Cara Mengatasi Error Instagram An Unknown Network Error Has Occurred

Posted on

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Error Instagram An Unknown Network Error Has Occurred – Instagram adalah aplikasi jejaring sosial sharing foto online terpopuler di dunia. Aplikasi ini telah memberi cara yang baik untuk bisa terhubung dengan teman dan keluarga melalui foto. Situs sosial media online ini baru saja mengambil alih dominasi dunia berbagi foto ke tingkat yang baru. Tapi terkadang halaman situs Instagram menunjukkan berbagai macam pesan Error. “An Unknown Network Error Has Occurred” atau “Galat Jaringan Tidak Dikenal Telah Terjadi” adalah salah satu kesalahan atau error yang terjadi ketika membuka Instagram. bila kamu adalah salah satu pengguna yang menemukan kesalahan ini, maka kamu telah tiba di tempat yang tepat untuk mendapatkan solusi atas permasalahan ini. Di sini, aku akan memberitahu kamu beberapa metode untuk Memperbaiki Kesalahan Instagram “An Unknown Network Error Has Occurred” atau “Galat Jaringan Tidak Dikenal Telah Terjadi”.

Error pada ketika mengakses situs Instagram ini biasanya terjadi pada ketika register, login, dan ketika koneksi internet lambat atau terputus. Tiba-tiba saja, kamu menerima Kesalahan Instagram “An Unknown Network Error Has Occurred” pada ponsel Android kamu, “Couldn’t Refresh Feed” atau “Cannot refresh feeds” ketika kamu masih terhubung dengan jaringan Wi-Fi kamu dan semua aplikasi lainnya berfungsi dengan baik. Namun, tetap saja, tidak mungkin kamu bisa mengakses akun Instagram kamu, mengeposkan gambar, meload halaman, membuat update status, dan menyegarkan umpan.

Cara Mengatasi Error Instagram An Unknown Network Error Has Occurred 1

Kadang pengguna Instagram juga tidak menyadari bahwa perangkat yang digunakan sedang tidak ada upload dan download paket data internet, walaupun masih terkoneksi dengan jaringan internet Wifi, modem, maupun LAN. kamu mungkin terhubung ke jaringan nirkabel namun tidak mempunyai akses ke paket data internet. Dalam jaringan, khususnya ketika kamu terhubung ke jaringan nirkabel, kamu perlu mempertimbangkan untuk memeriksa gangguan jaringan internet Wifi.

Jangan menyimpulkan bahwa kamu sudah tidak bisa memperbaiki error akun Instagram ini hanya karena mencoba satu metode saja. aku sarankan kamu untuk mencoba setiap metode yang ada, karena faktor penyebab error ini bisa bervariasi pada setiap pengguna Instagram. Selain itu, metode yang berbeda telah bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah yang sama pada orang yang berbeda. Tidak ada keraguan bahwa aplikasi ini hebat, tapi ada kalanya beberapa kesalahan langka terjadi. Masalah ini biasanya bisa diperbaiki oleh pembaruan update aplikasi Indtahram yang ditawarkan oleh aplikasi. Tapi terkadang, kesalahan ini disebabkan oleh beberapa masalah dengan perangkat lunak atau perangkat keras yang kamu gunakan di aplikasi ini.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Error Instagram An Unknown Network Error Has Occurred

Ada kemungkinan bahwa mungkin ada masalah dengan aplikasi ketika kamu mencoba login ke dalam akun Instagram, namun kesalahan ini hanya terjadi sesekali saja dan selalu diperbaiki dalam beberapa menit. Tapi mungkin juga terus menerima error selama berjam-jam dan kamu tidak bisa masuk ke akun Instagram kamu. Tiba-tiba kamu mungkin menerima pesan error yang mengatakan “An Unknown Network Error Has Occurred” dan ini ketika teman kamu bisa menggunakan Instagram dan tidak mengalami error apa pun. Jadi apa solusinya? berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki masalah error login Instagram.

Cara Mengatasi Error Instagram An Unknown Network Error Has Occurred 2

Metode 1 : Restart Device kamu

Kadang hanya dengan me-restart atau memulai kembali perangkat kamu bisa memecahkan masalah. Jadi, mengapa tidak mencobanya sekali ini? Carau untuk restart kembali perangkat kamu:

  • Buka kunci layar perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol “Power” hingga sebuah menu muncul.
  • Pilih “Power off”.
  • Tunggu perangkat hingga mati.
  • Tunggu 10 detik, lalu tekan dan tahan tombol “Power” untuk menghidupkan kembali perangkat.
  • Setelah itu, coba hubungkan dengan aplikasi lagi. Ini bisa memecahkan masalah error pada Instagram yang kamu hadapi.

Metode 2 : Cek Koneksi Internet

Banyak user telah menemukan fakta bahwa kesalahan tersebut disebabkan karena masalah di koneksi internet WiFi. Pastikan koneksi internet kamu bekerja dengan baik dan mempunyai kecepatan yang baik karena banyak pengguna telah menemukan bahwa Error ini disebabkan karena koneksi internet yang lambat atau lemot. kamu juga bisa mencoba koneksi internet kamu dari WiFi ke Mobile Data dan sebaliknya, selain itu juga coba restart koneksi internet (Anda juga bisa mematikannya dan lalu tekan tombol connect lagi) dan ini telah bekerja dengan baik untuk banyak pengguna. bila kamu masih menemui error, maka coba koneksi internet lainnya untuk membuka aplikasi Instagram.

Catatan: bila kamu terhubung ke Wi-Fi maka lebih baik restart router kamu. Matikan router selama 5 menit dan lalu nyalakan kembali. Ini seharusnya bisa fix errornya (jika masalah berkaitkan dengan Wifi / router).

Metode 3: Hapus Cache dan data aplikasi Instagram

Cache aplikasi dan data mungkin rusak sehingga kita melihat error. Menghapus cache dan data bisa memperbaiki error, jadi mari kita coba membersihkan cache aplikasi dan data. Cukup ikuti langkah di bawah ini untuk menghapus cache dan data.

  • Buka Setting > Masuk ke Application Setting (Di beberapa perangkat, pengaturan aplikasi dinamakan sebagai Apps).
  • Kemudian buka All > cari opsi Instagram > Clear Cache and Data
  • Setelah kamu clear cache dan data, berikutnya kamu harus menekan tombol Force Stop untuk aplikasi Instagram.

Membersihkan cache dan data seharusnya memperbaiki masalah kamu. bila akun Instagram kamu masih mengalami Error, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Metode 4: Cek Tanggal dan Waktu

Dalam banyak kasus telah diketahui bahwa error disebabkan karena Tanggal dan Waktu yang salah. Jadi, pastikan kamu mengatur tanggal dan waktu yang benar. Juga tip tambahan diberikan di bawah ini. kamu bisa mengikuti itu bila Waktu dan Tanggal kamu benar.

  • Masuk ke Settings > Date & Time
  • Tekan tombol Enable Automatic Date and Time.

Sekarang, periksa aplikasi Instagram, bila kamu masih mendapatkan error yang sama, silahkan coba langkah di bawah ini.

  • Tetapkan perangkat ke manual dan tetapkan pengaturan tahun menjadi 4 tahun ke depan, lalu buka aplikasi.
  • Setelah aplikasi dibuka tanpa Error, kembali ke pengaturan waktu dan reset ke “Automatic”

Metode ke 5 : Update Aplikasi Instagram

Tips lain yang bisa kamu coba adalah meng-uninstall aplikasi dan menginstal ulang versi terbaru. kamu juga bisa mencoba mengupdate aplikasi tanpa menguninstallnya. Cobalah mengunduh aplikasi dari Google Play atau App Store dan jangan dari sumber yang tidak dikenal. Setelah kamu memperbarui aplikasi Instagram kamu, cobalah masuk ke akun kamu dan periksa apakah masalahnya telah teratasi atau belum.

Seringkali error dan banyak masalah lainnya yang terkait dengan aplikasi bisa diperbaiki di versi terbaru / aplikasi yang diupdate. Jadi, bila update telah tersedia, maka kamu harus seger mendownload dan menginstallnya. Banyak pengguna telah memperbaiki masalah mereka hanya dengan memperbarui aplikasi Instagram mereka.

bila tidak ada update yang tersedia maka kamu bisa uninstall dan lalu menginstall ulang aplikasi.

Metode 6: Buka Instagram di perangkat desktop

bila kamu mengalami masalah ketika log in ke akun kamu, kemungkinan ada masalah pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses Instagram. Jadi, mencoba login ke akun kamu dari perangkat lain bisa jadi sangat membantu. Instagram menawarkan versi desktop yang juga yang bisa kamu gunakan dalam situasi ini. bila kamu belum mempunyai versi desktop, silahkan unduh Instagram desktop for Windows 10 dan install di laptop atau komputer kamu. Setelah selesai mendownload dan menginstal aplikasi di komputer kamu, coba masuk ke akun kamu. kamu juga bisa membuka Instagram di browser desktop, ikuti tutotial ini: Cara Upload Foto Instagram Lewat PC Tanpa Software

Metode ini akan membantu kamu mengakses akun Instagram kamu, namun di komputer kamu. Tapi bila kamu perlu memperbaiki kesalahan Instagram pada ponsel kamu, cobalah tips berikutnya.

Metode 7 : Nonaktifkan sementara Akun Instagram kamu

Menonaktifkan sementara akun kamu bisa membantu kamu mengatasi masalah masuk kamu. Untuk melakukannya, login ke akun kamu melalui desktop Instagram.

  • Buka Settings > “Temporarily Disable My Account”
  • Pilih Login Issue dan lalu konfirmasikan untuk menonaktifkan akun kamu.

Sekarang kamu perlu menunggu beberapa jam dan jangan login ke akun Instagram kamu dulu. Setelah menunggu beberapa jam, sekarang coba login ke akun Instagram kamu di smartphone kamu. Metode ini mampu mengatasi masalah error pada sebagian besar pengguna Instagram. namun bila kamu masih mempunyai masalah, aktifkan akun kamu melalui desktop Instagram dan coba tips berikutnya.

Metode 8: Reset ulang perangkat ke factory settings

bila semua metode yang disebutkan di atas tidak ada yang sesuai untuk kamu, satu-satunya pilihan terakhir yang tersisa untuk kamu adalah menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik. Ini akan menghapus semua aplikasi dan semua data kamu di ponsel kamu. Jadi, pastikan untuk melakukan backup yang benar untuk semua data kamu sebelum kamu mereset perangkat kamu.

Jadi, ini adalah beberapa metode untuk memperbaiki Instagram Error “An Unknown Network Error Has Occurred”. Mudah-mudahan kamu telah sukses mengatasi dan memperbaiki error pada akun Instagram ini. Beri tahu kami metode mana yang sesuai untuk kamu pada kolom komentar di bawah.