Teknologi Tips

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat 1

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat – OS Android 7.0 Nougat memang belum hingga ke semua perangkat namun bila kamu baru saja membeli perangkat Nexus atau Google Pixel, kamu akan menikmati OS Android baru yang telah menghadirkan berbagai fitur menarik dan bermanfaat untuk membantu kamu mendapatkan pengalaman smartphone terbaik kamu. Pembaruan ini tersedia sejak Agustus dan versi update dari Android 7.1 Nougat juga diluncurkan untuk memperbaiki beberapa bug dan gangguan yang dihadapi di Nougat versi 7.0. Namun, pengguna Pixel dan Nexus telah terlihat mengeluh tentang beberapa masalah pada Android Nougat yang umum terjadi selama ini. Masalah tersebut tercantum di sini bersama dengan potensi perbaikan mereka untuk membantu pengguna menyingkirkan masalah tersebut.

Android Nougat mungkin tidak berada pada sejumlah besar handset ketika ini, namun bila kamu mempunyai perangkat Asus, Essential, General Mobile, Nokia, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, Sony, Nexus atau perangkat Pixel, mungkin kamu sudah mengalami beberapa trouble. bila pengalaman Nougat kamu sudah lumayan lama, maka akan tahu bila ini adalah masalah yang paling sering dilaporkan dan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat 2

Android, tidak seperti iOS, dipasang di berbagai handset dengan berbagai jenis skin dan add-on yang terpasang, jadi tidak mudah untuk menentukan solusi spesifik. Yang mengatakan, ada beberapa prinsip umum yang bisa kamu ikuti terlebih dahulu, sebelum kamu menghubungi pembuat handset atau operator jaringan kamu secara langsung.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Daya Baterai Cepat Habis

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat 3

Ini adalah salah satu masalah yang paling sering dilaporkan oleh penguna Nougat awal, dan juga salah satu masalah tersulit yang harus dijabarkan, karena ada begitu banyak potensi penyebabnya, mulai dari aplikasi yang corrupt ke ponsel yang berumur tua.

Selain menunggu pengoptimalan baterai yang lebih baik supaya perangkat kamu hingga di update perangkat lunak berikutnya, langkah pemecahan masalahnya sama seperti versi Android lainnya. Cobalah mencopot pemasangan atau uninstal aplikasi satu per satu untuk melihat apakah masalah hilang, atau sebagai upaya terakhir dengan mencoba penyetelan ulang pabrik (setelah mencadangkan semua data kamu terlebih dahulu).

bila kamu lebih suka tidak uninstal dan menginstal ulang aplikasi atau menghapus keseluruhan sistem operasi, maka kamu bisa meredupkan level kecerahan layar smartphone kamu, mengurangi waktu kunci layar bila tidak digunakan, menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth kapan pun kamu tidak menggunakannya, dan memanfaatkan mode pesawat terbang dengan bijaksana untuk mencoba menghemat dan mendapatkan sebanyak mungkin daya tahan baterai.

Masuk ke menu Battery di Settings untuk melihat aplikasi yang mempunyai prosentase paling besar penggunaan daya baterai kamu, dan aktifkan fitur penghemat baterai Nougat, yang akan memberi kamu penghematan daya baterai beberapa menit sebelum handset kamu mati.

Ini mungkin adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh banyak pengguna ponsel Android 7.0 Nougat. Inilah solusinya.

Solusi Mengatasi Masalah Daya Baterai Cepat Habis:

  • Hal utama yang harus dilakukan adalah: kurangi tingkat kecerahan layar display smartphone, kurangi waktu mengunci layar otomatis, matikan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth ketika tidak digunakan dan tutup semua aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan di latar belakang.
  • Langkah berikutnya adalah memeriksa apakah kamu telah mengaktifkan fitur penghemat baterai pada handphone Android Nougat kamu. bila tidak, masuklah ke menu pengaturan baterai dan pastikan fitur penghemat baterai diaktifkan.
  • Langkah terakhir cari opsi pengoptimalan baterai dengan membuka Settings > Battery dan ketuk pada tiga titik vertikal. Setelah melakukannya, maka opsi Battery optimization akan terlihat. Periksa bila ada aplikasi yang belum diubah fitur penghemat baterai, sekarang pencet pada tiga titik dan pilih Reset app preferences, tips ini mungkin bisa memperbaiki masalah daya baterai cepat habis.

Masalah Notifikasi Layar atau Display Ambient tidak menyala

Ini adalah masalah lain yang dihadapi oleh sebagian besar pengguna smartphone Android Nougat dan menurut mereka, layar tidak menyala ketika ada notifikasi pada device. Biasanya perangkat HP Android Nougat tidak mempunyai fungsi untuk menampilkan notifikasi pemberitahuan tampilan Ambient seperti ketika digunakan, dan dihidupkan hanya bila ada pemberitahuan yang diterima. Namun akungnya bagi banyak pengguna, tampilan tidak menyala setelah kedatangan notifikasi.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Layar atau Display Ambient tidak menyala :

  • Anda bisa melakukan reset pabrik dengan membuka Settings > Back up & reset > Factory data reset dan lalu atur perangkat dari awal untuk melihat apakah bisa memperbaiki masalah. Tapi sebelumnya, lakukan backup data kamu.
  • Hal lain yang bisa kamu coba adalah menghubungi tim support dan mendapatkan unit pengganti. Untuk itu menuju pengaturan dan swipe ke kiri untuk mendapatkan tab support yang akan membantu kamu mendapatkan unit pengganti.
  • Terakhir, kamu bisa pergi untuk mendownload ambi-turner yang akan menghidupkan display segera setelah terangkat atau dikeluarkan dari saku.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Wi-Fi dan Bluetooth

Berbagai masalah telah dilaporkan di forum web, jadi sulit untuk mengetahui dengan tepat masalah apa yang mungkin ada dan belum ditemukan. Pertama mulailah dengan dasar-dasarnya. bila bisa tetapkan bahwa masalahnya benar-benar berkaitan dengan perangkat Nougat yang baru saja kamu tingkatkan. Coba tes ponsel atau tablet lain dengan Wi-Fi atau Bluetooth yang bermasalah. bila perangkat itu mengalami hal yang juga, maka ada yang tidak beres dengan jaringan atau koneksi Bluetooth kamu dan masalah bukan disebabkan OS Android Nougat.

Dalam beberapa kasus, melakukan forget pada jaringan Wifi yang terdeteksi di Android dan lalu menyambung kembali ke jaringan Wi-Fi atau perangkat Bluetooth bisa mengatasi masalah. kamu bisa melakukan forget pada jaringan yang bermasalah, baik di Wi-Fi atau menu Bluetooth di Settings.

Masalah konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth di Android 7.0 Nougat telah dihadapi oleh sebagian pengguna perangkat Samsung Galaxy S7, Pixel, dan Nexus sejauh ini dan solusi dasarnya tercantum di bawah ini. Namun sebelum mencoba memperbaiki masalah pastikan masalahnya hanya berkaitan dengan Android 7.0 Nougat kamu. Periksa dan cek dengan perangkat lain bila Wi-Fi atau Bluetooth menyebabkan masalah yang sama atau tidak, bila tidak maka masalahnya terletak pada perangkat atau OS kamu.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Wi-Fi dan Bluetooth:

  • Pertama matikan perangkat kamu, lalu tunggu beberapa detik dan nyalakan kembali untuk melihat apakah masalah teratasi atau belum.
  • Selanjutnya, nonaktifkan koneksi Bluetooth, Wi-Fi dan sekali lagi mengaktifkannya dan cek apakah mungkin memperbaiki masalah.
  • Jika dua solusi tersebut tidak bisa memperbaiki masalah, maka usahakan untuk disconnect jaringan dan menyambungkannya kembali. Untuk melakukannya, tuju Settings > More > Network settings reset > Reset settings dan lihat apakah bisa mengatasi masalah ini untuk kamu.
  • Masuk ke menu Settings perangkat kamu dan forget koneksi Bluetooth yang bermasalah. Langsung saja pilih menu Setting, lalu pilih koneksi Bluetooth yang sesuai dan sentuh Forget. Coba reconnect kembali perangkat Bluetooth.
  • Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Android 7.0 Nougat 4
  • Cara terakhir, lakukan reset pabrik dengan pergi ke Settings > More > Network settings reset > Reset settings dan pilih untuk menghapus semua data. Proses ini akan menghapus semua yang ada pada perangkat, sehingga lakukan backup data dan file sebelum melakukan proses.

Membersihkan system cache partition, tempat data sementara ponsel kamu disimpan, telah disarankan sebagai solusi dalam beberapa kasus (tidak akan menghapus data pribadi kamu).

Cara Membersihkan system cache partition :

  • Matikan dulu smartphone, lalu tekan dan tahan tombol Volume Down, lalu tekan dan tahan tombol Power untuk menghidupkan perangkat dalam mode recovery.
  • Saat kamu melihat pesan Start, tekan tombol Volume Down dua kali untuk menyorot mode recovery, lalu tekan tombol Power untuk memilihnya. ketika kamu melihat tanda seru Android dan tanda seru merah, tahan tombol Power dan tap tombol Volume Up.
  • Anda akan mendapatkan menu lain. Tekan tombol Volume Don untuk menyorot opsi wipe cache partition, dan tombol Power untuk memilihnya.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Kamera

Beberapa pengguna Android Nougat sering mengalami masalah dengan aplikasi kamera. Terkadang ketika aplikasi kamera dibuka, warna layar tetap hitam dan macet.

Ini adalah masalah menjengkelkan yang dihadapi oleh pengguna smartphone dan tablet Android Nougat v7.0 terutama ketika aplikasi kamera mulai error dan menunjukkan garis vertikal ungu dan merah jambu di layar, sehingga mencegah kamu mengambil foto. walaupun kamu mungkin memilih untuk mencari pengganti, namun beberapa solusi juga ada untuk membantu kamu mengatasi masalah ini.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Kamera:

  • Reboot perangkat, ini adalah cara yang mungkin memperbaiki masalah ini untuk sementara.
  • Terkadang hal itu terjadi karena masalah konektivitas jadi apa yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan mode pesawat dan mematikan lokasi juga untuk melihat apakah aplikasi kamera mulai bekerja dengan normal.
  • ‘Open Camera’ adalah aplikasi kamera pihak ketiga yang berguna yang telah memecahkan masalah ini sejauh ini.
  • Trik lain yang berguna adalah mematikan fitur pengoptimalan baterai untuk aplikasi kamera dan Google Photos. Ini bisa dilakukan dengan masuk ke Settings > Battery dan memilih menu navigasi tiga titik vertikal.
  • Jika itu tidak membantu, sebaiknya masuk ke pengaturan aplikasi kamu melalui menu Settings untuk menghapus cache dan data aplikasi kamera.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Aplikasi Crash

Masalah umum lain dari Android 7.0 Nougat adalah beberapa aplikasi sering mengalami crash dan unstable. Namun, ini adalah kesalahan kecil yang bisa dengan mudah diperbaiki dengan beberapa langkah mudah. Error yang terjadi adalah aplikasi tiba-tiba terhenti, freezing, ngehang atau nge-lag, bahkan hingga menutup sendiri.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Aplikasi Crash :

  • Uninstall aplikasi yang menjadi masalah kamu dan instal ulang untuk mengetahui apakah masalah telah sukses teratasi atau belum.
  • Selain itu, cobalah untuk menghapus cache aplikasi karena akan membuat status aplikasi menjadi bersih sehingga bisa membantunya kembali ke kondisi operasi normal.
  • Terakhir, cobalah untuk melakukan factory reset bila beberapa solusi di atas tidak ada yang bisa memperbaiki masalah aplikasi crashing.

bila secara keseluruhan itu adalah masalah OS yang kamu hadapi, maka sepertinya tidak terkait dengan aplikasi apa pun secara khusus. Jadi kamu bisa menunggu perbaikan melalui pembaruan Android Nougat resmi, melakukan reset pabrik melalui menu Backup & reset di Settings, atau instal factory image yang disediakan oleh Google. Sepertinya beberapa orang telah menemukan perbaikan dengan cara reflash Android 7.0 Nougat.

Cara mengatasi Play Store tidak bekerja:

  • Force close aplikasi Play Store.
  • Toggle wifi off dan lalu toggle on.
  • Toggle Airplane mode on, lalu off
  • Restart smartphone atau tablet kamu
  • Bersihkan Play Store cache
  • Bersihkan Play Store data

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Reboot secara random atau acak

Random reboot atau reboot acak adalah masalah utama lainnya yang dihadapi sebagian besar pengguna smartphone Android v7.0 Nougat dan mereka mengklaim bahwa perangkat mengalami eboot secara acak tanpa alasan sementara beberapa pengguna Android Nougat lainnya telah melaporkan bahwa perangkat mereka sering booting dalam recovery mode dan bukan di standar mode. Beberapa solusi dasar untuk mengatasi random reboot telah tercantum di sini.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Reboot secara random atau acak :

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan perangkat sepenuhnya, mencabut baterai, tunggu beberapa detik lalu hidupkan kembali. Sekarang lihat apakah masalahnya sudah sukses diperbaiki atau belum. Namun, perlu kamu ketahui bila ini adalah solusi perbaikan sementara.
  • Terlepas dari solusi-solusi di atas, tidak ada solusi lainnya dan yang harus kamu lakukan adalah membawa perangkat ke toko dari tempat kamu membelinya. bila perangkat masih dalam garansi, minta untuk menggantinya dengan perangkat lain.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Instalasi Android 7.0 Nougat

Pengguna menghadapi masalah ketika mencoba menginstal Android 7.0 Nougat di smartphone atau tablet mereka. Masalah ini sangat spesifik bagi pengguna Nexus karena hanya pengguna perangkat Nexus yang terlihat mengeluhkannya. bila prosedur pemasangan macet ketika kamu mencoba untuk update OTA (Over the Air), ikuti solusi yang disebutkan di bawah ini.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Instalasi Android 7.0 Nougat :

  • Pertama, coba force restart perangkat kamu. Ini mungkin bertindak sebagai keajaiban di ketika-saat tertentu dan membantu kelancaran proses instal OS Android Nougat di ponsel kamu.
  • Jika proses download macet, coba pause / restart. bila itu tidak membantu, periksa koneksi internet kamu.
  • Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi berkecepatan tinggi ketika kamu menginstal Android 7.0 Nougat di HP Android kamu.
  • Trik lain untuk dicoba adalah membiarkan baterai kamu benar-benar habis dan lalu mengisi baterai hingga 100%. lalu coba instal OS di perangkat baru kamu.
  • Jika itu juga tidak sukses bagi kamu, maka coba untuk menghapus cache partisi yang mungkin bisa memperbaiki masalah ini dan kamu bisa menginstal Nougat 7.0 dalam waktu singkat.

Berikut adalah cara menghapus partisi cache di smartphone:

  • Tekan tombol Power dan Volume down secara bersamaan dan terus menahannya hingga logo muncul di layar.
  • Saat panah besar terlihat di layar, mulailah menekan tombol volume ke bawah berulang kali hingga Recovery muncul di tanda panah itu.
  • Selanjutnya tekan tombol power yang akan membuat layar Android dengan terbuka menunjukkan segitiga merah dengan tanda seru.
  • Jangan lepaskan tombol Power dan pada ketika bersamaan tekan sekali tombol Volume Up. Sekarang lepaskan tombol power.
  • Daftar item akan muncul di layar. lalu hapus partisi cache dan pilih dengan menggunakan tombol power.
  • Tunggu beberapa menit dan biarkan ponsel kamu menyelesaikan prosesnya.
  • Stelah selesai, silahkan restart device kamu.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Charging atau Pengisian Daya Baterai

Masalah pengisian daya baterai juga sering terjadi. walaupun merupakan masalah Android 7.0 Nougat namun sebagian besar pengguna mengeluhkannya begitu mereka memperbarui perangkat dengan update Android Nougat versi 7.1.1. Menurut beberapa pengguna, mekanisme pengisian daya baterai tiba-tiba berhenti bekerja. Berikut adalah semua kemungkinan metode perbaikan untuk masalah itu.

Solusi Memperbaiki Masalah Charging atau Pengisian Daya Baterai :

  • Jika kamu menggunakan pengisi daya pihak ketiga, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi daya baterai dengan charger pengisi daya asli yang disertakan dengan perangkat ketika pembelian. bila stock charger sedang digunakan, maka disarankan untuk menggunakan charger lain dengan voltase yang sama.
  • Jika kamu menggunakan wall charger atau pengisi daya dinding untuk mengisi daya baterai perangkat kamu, maka coba untuk beralih dengan menggunakan USB, coba untuk charging baterai perangkat dari laptop atau komputer.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Data Seluler

Banyak pengguna telah menyatakan sejauh ini bahwa mereka tidak bisa memperoleh layanan data seluler setelah menggunakan Android 7.0 Nougat. Ini adalah masalah Android Nougat yang sangat menyebalkan. walaupun kamu bisa menggunakan Wi-Fi dan bukan data seluler, ada kalanya tidak ada pilihan lain selain data internet dari operator seluler, sehingga masalah error ini harus diperbaiki sesegera mungkin. Sebelum menghubungi customer service operator seluler kamu, berikut adalah beberapa solusi mudah untuk dicoba yang bisa mengatasi masalah ini dalam waktu singkat.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Data Seluler :

  • Reboot perangkat kamu. lalu turn off ponsel Android kamu, tunggu beberapa detik dan nyalakan kembali untuk melihat apakah proses ini bisa membantu kamu kembali mendapatkan sambungan data pada perangkat kamu.
  • Selanjutnya, atur perangkat dalam mode airplane yang akan mematikan semua koneksi. berikutnya matikan mode pesawat kembali, lalu sekarang periksa apakah masalahnya hilang atau belum.
  • Langkah berikutnya adalah menonaktifkan pilihan data seluler atau LTE kamu sekali dengan membuka setting dan lalu mengaktifkannya.
  • langkah terakhir bila tidak ada yang sukses untuk kamu, maka lakukan reset pabrik.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Lagging dan Performance Lambat

Pengembang telah membuat OS terbaru untuk menawarkan kinerja tercepat dengan berbagai fitur menarik. Tapi, bila kamu perhatikan perangkat kamu menjadi nge-lag maka kamu harus melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah masalah kinerja smartphone yang menjadi lambat atau lemot.

Solusi Memperbaiki Masalah Lagging Lambat :

  • Android 7.0 Nougat mempunyai tool RAM Manager yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa apa yang memperlambat kinerja perangkat. Alat ini tersedia di bagian Settings > Memory.
  • Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang disebut Qualcomm’s Trepn Profiler yang mengawasi aktivitas CPU perangkat.
  • Coba untuk menghapus partisi cache. Prosesnya telah dijelaskan di atas, jadi kamu bisa mengikuti instruksi yang disebutkan tadi.
  • Jika perangkat kamu penuh dengan file dan foto yang tidak perlu, video dll, maka menghapus file yang tidak penting akan membebaskan beberapa memori karena ini adalah salah satu penyebab utama yang memperlambat kinerja ponsel Android.
  • Jika semua solusi di atas tidak mengatasi masalah, maka kamu bisa melakukan factory reset.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah GPS

Masalah GPS ( Global Positioning System ) adalah masalah yang sangat umum terjadi pada perangkat Android Nougat terutama Samsung Galaxy, dan kami mulai melihat pengguna Nougat mengeluhkan koneksi GPS yang tidak bisa berjalan dengan baik dan terputus-putus. bila perbaikan sederhana yang telah kamu coba gagal, ketikanya meluangkan lebih banyak waktu untuk memecahkan masalah GPS kamu.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah GPS :

  • Pertama, coba toggling off fitur GPS melalui menu pengaturan kamu. Ini harus menyegarkan koneksi dan bisa menghilangkan masalah yang kamu lihat.
  • Jika itu tidak sukses, coba restart perangkat kamu. Sebuah restart cepat telah diketahui bisa membuat koneksi GPS menjadi baik. berikutnya, coba toggling Airplane Mode dan lalu matikan untuk melihat apakah itu bisa membuat jumpstarts koneksi GPS.
  • Jika kamu mengalami masalah dengan Google Maps, masuk ke Application Manager dan pilih Google Maps dari daftar aplikasi, lalu Pilih clear cache. kamu mungkin juga bisa mencoba memperbarui Google Maps bila kamu membersihkan cache belum menyelesaikan error GPS.
  • Jika itu tidak sukses, kamu perlu melakukan booting ke Safe Mode untuk memeriksa apakah ada aplikasi lain yang menyebabkan masalah pada GPS kamu.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Black Screen

Bug layar hitam yang tidak responsif memengaruhi banyak pengguna smartphone Galaxy yang menjalankan Android Marshmallow. akungnya, sepertinya ada masalah pada Nougat juga. bila layar kamu menjadi hitam, nge-blank, dan menjadi tidak responsif untuk disentuh, maka ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan sebelum menghubungi customer service device kamu.

Solusi Memperbaiki Masalah Masalah Black Screen :

  • Pertama, lakukan hard reset. Tahan tombol Power dan tombol Volume Down hingga telepon dinyalakan ulang sendiri. bila itu tidak sukses, mari kita coba cara yang lain.
  • Cobalah menekan tombol power, home, dan volume up. bila kamu menekan dan menahan dalam waktu cukup lama, kamu akan melihat logo ponsel dan menu recovery.
  • Setelah itu, gunakan tombol Volume Up perangkat untuk memberi highlight pada opsi Reboot system now dan lalu tekan tombol Power untuk memilihnya.

bila itu tidak sukses, coba biarkan baterai perangkat kamu habis. lalu colokkan ke pengisi daya bateraidan biarkan terpasang selama satu jam atau lebih sebelum melepasnya.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah Sound

bila kamu mulai memperhatikan masalah Sound perangkat kamu (tidak ada suara, teredam, dll) setelah menginstal Nougat, berikut ini beberapa hal yang perlu dicoba.

  • Pertama, pastikan gril speaker kamu bersih. Periksa debris atau kotoran kecil yang terdapat di dalamnya. bila kamu menemukan beberapa, bersihkan dan periksa apakah suara kamu berfungsi dengan benar lagi.
  • Jika itu tidak membantu, coba reboot sederhana. Matikan ponsel Android Nougat dan lalu nyalakan kembali untuk melihat apakah error sudah teratasi atau belum.

bila kamu mengalami masalah sound pada aplikasi tertentu, silahkan periksa update yang tersedia. bila ada yang tersedia, download untuk melihat apakah menyelesaikan masalah.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Masalah MicroSD Card

Pengguna Samsung Galaxy S7 Nougat kabarnya mengalami masalah kartu microSD yang parah. Terbukti, beberapa kartu microSD semakin rusak setelah beralih ke Android 7.0 Nougat. Tampaknya masalahnya ada kaitannya dengan enkripsi. bila kamu tidak bisa mengakses data pada kartu microSD kamu, dan kamu tetap tidak bisa mengakses data Micro SD card di smartphone atau laptop lain, sebaiknya restart perangkat dengan kartu microSD di telepon untuk mengetahui apakah itu bisa mengakhiri masalah.

bila tidak sukses, coba non-mount kartu microSD kamu dan restart perangkat kamu.

Masalah Usb Mirrorlink

Samsung S6 SM-G920I dengan OS Android 6.01 bekerja dengan baik di koneksi mirrorlink ke Honda Jazz 2015 aku. Tapi ponsel aku tidak bisa terhubung ke car audio system mobil aku lagi setelah update ke Android 7.0 nougat beberapa hari yang lalu. Layar touchscreen mobil aku menunjukkan keterangan “Smartphone not compatibl” atau “Smartphone tidak kompatibel”. Pada layar ponsel aku menjadi hitam dengan notifikasi “Your device and car are connected via MirrorLink” atau “Perangkat dan mobil kamu terhubung melalui MirrorLink”, namun tidak bisa mengakses menu di car audio aku. aku kembali menghubungkan dan me-restart ponsel & mobil aku berkali-kali namun tidak sukses. aku mencoba mengganti kabel USB dan memperbaiki Bluetooth, tetap tidak bekerja.

aku telah menghubungi Samsung Technical support. Jawaban mereka adalah fitur usb mirrorlink tidak berfungsi lagi sejak update Android 7 Nougat dirilis, walaupun menu setting ponsel Samsung masih mempunyai pengaturan opsional usb mirrorlink, mereka tidak bisa melakukan apapun mengenai hal itu. Itulah masalah Google.” Jadi, Android Nougat 7.0 mungkin tidak mempunyai fungsi Mirrorlink, terlepas dari factory reset atau tidak. Nougat 7 mengirimkan sinyal yang tidak dikenali oleh sistem audio mobil, aku juga tidak bisa memastikan apakah perangkat audio mobil aku tidak kompatible dengan OS Android Nougat 7.0.

Samsung seharusnya memperingatkan semua pengguna mengenai fungsi tersebut akan dihapus, sebelum mereka mengupdate firmware ke Android Nougat 7.0.

Masalah SMS Tidak Terkirim dan Tidak bisa Menerima SMS

aku mempunyai MotoG4, yang dibeli pada tahun 2016, sejak ketika membeli tidak ada masalah hingga aku memperbarui Nougat dari Marshmallow 3 bulan yang lalu, dan aku mengalami masalah pesan teks sms. Ponsel aku tidak bisa menerima beberapa sms setelah di-upgrade ke Android Nougat. Jadi ini masalah intermiten, namun mengerikan. Ini mengganggu pekerjaan dan rumah aku karena orang-orang di kantor atau klien sering menghubungi aku melalui sms messaging dan aku tidak sadar! Apa yang bisa dilakukan? aku telah melihat bahwa sebuah rest pabrik tidak bisa memperbaikinya. aku melihat bahwa ini tidak terisolasi untuk operator tertentu.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah SMS :

  • Pastikan kamu telah mematikan Airplane mode.
  • Kemudian coba telfon nomor keluarga kamu. bila kamu memperoleh notifikasi “your phone is in airplane mode and do you want to continue with the call”, silahkan pilih ‘Yes’.
  • Matikan ponsel dan lalu hidupkan lagi
  • Setelah itu delete semua pesan sms yang tersimpan di kotak inbox, outbox, dan pesan terkirim.

Masalah Finger Print Lock

Masalah lain untuk apa yang aku cari seminggu, aku telah mengaktifkan kunci sidik jari. Tapi ketika aku mengunci ponsel dengan menekan tombol Power, ponsel tidak benar-benar menguncinya hanya muncul tombol pengunci di layar dan aku harus menekan tombol ini lagi untuk mengunci. Ponsel lainnya tetap terbuka dan bisa dengan mudah unlock dengan hanya dengan menggesek layar. aku melihat setiap pilihan di setting tapi tetap tidak bisa menemukan solusinya. Ponsel Android aku seharusnya terkunci ketika aku menekan tombol power tapi ternyata tidak.

Solusi Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Finger Print Lock :

  • Buka Setting dan pencet pada ikon search.
  • Ketik instantly
  • Muncul opsi “Lock instantly with power key”, silahkan Pilih opsi ini.
  • Anda akan dibawa ke Lock screen. Scroll layar ke bawah dan pilih – Lock instantly with Power key.

Itulah beberapa masalah besar yang kami hadapi dalam perjalanan kami di seluruh web, namun sepertinya ada banyak jenis masalah kecil lainnya yang muncul, seperti yang sering terjadi ketika versi baru Android diluncurkan.

Perbaikan yang paling sederhana dan paling jelas adalah terus memeriksa update, tidak hanya untuk Android sendiri tapi juga untuk semua aplikasi yang telah kamu instal. Setiap bug resmi yang telah diidentifikasi akan diperbaiki dengan cara ini.

Beberapa tutorial yang ada di web-web bisa membantu juga: sespesifik mungkin dalam pencarian web kamu (ponsel, model, bug yang tepat dan sebagainya) untuk mencoba dan menemukan orang lain terjebak dengan gangguan yang sama seperti kamu. bila kamu tidak bisa menemukan laporan yang ada, coba membuat thread pertanyaan tentang bug itu sendiri melalui saluran yang sesuai.

Baca juga artikel memperbaiki masalah Android lainnya :

Jadi, masalah Nougat Android 7.0 yang paling umum dengan solusinya telah tercantum dan dibahas di sini. bila kamu menghadapi masalah di atas, coba ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan ini akan membantu kamu mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone Android 7.0 Nougat. Selain itu, kamu bisa mengajukan komplain dan pengganti bila masih dalam masa garansi.