Cara Membaca Jangka Sorong

Posted on

Cara Menghitung Jangka Sorong – Sobat BlogPedia, apakah sobat tahu apa itu jangka sorong? Pasti bagi sobat yang pernah sekolah terutama di jaman SMP dan SMA mungkin akan sangat dekat sekali dengan alat ini khususnya di pelajaran Matematika atau Fisika. Jangka sorong adalah alat berukuran cukup besar yang mempunyai skala paling kecil sekitar 0,1 mm.

Pengukuran jangka sorong sendiri mempunyai skala utama satuan cm dan skala Nonius dalam satuan mm. Jangka sorong punya rangah tetap atas dan bawah yang tidak bisa digeser-geser. Nah, Untuk lebih jelasnya sobat dapat melihat gambar di bawah ini (Gambar Jangka Sorong).

jangka sorong
jangka sorong

Nah, Jika di sekolah kita memakai alat ini untuk pelajaran matematika atau fisika, namun di pabrik atau bengkel jangka sorong berguna sebagai alat untuk mendeteksi atau mencocokkan panjang serta diameter dari mesin yang akan diganti. Jangka sorong pun juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagi para ahli kunci, hebat bukan?

 

Fungsi jangka sorong diantaranya :

  1. Sebagai alat ukur diameter luar benda maupun panjang benda yang ukurannya kecil.
  2. Sebagai alat ukur diameter dalam benda.
  3. Sebagai alat ukur kedalaman benda.

 

Cara membaca skala jangka sorong :

Kamu dapat memperhatikan skala nonius yang berdekatan dengan salah satu skala utamanya. Angka yang berdekatan pada skala nonius dengan skala utama adalah angka 4 dan itu artinya nilainya adalah 0,4 mm. perhatikan angka 0 pada skala nonius yang terletak di angka skala Utama 4,7 cm.

Cara menghitung :

4,7 cm + 0,4 mm = 4,74 cm
Misalnya sobat bingung menjumlahkannya ya sobat hanya mengkonfersikan dahulu ke satuan mm. 4,7 cm = 47 mm. Kemudian 47 mm + 0,4 mm = 47,4 mm.
Nah nilai 47,4 mm = 4,74 cm. Kan kalau mm menjadi cm adalah dibagi dengan 10. Mudah kok…

Contoh soal:

membaca jangka sorong
membaca jangka sorong

Sedangkan untuk gambar di bawah ini skala yang paling pas atau berdekatan antara skala nonius dengan skala utama sudah ditunjukkan dengan tsobat merah di gambar.

Cara membacanya yaitu nilai skala utamanya adalah 4,5 cm. sedangkan skala noniusnya adalah 0,1 mm. Jadi hasilnya 2,5 cm + 0,6 mm = 2,56 cm.

Cara menghitung jangka sorong bila skala noniusnya berimpit dengan skala utama.

membaca jangka sorong mudah
membaca jangka sorong mudah

Cara membaca di atas sangat gampang kok, caranya coba dilihat, skala utama berada di angkat 6,2 cm. Kemudian angka noniusnya diangka 2 dan berimpit di angka 7 skala utama. Jadi hasil pengukurannya adalah 6,2 cm + 0,02 cm = 6,22 cm.

Nah gimana Sob, mudah kan? jangan lupa terus berlatih ya bila masih belum paham, dan semoga apa yang aku contohkan di atas dapat bermanfaat bari sobat BlogPedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image