Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Google Chrome

Posted on

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Google Chrome – Browser Google Chrome hadir dengan fungsi zoom yang bisa memperbesar halaman web termasuk teks, gambar, video, dll. namun setiap halaman web harus diperbesar atau diperbesar secara manual. Zoom Hover bisa secara otomatis memperbesar ukuran foto dengan mouse di Chrome.

Apakah kamu seorang photoholic atau hanya suka menonton gambar kucing lucu online? Imgur dan Reddit adalah dua tempat di internet untuk memuaskan selera melihat gambar lucu harian kamu. Namun, pernahkah kamu merasa ketika menggunakan situs web ini kamu menghabiskan sedikit waktu ekstra di suatu situs karena harus membuka ratusan halaman supaya bisa melihat foto dan video dalam ukuran penuh? aku akan memberitahu kamu bagaimana cara zoom atau memperbesar foto dan video thumbnail di Google Chrome. Untuk melihat gambar dan klip video dalam bentuk yang diperbesar, kamu harus benar-benar mengeklik gambar dan membuka halaman baru. Ya, itu mungkin hanya membutuhkan setengah detik atau lebih dari satu detik, tergantung pada kecepatan jaringan kamu. Namun, itu masih membuang-buang waktu dan kuota paket internet dalam memuat halaman baru untuk melihat gambar dalam tampilan lengkapnya. Jadi, aku akan menunjukkan kepada kamu hari ini cara untuk membypass pekerjaan tambahan ini dan menghemat waktu ketika kamu menjelajahi situs web tersebut.

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Google Chrome 1

aku akan menunjukkan kepada kamu ekstensi Chrome yang bisa memperbesar ukuran gambar dengan hanya mengarahkan kursor kamu ke atasnya (hover kursor mouse). Dan, bukan hanya memperbesar foto atau gambar namun juga video. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita gali trik ini lebih lanjut.

Ekstensi yang akan kita gunakan disebut Hover Zoom+. Addons ini bisa memperbesar gambar, GIF, dan video ketika kursor diletakkan di atas tautan yang berisi gambar atau foto. Sebelum berbicara tentang ekstensi, mari kita cari tahu beberapa sejarah mengenai addons Hover Zoom+.

Jadi, Hover Zoom+ adalah open source versi gratis dari HoverZoom. HoverZoom adalah ekstensi pertama yang membawa konsep melihat foto atau gambar dalam bentuknya yang diperbesar pada tahun 2013. Ini menjadi populer sejak ketika awal diunggah di Chrome Web Store. Dengan lebih dari 900.000 pengguna, HoverZoom termasuk addons paling populer di Chrome Web Store. Hingga, dari keserakahan pengembang menempatkan dalam skrip untuk mengganti tautan iklan dengan kode afiliasinya sendiri dan juga mulai mencuri data pengguna. Yah, setiap kejahatan harus berakhir dan di sini, sumber itu sendiri mengakhiri kejahatan. Pada akhornya pengembang addons Hover Zoom menghapus ekstensi ini dari Chrome Web Store, dan sekarang hanya tersedia versi gratisnya yaitu Hover Zoom+.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan addons Hover Zoom+, karena ekstensi ini bersih dari virus dan terus dikembangkan setiap hari. Sekarang, mari kita lihat apa saja fungsi dan manfaat addons Hover Zoom+ bagi kita. Baca juga: Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox

Cara Mudah Zoom atau Memperbesar Foto Thumbnail di Google Chrome

Hover Zoom+ hanya memperbesar gambar yang mempunyai tautan atau link anchor yang menunjuk ke URL gambar. ketika kamu mengarahkan kursor ke gambar dan bila kursor berubah menjadi icon tangan maka gambar itu mempunyai tautan ke URL foto. Jadi, skrip tersebut benar-benar memanfaatkan anchor link tersebut untuk menunjukkan kepada kamu tampilan penuh dari foto atau gambar tersebut. kamu tidak akan bisa memperbesar gambar di situs yang tidak mempunyai tautan yang mengarah ke URL gambar. Download dan install Hover Zoom+ gratis dari Chrome Web Store.

Jadi, setelah kamu menginstal ekstensi, maka skrip akan memulai aksinya untuk zoom ukuran gambar menjadi lebih besar. walaupun kamu harus memuat ulang halaman web untuk mencobanya pada pemasangan pertama, tapi kelebihan addons ini adalah mendukung untuk digunakan pada sebagian besar layanan web.

Bukan hanya foto atau gambar namun bahkan tautan yang mengarah ke URL foto atau gambar juga akan diperbesar. Ada plugin khusus untuk setiap situs web yang didukungnya. kamu bisa memilih untuk selalu menampilkan gambar beresolusi tinggi, karena ini juga akan memengaruhi gambar GIF.

Fitur hebat lainnya adalah shortcuts yang bisa digunakan ketika gambar diperbesar. Pintasan ini dikenal sebagai Action Keys memungkinkan kamu menyimpan gambar, membuka gambar di tab / jendela baru, mengaktifkan zoom penuh, dan menavigasi melalui galeri gambar.

Cara pintas untuk memperbesar foto adalah Ctrl+ dan untuk memperkecil, kamu bisa menekan Ctrl-. Untuk memperbesar atau memperkecil menggunakan mouse, kamu bisa menahan tombol Ctrl dan gerakkan tombol gulir mouse ke atas atau bawah untuk memperbesar atau memperkecil.

Selain itu, dalam situasi ketika kamu menggulir Google images, Hover Zoom akan terus memicu zoom ketika kursor berada di atas foto atau gambar. namun kemungkinan kamu tidak ingin memperbesar semua gambar. Jadi, dalam kasus-kasus seperti itu, kamu bisa menggunakan tombol action key X untuk mematikan sementara Hover Zoom hingga kuncinya diunlock lagi.

Cara Mudah Zoom atau Memperbesar Video Thumbnail di Google Chrome

kamu juga bisa memperbesar video MP4 dan WebM. walaupun kamu tidak mendapatkan opsi seperti play / stop / forward atau tombol aksi apa pun untuk video yang diperbesar ini. Sangat membantu ketika melihat video di sidebar Google dan YouTube.

Katakanlah kamu mempunyai beberapa situs web di mana kamu tidak ingin addons Hover Zoom ini berfungsi. Jadi, kamu cukup menambahkannya ke daftar blacklist. Atau kamu bisa melakukan yang sebaliknya, cukup buat daftar whitelist situs web dimana Hover Zoom akan diaktifkan.

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Google Chrome 2

Masuk ke opsi Advanced, kamu akan mendapatkan opsi untuk menambahkan gambar / video yang dilihat dalam history Chrome.

Imagus adalah ekstensi yang mirip dengan Hover Zoom+ yang juga bisa memperbesar gambar dan video. Di Imagus, kamu mendapatkan lebih banyak fitur dengan menetapkan aturan tentang bagaimana ekstensi harus berperilaku untuk situs web tertentu.