Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog

Posted on
Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog 1


1. Sulit Saat akan Memulai



Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog 2Mulai lakukan dan jangan ditunda-tunda



Hal ini sudah biasa terjadi sepertinya kepada siapapun dimanapun. Apalagi tipikal orang–orang tertentu selalu menunda-nunda hal-hal yang bisa dikerjakan sekarang. Tidak hanya urusan menulis, tetapi juga urusan pekerjaan, ibadah, memulai usaha atau lainnya tak jarang ditunda-tunda juga. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah diri kamu sendiri. Munculkan motivasi, bayangkan apa yang dapat kamu raih bila kamu tidak menunda pekerjaan dan bila kamu tidak menunda untuk menulis.


2. Sulit Mengatur waktu.


Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog 3Dream, set goal, action


Jika kamu sudah memulai, akan muncul kesulitan lain yaitu sulitnya mengatur waktu apalagi bila kamu mempunyai pekerjaan lain yang tidak ada kaitannya dengan menulis/ membuat blog. Buatlah skala prioritas, apa yang lebih penting dan apa yang bisa dikerjakan lebih mudah. Namun bila kegiatan kamu sudah terlalu padat dan kamu tersiksa dengan semua itu, mungkin sudah ketikanya kamu menngevaluasi pilihan hidup anda, bila memang kamu menyukai menulis tentu kamu akan meluangkan waktu untuk menulis seperti halnya kamu meluangkan waktu untuk hobi anda.

3. Sulit karena Mood. 

Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog 4Boost your mood and don’t let bad mood control you


Mood memang menjadi titik kamu memulai sesuatu, mood yang jelek terkadang membuat kamu tidak bisa berpikir ketika menulis. Jika seperti ini maka ada beberapa langkah untuk mengatasi mood jelek ini, pertama renungkanlah hal-hal apa yang dapat membuat mood kamu jelek dan hal-hal apa yang membuat mood kamu baik, hindari yang buruk dan lakukan yang baik, kedua beristirahatlah, terkadang aktivitas atau rutinitas kamu dapat membuat kamu jenuh dan mood memburuk maka kamu lebih baik beristirahat. 

4. Sulit karena Terlalu Banyak Aturan.


Cara Mengatasi Kesulitan-kesulitan Saat Menulis Blog 5
Salah satu kelebihan mempunyai blog adalah kamu dapat bebas mengekspresikan apa saja. Jadi kamu jangan terpaku dengan aturan-aturan atau pakem-pakem tertentu, misalnya aturan-aturan untuk membuat artikel/ feature/ laporan mendalam/ laporan khusus dan sebagainya. Mulailah menulis/ mengetik sebebas-bebasnya, temukan kenyamanannya dan temukan kesenangannya terlebih dahulu. Bebas dan bertanggungjawab. Latihlah kemampuan menulis kamu dengan menulis sebanyak-banyaknya, nanti ada waktunya ketika kamu memahami kenapa pakem-pakem tersebut ada.


5. Sulit karena Tidak Suka.

– minat dan motivasi –


Jika memang seperti ini maka kamu harus memunculkan minat dan motivasi. Minat muncul bila kamu menyenanginya, motivasi muncul bila kamu membutuhkannya. Lain halnya bila kamu memang tidak suka menulis. Tak usah diambil pusing lebih baik kamu tidak usah membuat blog 😀

Pandanglah kesulitan sebagai sarana kamu untuk melatih diri dan berkembang, jangan anggap kesulitan-kesulitan tersebut sebagai sebuah masalah. Selalu ingat kalimat mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang. Selamat Nge-BLOG!! 😀