Cara Download dan Install Google Play Store Terbaru

Posted on

Cara Download dan Install Google Play Store Terbaru – Google Play Store adalah aplikasi market android gratis, namun banyak tablet dan smartphone yang baru dibeli tidak terdapat dan tidak tersedia aplikasi Google Play Store. Untungnya, itu super mudah untuk mendapatkan pasar aplikasi Google app marketplace untuk di-download dan di-install pada perangkat Android kamu, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan semua aplikasi gratis dan berbayar yang ditawarkan Play Store.

Berikut ini adalah panduan kami tentang cara men-download dan menginstal versi gratis terbaru dari Google Play Store APK versi 5.9.11. kamu harus selalu tetap up to date dengan versi terbaru dari Play Store, supaya tidak terjadi error ketika mencari aplikasi atau pada ketika download aplikasi yang kamu inginkan. Untuk update versi terbaru Play Store, mungkin berkaitan dengan OS Android yang baru, yaitu Android Marshmallow 6.0. Jadi pada versi terbaru ini, aplikasi-aplikasi yang khusus dibuat dan hanya kompatible untuk Android Marshmallow 6.0 mulai ada.

Sistem penomoran untuk versi Google Play Store mungkin tampak sedikit membingungkan pada awalnya, tapi mudah untuk memahaminya. Versi yang tercantum di bawah hanya versi disediakan untuk umum oleh Google. Tampaknya aneh ketika melihat urutan versi yang melompat dan beberapa nomor versi tidak ada, itu hanya karena Google tidak pernah merilis Play Store versi peralihan.

Cara Download dan Install Google Play Store Terbaru 1

Kami juga telah membuat daftar tanggal setiap versi yang tersedia untuk referensi kamu. Perhatikan bahwa kadang-kadang versi baru Play Store memperkenalkan fitur baru atau menghapus fitur yang lama, jadi kami punya link download untuk versi sebelumnya serta rincian tentang fitur apa yang setiap versi baru perkenalkan di bagian paling bawah artikel ini.

Download Versi Terbaru dari Google Play Store APK (.apk)

Dari semua aplikasi pada ponsel kamu, aplikasi Google Play Store adalah salah satu yang benar-benar ingin terus diperbarui supaya bisa terus menggunakannya. Silahkan download versi terbaru dari Google Play Store di bawah ini.

Download Google Play Store versi terbaru:
Google Play Store 5.9.11 – Dirilis pada tanggal 9 September 2015

Download Google Play Store versi sebelumnya:
Di bawah ini ada beberapa APK Play Store versi sebelumnya, bila versi terbaru tidak cocok.
Google Play Store 5.8.11 – Dirilis pada tanggal 18 Agustus 2015
Google Play Store 5.8.8 – Dirilis pada tanggal 29 Juli 2015
Google Play Store 5.7.10 – Dirilis pada tanggal 9 Juli 2015
Google Play Store 5.7.6 – Dirilis pada tanggal 8 Juli 2015
Google Play Store 5.6.6 – Dirilis pada tanggal 26 Mei 2015

Cara Install Google Play Store APK

Metode yang paling sederhana harus sudah cukup akrab bagi kamu bila kamu seorang pembaca setia blog ini: Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual. Sebuah APK adalah file setup Android yang setara dengan program .exe pada komputer kamu.

Alih-alih men-download sebuah aplikasi dari Play Store, kamu hanya menginstal sendiri tanpa bantuan Play Store (lihat panduan kami tentang Cara Instal Aplikasi Android Di Luar Google Play Store). Ini adalah tips tambahan yang berguna ketika kamu ingin menginstal Play Store sendiri secara manual.

Ada dua cara untuk menginstall Google Play APK pada perangkat kamu: langsung di ponsel atau dengan komputer kamu. Kami akan melakukan pilihan yang mudah pertama.

Instal Google Play (metode melalui perangkat smartphone atau tablet)
Sebelum kamu bisa menginstal APK, kamu harus mengaktifkan Unknown Sources dalam pengaturan kamu.

  • Aktifkan ‘Unknown Sources’ dengan cara masuk ke Settings> Security, lalu mencentang kotak di samping Unknown sources. Jangan takut, sumber yang tidak diketahui hanya untuk lokasi aplikasi yang diperoleh di luar Play Store. (Jangan lupa untuk hapus centang pilihan ini setelah kamu selesai).
  • Dengan menggunakan browser pada perangkat Android kamu, pergi ke forum XDA Developers atau APK Mirror untuk men-download Play Store APK untuk versi terbaru.
  • Anda mungkin mendapatkan pesan peringatan bahwa ‘file jenis ini bisa membahayakan perangkat kamu.’ Silahkan ignore dan mengabaikannya, lalu tekan OK.
  • Buka APK (Anda bisa menekan download yang telah selesai pada menu notifikasi pemberitahuan kamu), membaca izin baru (jika ada) bahwa permintaan versi Play Store baru, lalu tap Instal.

Instal Google Play (melalui komputer)

bila kamu tidak mempunyai koneksi internet atau koneksi Wi-Fi pada perangkat kamu, kamu bisa men-download APK ke komputer kamu. Sideloading APK dari PC kamu dengan kabel USB kadang-kadang bisa menghindari masalah instalasi dengan APK, Metodennya hampir sama:

  • Aktifkan ‘Unknown sources’ pada perangkat kamu.
  • Menggunakan browser pada komputer kamu, pergi ke forum XDA Developers atau APK Mirror untuk men-download versi terbaru Play Store APK.
  • Hubungkan perangkat kamu ke komputer kamu dengan kabel USB dan menyalin file APK ke Android kamu.
  • Jalankan APK, menerima izin (app permission) dan tekan Install.

Google Play Store tips

Google Services Framework adalah layanan penting yang memungkinkan Play Store berkomunikasi dengan aplikasi pada perangkat kamu – memungkinkan untuk update otomatis dan sebagainya. bila fungsi ini berhenti bekerja, atau kamu mengalami masalah lain, maka mungkin ada masalah dengan layanan, dan kamu harus menghapus cache di Google Play Store dan Google Play Services. Untuk melakukan ini:

  • Buka Pengaturan> Aplikasi
  • Scroll ke bawah ke Google Play Store, sentuh, lalu pencet ‘Clear cache’.
  • Lakukan hal yang sama untuk layanan Google Play
  • Tips ini bisa memperbaiki sebagian besar masalah yang akan dialami pada Play Store

Catatan: tergantung pada jenis perangkat yang kamu miliki, hp Android kamu mungkin perlu di-root untuk menginstal Play Store secara manual, tapi itu tutorial untuk hari lain.

Apa fitur terbaru di Google Play

Apa yang baru di Google Play 5.9.11

Hal pertama yang akan kamu lihat di Google Play 5.9.11 adalah jendela pop-up baru membiarkan kamu tahu tentang perizinan aplikasi granular dalam aplikasi yang kompatibel dengan Android 6.0.

Tim Android Police telah melakukan teardown kode dan mengungkapkan dokumentasi lebih lanjut untuk dukungan sidik jari, uninstall manager (mungkin terhubung ke Marshmallow RAM Manager), rekomendasi berbasis lokasi dan visual baru ketika refund aplikasi.

Apa yang baru di Google Play 5.8.11

Tidak ada banyak yang bisa kita lihat, selain transisi dan animasi tampak sedikit lebih cepat pada Android 5.1 Lollipop. walaupun Play Store versi ini ditarik dari preview Android M 3, tampaknya masih akan bekerja dengan baik pada Android 5.1. bila kamu ingin bermain aman, tetap gunakan 5.8.8 untuk ketika ini.

Apa yang baru di Google Play 5.8.8

Tidak banyak selain animasi menu baru hamburger yang keren. kamu mungkin pernah melihat ini di tempat lain dalam aplikasi Google, namun ketika kamu beralih dari satu layar ke yang lain, tiga garis horizontal yang membawa kamu ke navigation drawer memutar dan berubah menjadi panah kembali.

Apakah kamu ingin menjadi yang tercepat dan pertama dengan men-download aplikasi Play Store APK manual, atau kamu lebih memilih untuk bermain aman dan menunggu untuk rilis Play Store resmi? Beritahu kami.