Teknologi Tips

Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual

Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual

Cara Install Aplikasi Android Apk File Secara Manual – bila kamu mempunyai ponsel Android kamu mungkin pernah mendengar tentang file APK di beberapa artikel, dan mungkin bertanya-tanya “apa sebenarnya file APK?” Memahami ini penting bila kamu ingin men-download aplikasi yang dimodifikasi atau menambah pengalaman Android kamu sendiri dengan mencoba install aplikasi tidak melalui Play Store sendiri. Dalam panduan kami, kamu akan belajar apa file APK, bagaimana cara untuk men-download, dan akhirnya, cara menginstal mereka. Baca terus untuk mengerti apa yang dimaksud dengan file APK adalah semua tentangnya.

Biasanya kita tahu bahwa aplikasi Android bisa didownload dan install secara langsung dari Android Market atau Google Play Store. Dalam beberapa kasus, aplikasi tidak tersedia dari Android Market atau Google Play Store dan kamu harus menginstal secara manual menggunakan file APK yang telah kamu download ke komputer atau laptop kamu. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk restore aplikasi android yang telah di-backup. Baca juga: Cara Install APK File Sideloading di Android.

Ini mungkin terdengar sangat mudah dilakukan dan banyak dari kamu akan sudah mengetahui hal ini, namun untuk sebagian besar pengguna Android newbie mereka selalu mengalami kebingungan pada cara menginstal aplikasi menggunakan file APK. aku telah membahas langkah demi langkah tutorial di bawah ini dengan lengkap.

Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual

Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual

Apa Itu file APK?

Sama seperti sistem Windows PC menggunakan file .exe untuk menginstal software, Android juga melakukan hal yang sama. Sebuah file APK adalah format file yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak (biasanya permainan atau aplikasi) pada sistem operasi Android.

Mengapa aku Ingin menginstal APK File?

Mencari dan men-download file APK memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi yang telah bocor menjelang rilis resmi mereka. kamu juga bisa men-download aplikasi yang telah dilarang, walaupun kami tidak akan merekomendasikan hal ini. File APK pada OS Android yang baru sering bocor sebelum waktu rilis, sehingga memberikan kamu kesempatan lebih awal untuk mengakses semua fitur baru menarik lainnya yang tidak akan tersedia di versi Android lain. Contoh terbaru adalah pada awal Android Lollipop yang ditemukan secara online walaupun belum resmi dirilis.

File APK juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan update aplikasi terbaru, yang bisa memotong jumlah waktu untuk menunggu melalui update resmi dari Play Store, dan bila perangkat Android kamu tidak mempunyai akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan untuk menginstal aplikasi pada perangkat kamu. Menginstal file APK memberikan kamu akses ke aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Pastikan kamu men-download dan menginstal mereka dengan penuh tanggung jawab, dan tidak memiliki tujuan untuk mendapatkan akses ke aplikasi bajakan.

Cara Menginstal APK File dari komputer kamu

Ada banyak sumber APK file di web, namun pastikan untuk memilih situs kamu yang percaya. Beberapa file APK mungkin berisi perangkat lunak berbahaya (malware) yang bisa membahayakan keamanan ponsel kamu, sehingga solusi yang terbaik adalah untuk berhati-hati sebelum men-download atau menginstal aplikasi apapun yang berasal dari luar Play Store (dan bahkan di Play Store kamu akan menemukan aplikasi yang tidak benar-benar aman! ). Secara umum, file APK ditemukan di situs-situs download seperti XDA lebih aman untuk men-download file APK daripada dari tempat lain, namun aku sarankan untuk selalu membaca beberapa ulasan dan komentar pengguna sebelum men-download atau menginstal APK.

  • Pertama, kamu harus menemukan file APK yang kamu inginkan.
  • Cari file APK secara online dan download ke lokasi yang mudah ditemukan di PC atau laptop kamu (seperti desktop).
  • Sebelum kamu bisa menginstalnya pada ponsel kamu, kamu akan perlu untuk memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga yang diperbolehkan pada perangkat kamu. Masuk ke Menu> Settings> Security> dan periksa “Unknown Sources” untuk memungkinkan ponsel kamu untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store.
  • Jika kamu suka, kamu juga bisa men-download sebuah aplikasi seperti ES File Explorer sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan file pada perangkat Android kamu.
  • Setelah kamu download file APK di komputer kamu, hubungkan perangkat Android dengan komputer atau laptop.Pada titik ini, kamu mungkin akan ditanya apakah kamu hanya ingin mengisi baterai telepon kamu atau menghubungkannya sebagai “media device” Pilih “media device”.
  • Kemudian, cari folder ponsel kamu pada komputer kamu (akan di “My Computer” atau “Computer” pada OS Windows) dan salin file APK ke dalam folder pilihan kamu di smartphone Android kamu.
  • Sekarang kamu akan bisa mencari lokasi file dalam “file aku” folder pada perangkat kamu. Cari file APK, tap file APK, lalu tap “install”. Dan kamu sudah selesai.

Cara Instal APK File dari Browser kamu

kamu juga bisa menginstal file APK dari browser di smartphone Android atau tablet. Caranya adalah hanya dengan membuka browser kamu, menemukan file APK yang ingin kamu download, dan tekan itu – maka kamu harus bisa melihat download di bar bagian atas perangkat kamu. Setelah itu download, buka file APK yang telah di download, tekan pada file APK, dan tekan “yes” ketika prompted. Aplikasi ini akan mulai menginstal pada perangkat kamu.

Itu pada dasarnya semua file APK untuk itu. Instalasi APK membuka dunia baru dan seluruh kesempatan untuk mencoba aplikasi-aplikasi yang tidak tersedia di Play Store atau Android Market. Silahkan kamu coba install file APK Android sendiri dengan Cara Install Aplikasi Android APK File Secara Manual, dan biarkan kami tahu bagaimana masalah yang kamu temukan di dalam komentar.