Teknologi Tips

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Error Google Play Store

unnamed file 2

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Error Google Play Store berdasarkan Error Code – Karena kamu sedang membaca posting ini, maka aku berasumsi bahwa kamu telah atau pernah mengalami masalah ketika menginstal aplikasi dari Google Play Store dari perangkat Android kamu. Google Play Store adalah toko aplikasi terbesar untuk aplikasi dan game Android yang bertindak sebagai pasar aplikasi raksasa untuk semua pengguna Android. Beberapa menit dari penjelajahan aplikasi di Google Play Store akan membuat kamu mempunyai keinginan untuk terus mencari dan mencoba berbagai aplikasi.

Banyak sekali pengguna Android yang sering mengeluh tentang menerima banyak kesalahan aneh ketika mencoba untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store. Alasan untuk kesalahan ini banyak dan Google membuat peta kode unik untuk kesalahan supaya pelaporan lebih mudah dan memecahkan masalah ini. Apakah masalah kode error ini pernah terjadi pada kamu pada ketika menemukan aplikasi yang menarik dan mencoba untuk men-download dan instal, namun lalu justru malah menerima pesan kode error kesalahan dengan angka acak dari Google Play Store. Cukup menjengkelkan, kan? Berikut adalah beberapa kesalahan Google Play Store yang paling umum terjadi dan solusi untuk mengatasi dan memperbaikinya. Pernah mengalami beberapa kode error kesalahan Google Play Store? Kami punya metode solusi berdasarkan Play Store error code.

Solusi untuk error pada Play Store yang dijelaskan di bawah ini didasarkan pada pengalaman editor, serta pembaca dan juga dari forum smartphone dan gadget. bila kamu menemukan masalah lain dengan Google Play, jangan ragu untuk berbagi pengalaman kamu di komentar. Error pada Google Play Store bisa diidentifikasi menggunakan kode kesalahan unik atau pesan kesalahan. Kami telah membuat daftar, baik pesan kesalahan (error message) dan kode kesalahan (error code) yang akan membantu kamu menemukan solusi cara yang tepat untuk masalah kamu, tentu saja dengan waktu cepat.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Error Google Play Store 1

Error yang terjadi Google Play Store bisa membuat frustasi, berkat kode kesalahan cryptic yang tidak memberikan informasi tambahan dan penyelesaian. Untuk membantu kamu mengatasinya, anggota forum XDA mengumpulkan daftar dari kode kesalahan yang paling umum dan sering terjadi, lengkap dengan solusinya. Hingga ketika ini kami telah mengetahui 15 kode error dan 2 pesan error yang pernah terjadi di Google Play Store. Kode error Play Store antara lain kode error 102, 194, 403, 413, 491, 492, 495, 498, 504, 919, 921, 923, 927, 941, dan 961. Pesan error Play Store antara lain “Unfortunately Google play store has stopped” dan “Error Processing Purchase”.

Hari ini, kami telah meluangkan beberapa waktu untuk membuat daftar beberapa kode error kesalahan Google Play Store yang paling sering dilaporkan dan cara sederhana untuk menyelesaikannya. Perbaikan yang tercantum adalah universal dan bisa bekerja pada perangkat Android terlepas dari versi Android. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat bagaimana untuk memperbaiki error Google Play Store pada perangkat Android.

Google Play Store Error Code 102

Masalah
Muncul kode pesan error 102 : Error yang disebabkan ketika mencoba untuk men-download update ES File Explorer atau aplikasi lainnya dari Google Play Store.

Solusi
Dari hasil pencarian Google Search Engine muncul alasan yang berbeda yang mungkin menjadi penyebanya. Mari kita cek penyebabnya satu-per-satu:

Signing certificate aplikasi yang akan didownload telah kadaluarsa. Karena kamu tidak bisa memperbaiki hal ini sendiri, itu berarti menghubungi developer apliaksi untuk memeriksa dan memperbaiki.

Kode error 102 mengacu pada koneksi menolak: “Error 102 (net::ERR_CONNECTION_REFUSED): Unknown error”. Silakan menuju link berikut – https://support.google.com/chrome/answer/117805?hl=id, aku berharap bisa membantu. Link memberikan deskripsi kesalahan jaringan namun terkait dengan Chrome. Seperti kesalahan kamu adalah standard error dan mungkin bukan karena Play Store atau aplikasi error, namun karena beberapa pengaturan konfigurasi pada ponsel Android kamu.

Google Play Store Error Code 194

Masalah
Muncul pesan kode error 194 : Kesalahan yang disebabkan ketika mencoba untuk men-download game atau aplikasi dari Google Play Store.

Solusi
Cara untuk memperbaiki dan mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus data cache untuk Layanan Google Play Services dan Google Play Store.

  • Buka Pengaturan> Aplikasi atau Application Manager
  • Scroll ke opsi ‘All apps’ dan lalu ke ‘Google Play Store’ app.
  • Buka rincian aplikasi dan tekan tombol ‘Force stop’.
  • Berikutnya tekan tombol ‘Clear data’.

Setelah langkah di atas selesai, sekarang ulangi proses di atas tapi ganti ‘Google Play Store’ dengan ‘Google Play Service’ pada langkah dua dan lalu download lagi.

bila itu tidak sukses, jangan khawatir sekarang masalah ini telah diselesaikan dan memperbaiki pada versi berikutnya dari aplikasi Play Store. Hanya dengan cara download dan install Google Play Store APK terbaru dan kamu tidak akan mengalami error atau kesalahan ini lagi. Untuk pengalaman terbaik Google Play, pastikan kamu telah menginstal versi terbaru.

Google Play Store Error Code 403

Masalah
Muncul pesan kode error 403 : “The download is impossible and the request is ‘forbidden'” atau Download mustahil dan permintaan itu ‘dilarang'”, sehingga tidak bisa download aplikasi dan permintaan itu dilarang atau ‘forbidden'”. Hal ini biasanya terjadi ketika dua akun Google yang digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.

Solusi
Pergi Google Play Store dengan akun Google yang biasa kamu gunakan untuk transaksi. Uninstall aplikasi yang bersangkutan. Cobalah untuk membeli atau download aplikasi dari Google Play lagi dan klik tombol pembelian.

Solusi kedua
Menghapus proxy yang mungkin telah kamu atur sebelumnya. Masuk ke pengaturan, lalu pilih Wireless dan Jaringan (atau More networks) dan lalu Mobile Network. Pilih APN, yang merupakan singkatan dari Access Point Name dan tekan Option Clear Proxy. Setelah itu kamu bisa mengembalikan setting proxy ke pengaturan yang kamu inginkan seperti semula.

Solusi Ketiga
Solusi lain adalah dengan cara menghapus seluruh history atau riwayat penelusuran yang bisa kamu lakukan di Play Store sendiri dengan memilih tombol pengaturan. Berikutnya, pilih Hapus riwayat penelusuran atau Clear search history.

Solusi Keempat
Cobalah membuat akun Google baru dan menggunakannya untuk Play Store. Pergi ke Google Play, dan pilih tombol menu lagi. lalu pilih account dan pilih akun Gmail baru. lalu instal ulang aplikasi.

Google Play Store Error Code 413

Masalah
Muncul pesan kode error 413 : “Downloading applications or updates is impossible” atau “Men-download aplikasi atau update tidak mungkin”, sehingga tidak bisa download aplikasi atau update. bila kamu menggunakan proxy, ingat bahwa hal itu bisa menyebabkan masalah dengan operasi Google Play Store.

Solusi
Dalam Pengaturan, cari Apps (atau manajer aplikasi), lalu geser ke “All”. Gulir ke bawah untuk Google Services dan tekan pada opsi “clear data” dan lalu memaksa berhenti atau force stop. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store dan menghapus cache dari browser internet kamu.

Google Play Store Error Code 491

Masalah
Muncul pesan kode error 491 : “Downloads and updates impossible” atau “Download dan update mustahil”, sehingga tidak bisa download dan update. Kode peringatan error ini terjadi karena data aplikasi Google Services corrupt (file terhapus atau hilang). Penyebab lain mungkin karena beberapa masalah dengan akun Google, sehingga timbul error seperti tidak bisa Download dan update aplikasi.

Solusi
Hapus akun Google kamu dengan pergi ke pengaturan untuk perangkat kamu, lalu pilih ” accounts and Google”. Tekan menghapus akun, terus Reboot Android kamu dan aad atau menambahkan akun sekali lagi. Berikutnya, dalam pengaturan, pergi ke Apps (Aplikasi) dan pencet ‘All’ dari aplikasi kamu. Scroll ke bawah dan pilih “Google Services”, lalu klik clear data dan force stop atau paksa berhenti. Wipe partition cache adalah solusi untuk banyak masalah di Android.

Google Play Store Error Code 492

Masalah
Muncul pesan kode error 492 : “App could not be downloaded due to error (492)” atau “App tidak bisa diunduh karena kesalahan (492)”. Tidak mungkin untuk menginstal aplikasi karena cache Dalvik. Penyebab tidak bisa menginstal aplikasi ini adalah karena Dalvik cache. Ini adalah salah satu kesalahan yang mungkin jarang muncul namun kesalahan mengganggu aku selalu. Pesan error akan seperti “It’s impossible to install an application due to the Dalvik cache” atau “Mustahil untuk menginstal aplikasi karena cache Dalvik”.

Solusi
Di menu pengaturan, cari opsi Apps, lalu tekan “All” dan scroll ke bawah untuk memilih “Google Services”. Di sini, pilih “clear data” dan lalu force stop untuk memaksa berhenti. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store.

Catatan: bila masalah tidak diselesaikan, coba hapus Dalvik cache. Untuk melakukan ini, masuk ke mode recovery kustom (hanya untuk smartphone yang telah diroot). Solusi lain adalah untuk menyelesaikan penghapusan data wipe / factory reset. Pilihan ini berlaku untuk semua pengguna dan bisa dilakukan dalam mode recovery. Hati-hati, itu akan menghapus semua data hp android, jadi pastikan kamu telah membuat backup cadangan semua yang ingin kamu simpan.

Google Play Store Error Code 495

Masalah
Muncul pesan kode error 495 : “Problem downloading or updating apps from Play Store” atau “Masalah download atau memperbarui aplikasi dari Play Store”, sehingga tidak bisa unduh dan update aplkasi pada perangkat Android.

Solusi
Hapus Google Play Store data di Settings> Aplikasi> All> Google Play Store> Clear data. Selain itu hapus data dari Google Services Framework juga (catatan: ini akan membutuhkan ID Google baru untuk perangkat kamu, seperti bila kamu melakukan factory reset atau setting ulang bawaan pabrik, yang berarti aplikasi Google kamu mungkin sementara tidak bisa digunakan).

Menghapus akun Google kamu pada perangkat, reboot ponsel kamu dan kembali menambahkan akun Google kamu di Settings> Account> Add Account> Google Account.

Google Play Store Error Code 498

Masalah
Muncul pesan kode error 498 : Gangguan download dari Google Play Store. Kesalahan ini terjadi bila partisi cache perangkat smartphone atau tablet Android penuh.

Solusi
Penyebab utama masalah ini adalah bahwa cache perangkat kamu penuh. Error bisa diatasi dengan cara menghapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart smartphone kamu dalam recovery mode dengan menekan tombol volume turun, daya dan tombol home (untuk perangkat Samsung), atau volume bawah dan power secara bersamaan (untuk sebagian besar perangkat lain).

Mode ini memberikan beberapa pilihan. Pilih ”wipe cache partition’ dengan menavigasi antara options dengan volume rocker. Konfirmasi menggunakan tombol power.

Google Play Store Error Code 504

Masalah
Muncul pesan kode error 504 : “App could not be downloaded due to an error” atau “App tidak bisa diunduh karena error”, sehingga tidak bisa download aplikasi dari Google Play Store. Lebih sering terjadi pada perangkat Android, clear cache dan data akan menghilangkan masalah ini.

Solusi
Seperti biasanya, silakan: masuk ke Settings> Apps> All> Google Play Store dan clear app cache and data. Juga clear cache dan data dari Google Services Framework.

Google Play Store Error Code 919

Masalah
Muncul pesan kode error 919 : “Unknown error code during application install: 919” atau “Kode kesalahan yang tidak diketahui selama aplikasi menginstal: 919, jadi bisa download aplikasi namun tidak terbuka setelah terdownload.

Solusi
Beri lebih banyak free space pada memori microSD Android kamu. Hapus dan hilangkan semua data yang tidak perlu, seperti musik, video atau aplikasi besar.

Google Play Store Error Code 921

Masalah
Muncul pesan kode error 921 : “Upade for apps could not be downloaded due to an error:921” atau mungkin “Unknown error code during application install:921” atau “Kode kesalahan yang tidak diketahui selama menginstal aplikasi”, sehingga kamu tidak bisa men-download sebuah aplikasi.

Solusi
Coba hapus cache dari aplikasi Google Play Store. bila ini tidak sukses, coba hapus semua data aplikasi Play Store, tapi harap diketahui bahwa akibatnya akan menghapus semua pengaturan yang telah kamu buat. Sebagai usaha terakhir, remove akun Google kamu, restart perangkat dan sign in ke Google Account lagi. Untuk beberapa masalah Play Store, kamu harus menghapus dan mengembalikan Akun Google kamu.

Google Play Store Error Code 923

Masalah
Muncul pesan kode error 923 : “App could not be downloaded due to an error 923” atau “App tidak bisa diunduh karena kesalahan 923”. Download mustahil: kesalahan ketika sinkronisasi akun Google kamu atau cache memori tidak cukup.

Solusi
Hapus akun Google kamu dan hapus aplikasi yang tidak berguna yang banyak menghabiskan space memori smartphone. Berikutnya, reboot perangkat kamu dalam recovery mode. Pilih wipe cache partition dan memulai perangkat kamu seperti biasa. Jangan khawatir, data pribadi kamu tidak akan dihapus. Set up akun Google kamu sekali lagi.

Google Play Store Error Code 927

Masalah
Muncul pesan kode error 927 : “App could not be downloaded due to an error 927” atau “App tidak bisa diunduh karena kesalahan 927”. Tidak bisa download karena update dari Play Store sedang berlangsung.

Solusi
Tunggu beberapa menit hingga Google Play Store benar-benar complete diupgrade. bila masalah berlanjut, masuk ke setting, lalu Apps, geser ke pilihan “All” dan cari Google Services. Tekan pada clear data dan lalu force close. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store.

kamu mungkin telah menebak sekarang bahwa ada cara standar mengurangi beberapa kesalahan ini dan bila ada masalah selain yang disebutkan di atas, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah yang sama. Selalu berhati-hati ketika menghapus data atau melakukan reset pabrik / data, karena ini akan menghapus foto yang tersimpann, file, kontak, dll, jadi pastikan kamu membuat backup cadangan semua data kamu terlebih dahulu.

Google Play Store Error Code 941

Masalah
Muncul pesan kode error 941 : “Google play services could not be downloaded due to an error 941” atau “Google play services tidak bisa diunduh karena kesalahan 941”. Kadang-kadang, kamu melihat error 941 yang menjengkelkan ketika sedang memperbarui aplikasi dari Play Store. Hal ini disebabkan beberapa Interupsi selama update yang akan terus menghentikan kamu dari mengupdate aplikasi.

Solusi
Buka Settings > Apps > All > Google Play Store, lalu clear cache dan data. Di tempat yang sama, scroll ke bawah dan pilih Download Manager, lalu clear cache dan data. Coba update lagi.

Google Play Store install error Code 961

Masalah
Muncul pesan kode error 961 : Unknown Error Code During Application Install: “961” atau Unknown Error Kode Selama Instal Aplikasi: “961”. Masalah ketika menginstal aplikasi Android dari Play Store.

Solusi
Pertama, bisakan pengembalian dana dari Play Store, yang bisa kamu lakukan dalam waktu 15 menit dari pembelian. Untuk melakukan ini, pilih opsi pembayaran di Play Store. Berikutnya, masuk ke pengaturan perangkat kamu dan pilih Aplikasi dan geser kiri hingga kamu melihat ‘All’. Sekarang scroll ke bawah untuk mencari Google Play dan memilihnya. Di sini, hapus cache. bila masalah terus berlanjut, coba untuk menghapus data.

Google Play Store Error DF-BPA-09 ‘Error Processing Purchase’

Masalah
Muncul pesan kode error DF-BPA-09 : “Error Processing Purchase: DF-BPA-09”. Kesalahan error Google Play memproses transaksi Purchase DF-BPA-09 pada ketika membeli aplikasi di Play Store Sangat sering terjadi ketika mencoba untuk men-download sebuah aplikasi. Masalah ini tidak akan hilang bila kamu hanya mencoba men-download lagi, sehingga kamu akan perlu untuk masuk ke pengaturan.

Masalahnya bukan karena pengguna, tapi pada Google Play sendiri, jadi kami berharap error ini akan diperbaiki dalam waktu dekat. Sementara itu, di sini adalah apa yang bisa kamu lakukan:

  • Pergi ke Pengaturan perangkat kamu
  • Tekan pada Aplikasi atau App Manager (nama bervariasi tergantung pada perangkat kamu).
  • Geser ke kolom “All”.
  • Gulir ke bawah hingga kamu melihat Google Services Framework
  • Kemudian pilih ‘clear data’ dan lalu OK.

Jika ini tidak sukses, pergi ke situs Google Play pada PC kamu dan menginstal aplikasi yang bermasalah pada smartphone atau tablet dari sana. Setelah melakukannya, maka pada perangkat Android kamu, install bisa dilakukan kembali.

Masalah Error Unfortunately Google play store has stopped

Masalah
Muncul pesan error : “Unfortunately Google play store has stopped”. Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering ditemui pada perangkat smartphone atau tablet Android. Masalah ini mungkin muncul karena berbagai alasan dan karena itulah, kamu mungkin perlu mencoba beberapa solusi hingga kesalahan tersebut diperbaiki.

Kemungkinan Penyebab Error

  • Bagian-instal aplikasi: sesuatu yang tidak beres pada file instalasi sebuah aplikasi
  • /mnt/sdcard penuh
  • Data aplikasi rusak
  • binari rusak
  • Part-installed apps: something went wrong part-way through installing an app
  • /mnt/sdcard is full
  • Corrupted app data
  • Corrupted binaries

Solusi 1: Hapus aplikasi dan menambah free space
bila kamu telah menginstal terlalu banyak aplikasi pada perangkat kamu, memori perangkat kamu mungkin penuh dan mungkin menyebabkan aplikasi Play Store berhenti berfungsi atau mengakibatkan gagal download aplikasi. Untuk memperbaiki masalah coba hapus beberapa aplikasi dan data supaya tersedia beberapa ruang kosong.

Solusi 2: Nonaktifkan Play Store, Clear Data dan Cache
Sekarang inilah cara yang paling umum dilakukan untuk memperbaiki Unfortunately Google play store has stopped error.

  • Buka Pengaturan perangkat kamu.
  • Sekarang mencari Apps / Aplikasi di menu Settings dan tekan itu.
  • Geser halaman aplikasi dari kanan ke kiri untuk melihat daftar All aplikasi pada perangkat kamu.
  • Sekarang scroll ke bawah ke Google Play Store app dan sentuh.
  • Pada halaman Info App, ketuk Hapus cache, lalu force stop dan lalu tombol Disable. bila kamu melihat pilihan Uninstall updates, biarkan uninstall dan lalu restart app. Reboot perangkat Android dan periksa apakah sudah tidak error lagi.
  • Jika masalah masih berlanjut, buka Settings> Apps> All> Google Play Store lagi dan tekan Clear data. Reboot telepon dan coba lagi.

Solusi 3: Reset Akun Google kamu
Apakah kamu masih mengalami error “Unfortunately Google play store has stopped”? Ada satu cara memperbaiki lagi untuk dicoba.

  • Buka Settings> Accounts & sync> Google.
  • Pencet Google mail ID.
  • Sekarang tekan ikon menu 3-Dot di atas layar (pada perangkat Samsung, tekan tombol Menu) dan pilih opsi Remove account.
  • Sekarang kembali dan coba buka aplikasi Google Play Store.
  • Masuk dengan akun Google kamu ketika diminta.
  • Selesai!

Solusi 4: Instal ulang Play Google
Kadang-kadang masalah error “Unfortunately Google play store has stopped” disebabkan oleh binari Google Play Services yang rusak. kamu bisa dengan mudah memperbaikinya dengan menghapus data aplikasi melalui Settings> Apps> Google Play Services atau dengan menginstall ulang aplikasi.

Solusi 5: flash Google Apps
bila kamu menggunakan CM, AOSP, AOKP, Omni, Slim atau kustom ROM lain pada ponsel atau tablet, dan lalu mengalami trouble error “Unfortunately Google play store has stopped”, kamu harus mencari Gapps (aplikasi Google) flashable zip terbaru berdasarkan versi Android ROM kamu.

Kami sarankan menginstal paket GAPPS yang direkomendasikan atau disediakan oleh pengembang Custom ROM. Setelah download paket zip aplikasi Google, flash / install menggunakan CWM / TWRP / PhilZ recovery, dan reboot perangkat smartphone atau tabletAndroid.

Demikian beberapa kumpulan error yang sering terjadi pada Google Play Store beserta kode eror-nya, terima kasih telah membaca Cara Memperbaiki dan Mengatasi Error Google Play Store. Pernahkah kamu menemukan masalah error Google Play Store lainnya? beritahu kami melalui komentar di bawah.