Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox

Posted on

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox – Terkadang kita ingin memperbesar foto dan video yang terdapat pada sebuah halaman situs ketika browsing, misalnya seperti ketika membuka Facebook kita ingin setiap foto dan video yang kita lihat dalam mode zoom. Biasanya gambar yang muncul adalah berupa thumbnail dan ketika kita klik pada gambar, maka secara otomatis akan terbuka di tab baru dalam ukuran penuh. Tapi membuka gambar dan video dalam tab baru terus-menerus akan merepotkan dan menghabiskan banyak kuota internet, terutama bila halaman yang kita kunjungi mempunyai banyak foto dan video thumbnail. Untuk itu diperlukan cara untuk zoom foto dan video thumbnail pada tab browser Firefox yang sama.

Di berbagai situs telah tersedia berbagai macam script dan tweak untuk melihat image atau picture dalam mode zoom, tapi sebenarnya kita bisa menggunakan ekstensi browser untuk mendapatkan fitur zoom gmbar thumbnail, tentu saja lebih mudah untuk diinstal dan bisa dihapus dengan cepat. Di artikel ini kita akan membahas cara cepat dan mudah zoom atau memperbesar ukuran foto dan video thumbnail di Mozilla Firefox.

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox 1

Mozilla Firefox adalah browser internet terpopuler setelah Google Chrome. Browser Firefox mendukung berbagai fitur built-in dan add-ons untuk meningkatkan tingkat daya guna dan produktivitas user. Adapun cara supaya bisa mendapatkan fitur zoom foto dan video adalah dengan menginstal dan menggunaan addons Imagus. Trik ini adalah sebuah cara yang tepat untuk melihat foto dan video apapun dalam mode full size pada tab yang sama tanpa perlu membuka di tab baru (Open link in new tab). Baca juga: Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Google Chrome

Cara Memperbesar Fdan Video Thumbnail Di Mozilla Firefox

Imagus adalah tool addons thumbnail / image enlarger yang bisa menampilkan foto dan video ukuran penuh dalam bentuk pop-up ketika kamu mengarahkan mouse ke thumbnail atau link gambar dan video. Addons Imagus adalah pilihan yang terbaik untuk bermain aman dalam aspek-aspek tersebut dan Imagus adalah pengganti yang layak untuk fungsi yang sama. kamu juga bisa langsung mendownload foto yang telah dizoom, selain itu addons ini bisa digunakan di beberapa browser dan di situs web yang paling populer.

Download dan Install Addons Imagus gratis di sini.

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox 2

Objek yang bisa diperbesar ditandai dengan garis outline yang bisa dikustomisasi. Setiap aspek tentang bagaimana gambar yang diperbesar akan terlihat bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Dan yang paling penting, kamu bisa menonaktifkan fungsi untuk satu gambar atau seluruh sesi dengan hotkey yang bisa diatur secara custom.

Imagus juga menyertakan banyak mode pengaturan lain untuk foto dan video di browser Firefox kamu. Ini menggantikan penampil foto default dan kamu bisa mengatur ukuran yang akan ditampilkan (seperti fit to width), zoom dengan mouse wheel, mengubah warna latar halaman, dan banyak lagi. Coba untuk eksplorasi menu Settings dan kamu akan menemukan bahwa hampir setiap aspek Imagus bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Dalan menu preferences, terdapat banyak pilihan untuk mengatur fitur add-ons seperti kamu bisa mengatur delay atau waktu tunda sebelum foto dan video ditampilkan dalam ukuran penuh. kamu juga bisa mengatur presentase ukuran zoom, seperti zoom sebesar 100% atau Zoom 70%. Pada opsi pilihan enable atau disable, kamu bisa mengontrol situs web tertentu untuk di-enable atau disable. Misalnya, kamu tidak ingin aplikasi ini bekerja pada Twitter, hapus tanda centang pada pilihan Twitter. Imagus, bertindak seperti ekstensi “Hover Zoom” lainnya, dengan tiga keunggulan utama, menurut kami:

  1. Addons bisa bekerja di berbagai situs – Tidak seperti alat lain yang “spesifik situs web”, Imagus mendukung situs web apa pun yang kamu inginkan, dan ada daftar putih situs web yang ditentukan sebelumnya yang secara otomatis mengaktifkan tool tersebut. Daftar ini berisi situs web paling populer, termasuk Facebook tentu saja.
  2. Privasi – Dari apa yang kami lihat dan baca, ekstensi ini menjaga kerahasiaan dari data pribadi kamu.
  3. Dapat dikonfigurasi – Ini bukan ekstensi untuk pengguna biasa. Namun, setiap user akan bisa menikmatinya. Ada banyak pengaturan yang bisa dikustomisasi, dan mengulasnya ketika ini adalah cara terbaik untuk mempelajari tentang kemampuan ekstensi.

Berikut ini screenshot dari menu pengaturan yang bisa kamu atur sesuai keperluan kamu.

Cara Zoom atau Memperbesar Foto dan Video Thumbnail di Mozilla Firefox 3

Ada sekelompok besar pengembang yang membantu memperbarui ekstensi dan menjadikannya sangat bagus. Secara pribadi, kami beralih ke Imagus dan menghapus ekstensi zoom otomatis sebelumnya yang kami gunakan.

Imagus tersedia untuk beberapa browser paling populer, seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari, Maxthon. Pada Mozilla Firefox, mungkin addons ini adalah satu-satunya addons yang bisa memperbesar ukuran gambar thumbnail, setelah di tahun 2017 addons Thumbnail Zoom Plus sudah tidak bisa digunakan lagi di browser Firefox.

Addons Imagus merupakan plug-in Mozilla Firefox yang bisa bisa membuat foto dan video berubah menjadi ukuran penuh ketika kamu mempunyai thumbnail atau link foto dan video. Pop-up zoom foto dan video berukuran besar muncul pada tab browser Firefox yang sama sehingga kamu tidak perlu membuka atau klik pada foto dan video thumbnail untuk melihatnya dalam ukuran penuh. Situs-situs yang mendukung addons Imagus, antara lain Amazon, Baidu Images, Linkedln, Netflix, Facebook, Flickr, Bing Images, Google Plus, Google Images, Twitter, Instagram, Pinterest, Reddit, IMDb Twitter, Yandex, YouTube, Kaskus, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Olx, Wikipedia, Yahoo Images dan banyak lagi.