Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati

Posted on

Hai sob, Sebelum sobat dapat menyetir mobil transmisi manual dengan sempurna atau minimal ya secara baik, sobat harus paham cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati.

Perlu diingat ya sob, Menyetir mobil transmisi manual sobat harus paham betul dalam menginjak kopling dan pedal gas. Terutama bagi pemula, pastinya harus dapat melepas kopling mobil agar mesin mobil tidak mati. Penting nih, Memainkan kopling kurang lembut dapat berakibat mesin mobil mati atau kopling dapat terbakar karena gesekan. Hal tersebut dapat berakibat mesin mobil kurang tenaga disebabkan karena kampas kopling mobil habis.

Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati
Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati

 

Membiasakan Melepas Kopling Sekaligus Melepas Gas

Nah tips pertama Melepas kopling mobil agar mesin tidak mati adalah membiasakan diri saat melepas kopling dan berakselerasi dengan menginjak gas. Apabila sobat tidak terbiasa dengan kebiasaan tersebut, yang dapat terjadi adalah engine stall, yaitu mesin akan mati mendadak penyebabnya adalah tidak selarasnya pelepasan kopling dengan momentum saat mobil melaju.

 

Biasakan dengan Putaran Mesin Rendah Saat Perpindahan Transmisi Gigi

Setelah sobat berlatih melepas kopling mobil agar mesin tidak mati, langkah selanjutnya yang harus dibiasakan adalah berlatih menggunakan putaran mesin rendah saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini untuk membiasakan cara mengemudi sobat halus dan terbentuk tanpa disadari. Untuk mobil manual biasakan perpindahan transmisi gigi (naik) maksimum kurang lebih pada 2.000-2.200 rpm.

 

Sesuaikan Kecepatan dengan Kondisi

Nah selanjutnya adalah menyesuaikan kecepatan dalam kondisi jalan. Sebagai pemula, mengatur kecepatan jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat. Sobat harus waspada kondisi jalan, agar tidak membahayakan keselamatan orang lain.

Berikut ini cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati.

Menjalankan Mobil:

  • Mulai dengan Injak kopling penuh
  • Mulai pindahkan perseneling/transmisi mobil ke gigi 1
  • Kaki kanan pada pedal gas, bersiap untuk menginjak gas
  • Melepas kopling perlahan sampai mobil mulai bergerak
  • Terus angkat kopling sampai terangkat penuh
  • Mulai menambahkan kecepatan mobil dengan menginjak gas secara perlahan
  • Berikutnya sobat tak perlu lagi menginjak kopling mobil kecuali sobat akan berpindah ke gigi lain.

Berpindah ke Gigi 2 Saat Mobil Berjalan

  • Perhatikan indikator pada RPM Mesin
  • Apabila telah melewati angka 2, maka sudah saatnya untuk berganti ke gigi 2
  • Sobat dapat angkat gas penuh agar putaran mesin kembali turun
  • Kemudian injak pedal kopling penuh
  • Pindahkan perseneling ke gigi 2
  • Angkat kopling mobil secara perlahan sampai setengahnya
  • Injak gas mobil kemudian perlahan sambil mengangkat kopling

Kunci utama dari fungsi kopling adalah untuk menjaga keseimbangan antara putara mesin dan roda ya sob, itu sebabnya saat pergantian dari gigi 1 ke 2 sampai seterusnya semakin mudah. Hal ini terjadi karena roda sudah berputar mengikuti putaran mesin sesampai mengangkat kopling sedikit lebih cepat tak akan mematikan mesin.

Jika dibandingkan dari netral ke gigi 1 saat akan memulai jalan saat posisi roda diam, sedangkan mesin berputar. Maka, dibutuhkan mengangkat kopling secara perlahan sampai roda berptar dengan putaran yang cukup untuk mengimbangi putaran mesin.

Nah itu dia penjelasan Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati, cukup mudah bukan? nah bila sekiranya bermanfaat jangan lupa share artikel ini ya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image