 1

Dianjurkan dalam banyak kasus untuk memperbarui aplikasi kamu, karena pengembang aplikasi telah bekerja keras untuk meningkatkan aplikasi menjadi lebih intuitif dan menggabungkan desain dan kinerja yang lebih baik. namun melakukan semua update aplikasi secara sekaligus bukan hal yang baik. Untuk alasan ini, banyak orang lebih memilih untuk menginstal update aplikasi secara manual daripada memperbarui segala sesuatu sekaligus. Untuk melakukan ini, kamu harus menonaktifkan fitur auto-update aplikasi, yang mudah dilakukan.

Cara Termudah dan Tercepat Disable atau Menonaktifkan Auto-update Aplikasi di Google Play Store

1. Jalankan aplikasi Google Play Store dan gesek keluar navigation drawer di sisi kiri, atau gunakan ‘icon hamburger’ (menu di kiri atas, tiga baris di sebelah kata Play Store). lalu pilih opsi settings.

2. kamu akan disajikan dengan pilihan pengaturan Play Store dan di bawah subkategori ‘General’ silahkan pilih ‘Auto-update apps’ yang akan menunjukkan pengaturan ketika ini.

3. Tap pada pilihan ini akan memberikan kamu dengan tiga pilihan yang bisa dikonfigurasi ulang setiap ketika. kamu mempunyai pilihan ‘Do not auto-update apps’ atau ‘Auto-update apps at any time’. Biaya data mungkin berlaku untuk kedua opsi tersebut, dan bila kamu ingin update dengan gratis pilih ‘Auto-update apps over Wifi only’.

4. Pilih yang pertama yang berarti kamu akan selalu perlu untuk secara manual melakukan update. kamu masih harus menerima pemberitahuan update untuk mengingatkan kamu ketika sebuah aplikasi perlu diperbarui. Tentu saja, bila kamu masih ingin aplikasi untuk update secara otomatis, hanya saja tidak pada koneksi data kamu, pilih opsi ketiga.

Cara Memperbarui Aplikasi di Play Store Secara Manual

bila kamu telah men-setting Play Store untuk tidak auto-update aplikasi, kamu harus melakukannya secara manual. Untuk memperbarui aplikasi secara manual, kamu harus membuka menu daftar aplikasi, jadi gesek navigation drawer dan pilih ‘My Apps’.

kamu akan diperlihatkan list yang dibagi menjadi dua bagian: baik semua aplikasi yang diinstal pada ponsel kamu ketika ini atau semua aplikasi yang pernah kamu download dari Play Store. Aplikasi yang mempunyai update yang tersedia tercantum di atas tab ‘Installed’. kamu bisa memilih untuk menginstal mereka satu per satu atau semua dari mereka dengan tombol ‘Update All’ di bagian atas.

Apakah kamu mempunyai trik lain atau mungkin aplikasi yang kamu gunakan untuk mengatur update aplikasi kamu? Beritahu kami di komentar, bila kamu punya tambahan informasi Cara Disable atau Menonaktifkan Auto Install Aplikasi Google Play Store. Selamat mencoba tutorial ini.