Tips

Cara Membuat Infused Water Sederhana dengan Beberapa Pilihan Rasa

Cara Membuat Infused Water Sederhana dengan Beberapa Pilihan Rasa 1

Cara Membuat Infused Water Sederhana dengan Beberapa Pilihan Rasa 2Infused Water dengan Berbagai Variasi Pilihan Rasa

Infused water menjadi tren yang dinikmati banyak orang, terutama kaum urban di kota-kota besar. Rasanya tidak pas bila tidak membawa satu botol infused water ke kantor, gym, ataupun sekedar nangkring bersama teman. Tren infused water ini populer di Indonesia sejak tahun 2012, dan masih tren sampai dengan sekarang. Bahkan sudah ada produsen yang menjual infused water instan.

Sebenarnya infused water ini sederhana, infused water adalah air putih yang direndamkan beberapa potongan buah atau daun herbal tertentu. Rasanya akan sedikit berubah karena rendaman tersebut. Buah yang sering dipakai adalah potongan lemon segar tanpa dikupas. Namun bila kamu ingin mencoba sensasi rasa baru, coba simak Tips berikut ini:

1. Infused Water Rasa Lemon

Ini adalah infused water klasik yang paling populer. Potongan lemon segar ke dalam air minum akan membuat air semakin terasa segar. Kandungan vitamin C dari lemonnya bermanfaat untuk membantu proses pemulihan tubuh setelah beraktivitas seharian.

Berikut ini resepnya: 1 liter air rendamkan 3 potong lemon segar dan 2 potong jeruk nipis. Jika mau rasanya lebih kuat, kamu bisa campurkan perasan sisa potongan lemon dan jeruk nipis tersebut. Simpan di lemari es minimal 4 jam supaya sari-sari buahnya tercampur dan lebih terasa jeruknya. Habiskan maksimal sebelum 48 jam (di dalam lemari es). Jika terlalu lama direndam, akan muncul rasa pahit dari kulit lemon dan kulit jeruk nipisnya, bagi beberapa orang tidak masalah. Namun bila kamu tidak suka rasa pahitnya, sebelum direndam dapat dikupas terlebih dahulu.

2. Infused Water Rasa Mint

Racikan air dengan daun mint tidak hanya membuat air terasa lebih segar, juga baik untuk tubuh karena kaya dengan kandungan antioksidan. Racikan kedua ini dapat disebut infused water yang populer kedua setelah yang rasa lemon. Mungkin pencipta infused water mint ini terinspirasi minuman yang sudah ada sebelumnya, yaitu mojito.

Resepnya sederhana cukup rendam daun mint minimal 12 lembar lengkap dengan batangnya ke dalam 1 liter air. Ingat untuk merobek atau meremas daun mintnya terlebih dahulu supaya sari-sari daunnya keluar. Simpan di lemari es minimal 8 jam, kamu bisa membuatnya sebelum tidur, supaya bisa dibawa ke kantor keesokan harinya. Jangan lupa saring dulu supaya lebih nyaman ketika diminum. Agar lebih cantik, setelah disaring bisa dimasukan beberapa helai daun mint lagi.

3. Infused Water Rasa Mojito

Jika mojito sebenarnya memadukan white rum, lime juice, mineral water dan daun mint, maka infused water ini hanya menggunakan lemon segar, jeruk nipis dan daun mint. Bedanya ini minuman sehat tanpa campuran alkohol dan gula. Khasiatnya pun gabungan dari jeruk dan daun mint, vitamin C dan kandungan antioksidan bermanfaat untuk membantu pemulihan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Resepnya juga sederhana, siapkan 1 liter air, 1 buah lemon segar, 1 buah jeruk nipis, dan 8 helai daun mint. Rendam 2 potong lemon, 2 potong jeruk nipis dan daun mint. Jangan lupa untuk merobek dan meremas terlebih dahulu daun mint, dan kupas jeruknya bila tidak suka rasa pahit dari kulitnya. Masukan ke dalam lemari es, minimal 4 jam sebelum dapat diminum. Maksimal disimpan selama 48 jam di dalam lemari es.

4. Infused Water Rasa Timun

Alternatif lain untuk membuat infused water adalah dengan mentimun, caranya tidak merepotkan, kulitnya tidak membuat pahit bila tidak dikupas, dan rasanya segar. Khasiatnya yaitu untuk menjaga kesehatan otot dan kulit, bisa juga sebagai pertolongan pertama pada kehausan. Potongan timunnya juga bermanfaat untuk masker wajah, jadi tidak usah dibuang. Jika tidak diminum airnya juga bisa untuk cuci muka.

Resepnya sangat sederhana, siapkan air putih 1 liter dan 1 buah mentimun ukuran sedang. Potong mentimun tipis-tipis dan rendam ke di dalam air yang tadi disiapkan. Potongan timun paling bawah yang biasanya terasa pahit jangan dipakai. Simpan di dalam lemari es selama 12 jam supaya lebih terasa. Maksimal 48 jam disimpan di lemari es.

5. Infused Water Rasa Mojito Stroberi

Masih bertemakan ala mojito, infused water ini ditambahkan stroberi supaya menambah sensasi. Khasiatnya tetap sama karena sama-sama mengandung vitamin C tinggi dan antioksian. Potongan stroberi segar menjadikan infused water kamu lebih cantik dipandang.

Resepnya agak lebih banyak yaitu, siapkan 1 liter air putih, 5 buah stroberi potong masing-masing dibagi 4, 1/2 buah lemon, 1/2. buah jeruk nipis, dan 3 helai daun mint yang sudah dirobek dan diremas. Rendam semuanya ke dalam 1 liter air, kupas kulit jeruknya bila tidak suka rasa pahitnya. Masukan ke dalam lemari es, minimal 2 jam sebelum dapat diminum supaya lebih terasa. Maksimal disimpan selama 48 jam di dalam lemari es.

6. Infused Water Rasa Belimbing Variasi

Belimbing yang dipakai adalah belimbing yang sudah matang sehingga rasanya manis. Belimbing merupakan buah dengan kandungan kalori rendah dan kandungan vitamin C yang tinggi. Agar rasanya lebih yahud dan lebih cantik dapat ditambahkan sedikit potongan stroberi.

Berikut ini resepnya, 1 liter air, 1/2 potong buah belimbing ukuran sedang, dan 1 buah stroberi yang dipotong jadi 4 bagian. Rendam semuanya dan simpan di lemari es dalam wadah tertutup minimal 4 jam sebelum diminum.

7. Infused Water Rasa Nanas Segar

Buah nanas juga dapat dibuat infused water, rasanya sudah pasti menyegarkan, manis alami khas nanas, apalagi bila ditambahkan daun mint. Nanas mengandung bromelain yang baik untuk persendian dan melancarkan pencernaan. Buah nanas juga baik untuk kesehatan terutama untuk para pria.

Resepnya sebagai berikut, 1 liter air, 1/2 buah nanas yang dipotong besar dan 10 lembar daun mint. Rendam semuanya dan simpan di lemari es dalam wadah tertutup minimal 10 jam sebelum dapat diminum, supaya rasanya lebih kuat. Kamu juga dapat membuatnya sebelum tidur, supaya bisa dibawa pergi ke kantor di keesokan harinya.

8. Infused Water Apel dan Kayu Manis

Rasa dari infused water kombinasi apel dan kayu manis ini sangat unik dan enak. Khasiatnya untuk meningkatkan daya konsentrasi dan menurunkan gula darah. Cocok diminum pada suhu ruang tetapi dibuatnya harus menggunakan air dingin dari lemari es.

Resepnya adalah 1 liter air, 1/2 apel merah yang sudah dipotong tipis-tipis, serta satu batang kayu manis. Apel akan cepat berubah warna pada suhu ruang, untuk menghindarinya kamu harus menggunakan air es dingin. Masukan segera apel dan kayu manisnya ke dalam air es, simpan dalam wadah tertutup, dan masukan ke lemari es, tunggu minimal 12 jam sebelum diminum. Kamu dapat meminumnya seketika keluar dari lemari es, tetapi lebih baik tunggu supaya sensasi manis apel dan rasa kayu manisnya lebih terasa.

9. Infused Water Semangka 

Buah semangka sangat tepat untuk kamu yang cepat ingin menikmati infused water, karena semangka tipe buah dengan kandungan air terbanyak, sehingga rasanya lebih cepat keluar daripada buah-buahan lain. Tambahan campuran lainnya adalah daun mint atau daun seledri, tergantung lebih suka yang mana, rasa herbal daun seledri atau rasa segar daun mint.

1 liter air, 1/8 buah potong semangka ukuran sedang, dan 6 lembar daun seledri atau 3 lembar daun mint yang sudah dirobek dan dimemarkan. Rendam dalam wadah tertutup di lemari es minimal 2 jam, dan simpan tidak lebih dari 24 jam di lemari es.

10. Infused Water Tomat

Tomat merupakan salah makanan yang terkenal baik untuk kesehatan tubuh, menjaga kecantikan kulit dan rambut, dan mencegah sel-sel kanker. Kamu juga dapat membuat infused water dengan menggunakan tomat, rasanya sudah pasti menyegarkan.

Resepnya: 1 liter air, 3 buah tomat merah ukuran sedang potong masing-masing menjadi 4 bagian. Rendam potongan tomat tersebut, simpan dalam wadah tertutup di lemari es selama 6 jam. Dapat diminum ketika masih dingin supaya terasa lebih segar.

Resep infused water sebenarnya tidak ada aturan pakemnya, setiap buah-buahan atau sayuran dapat dipadupadankan sesuai selera. Namun yang pasti jangan lupa mencucinya terlebih dahulu supaya minuman kesehatannya tidak terkontaminasi pestisida ataupun lainnya. Jangan lupa juga mencuci tangan kamu supaya tidak terkontaminasi bakteri atau cacing dari tangan kamu.

Semoga bermanfaat!