Cara View Dan Manage App Permissions Android

Posted on

Cara View Dan Manage App Permissions Android – Android mengharuskan aplikasi membiarkan kamu tahu apa jenis perizinan yang mereka minta untuk mengotorisasi setiap kali kamu menginstal aplikasi Android dari Google Play Store. Beberapa pengguna Android mungkin memperhatikan isi App Permissions sementara yang lain hanya meliriknya dalam perjalanan mereka untuk memencet tombol “Instal”. Bagi kamu yang tahu apa maksud perijinan hak akses app dan bagaimana mereka mempengaruhi perangkat kamu, kamu sudah selangkah lebih maju dari permainan untuk menghindari perangkat lunak berbahaya.

Namun demikian, beberapa masalah yang melekat dalam metode ini: seperti disebutkan di atas, beberapa pengguna bahkan tidak membaca izin aplikasi atau tahu apa yang mereka memerlukan ketika mereka menginstal sebuah aplikasi. Juga, izin tidak bisa diambil untuk mana yang ingin kamu aktifkan. Mereka semua harus diberi ijin atau sama sekali tidak ada pilihan tipe ijin mana yang ingin kita aktifkan. bagaimana bila kita tidak ingin memberi izin aplikasi untuk mengakses beberapa fitur? Maaf, kamu tidak bisa menggunakan aplikasi itu. Selain itu, penyajian izin aplikasi tidak tepat ditata dengan cara yang terbaik. Semua izin tampak sama pentingnya, apakah itu mengakses sistem, waktu atau tanggal atau mampu mengumpulkan informasi dari daftar kontak kamu. Berapa banyak dari kamu yang tidak membaca rincian izin aplikasi ketika menginstal sebuah aplikasi?

Cara View Dan Manage App Permissions Android
Cara View Dan Manage App Permissions Android

Cek Ulang App Permissions Setelah Install Aplikasi

Sebelum menginstal sebuah aplikasi, daftar izin terlihat dan sementara mereka mungkin sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa menginstal aplikasi hanya untuk melihat dan mencoba saja. Setelah instalasi, kamu mungkin menemukan diri kamu menebak-nebak apa yang sebenarnya aplikasi tertentu akses dan ingin memeriksa sendiri. kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Masuk ke Settings > Apps > Downloaded untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat.
  • Memilih aplikasi secara otomatis akan menampilkan rincian tentang hal itu. List Izin akan terlihat dengan scroll ke bawah.
  • Jika kamu klik pada masing-masing hak akses, ringkasan kecil dari apa yang sebenarnya yang mereka maksud / lakukan akan muncul berbentuk halaman pop up.

Manage Permissions

Ini semua bagus dan keren untuk bisa melihat apa izin akses sebuah aplikasi mempunyai, tapi bagaimana bila kita ingin mengubahnya? Dengan beberapa “Permission Apps” kamu setidaknya bisa memberikan beberapa jenis kontrol ke dalam apa jenis izin sebuah aplikasi yang di-approve dan apa yang kamu anggap “tidak perlu” diijinkan. Perlu kamu sadari bahwa bermain-main dengan cara ini mungkin menyebabkan aplikasi berhenti bekerja, sebagai contoh aplikasi SMS tentu saja akan membutuhkan hak akses untuk membaca kontak dan mengirim pesan supaya bisa berfungsi dengan baik.

aSpotCat

Dengan aSpotCat, kamu bisa melihat dengan cepat dan mengkompilasi list dari semua aplikasi kamu yang menggunakan ijin akses dan tersortir menurut izin yang mereka akses dan juga menyediakan identifikasi yang baik mengenai apa fungsi izin sebenarnya dan bagaimana hal itu mempengaruhi perangkat Android kamu. walaupun kamu tidak bisa memodifikasi atau mengubah hak akses, itu adalah tool yang hebat untuk mendapatkan seluk beluk informasi mengenai apa yang aplikasi lakukan dan apa sebenarnya tujuan mengakses perangkat Android kamu. aSpotCat tersedia secara gratis dengan iklan atau sebesar $ 2,50 untuk versi premium. aSpotCat menawarkan pilihan filter penyaringan yang memungkinkan kamu dengan cepat melihat aplikasi yang sesuai dengan izin aplikasi mereka.

Advanced Permission Manager

Advanced Permission Manager melakukan satu langkah lebih lanjut di samping menunjukkan kepada kamu apa saja hak akses sebuah aplikasi yang mengakses, juga memberikan kamu kesempatan untuk mengubah atau bahkan menghapus izin akses tertentu tanpa memerlukan akses root Android OS. Aplikasi ini mempunyai beberapa keterbatasan karena tidak semua izin akses bisa dimodifikasi ketika menggunakan Advanced Permission Manager, namun memberikan alternatif cepat dan mudah untuk mereka yang belum me-root hp Android mereka. Advanced Permission Manager menawarkan alat yang kuat bahkan tanpa akses root.

F-Secure App Permissions

Aplikasi ini menawarkan sedikit lebih banyak di sisi filter penyaringan ketika digunakan untuk mencari tahu apa sebenarnya izin aplikasi gunakan. kamu bisa melihat izin yang mengurangi masa pakai baterai pada perangkat Android kamu, perizinan yang bisa request data data dan uang, serta menciptakan pencarian sesuai keinginan kita berdasarkan izin tertentu yang spesifik. F-Secure menawarkan tool analisis yang hebat untuk membantu kamu mengetahui apa yang aplikasi lakukan dengan hak akses fitur HP Android kamu.

Beberapa aplikasi lain dari catatan: Permission Friendly Apps adalah aplikasi gratis yang berkonsentrasi pada memberi kesempatan pengguna Android, menghormati privasi pengguna dan aplikasi yang mempunyai permintaan izin yang lengkap. Avast! Mobile Security & Antivirus juga menyediakan scanner yang menganalisa hak akses pada perangkat kamu, serta bisa sebagai program antivirus untuk smartphone Android kamu.