Tips

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 1

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 2Bekal untuk Mudik

Mendengar kata mudik, beberapa hal yang terbayang adalah macet, macet, macet, seru, dan suasana yang berbeda dari biasanya. Untuk menghalau rasa lapar atau berbuka puasa biasanya di tengah perjalanan beristirahat di tempat makan. Tapi masalahnya di sepanjang ratusan atau ribuan kilometer perjalanan itu, kadang tidak selalu ada tempat untuk makan apalagi malam hari. Untuk itu terkadang para ibu-ibu lebih baik membawa bekal makanan untuk dimakan ketika perjalanan mudik. Pilihan ini tepat karena selain untuk berhemat, juga tetap terjada higienis.

Berikut ini beberapa pilihan makanan yang dapat dibawa untuk bekal mudik. Makanan yang bergizi dan minuman yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama dalam perjalanan mudik.

1. Air putih

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 3Water

Sebagian besar tubuh manusia adalah cairan. Air putih menyeimbangkan cairan tubuh dan mempunyai fungsi vital dalam melindungi jaringan dan organ tubuh, mengatur suhu tubuh, membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel di tubuh anda. Selama perjalanan mudik usahakan untuk selalu menyediakan air putih, akan sangat berbahaya bila sampai dehidrasi.

Air putih dapat meningkatkan fungsi otak. Minum air putih membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak. Sebaliknya bila kekurangan cairan, maka akan cenderung sulit berkonsentrasi, lebih cepat lelah dan mengantuk.

Jika perkiraan mudik selama 9 jam setidaknya harus menyiapkan 1 botol air mineral per orang, ukuran 1,5 liter. Jika kurang kamu dapat membelinya di minimarket yang kamu temui di perjalanan. Namun bila itu perjalan malam hari, sebaiknya persiapkan ketika akan berangkat.

2. Sumber Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Terlebih untuk perjalanan jauh, akan memerlukan karbohidrat lebih banyak. Untuk mudik sebaiknya membawa bekal makanan sumber karbohidrat yang tidak mudah basi, misalnya lontong, roti, roti gandum, jagung rebus, ataupun nasi timbel. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang tidak akan mudah basi dibandingkan dengan yang dibungkus kertas ataupun plastik.

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 4Makanan dalam Kemasan

3. Sumber Makanan Berprotein

Pilihan baik makanan untuk bekal mudik adalah tahu, tempe, telur ayam, daging ayam, atau ikan. Makanan sumber protein ini sangat baik untuk regenerasi sel tubuh dan menjaga kesehatan otot. Agar lebih awet makanan tersebut dapat diproses dengan cara digoreng, tetapi jangan terlalu matang supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga dan tidak rusak.

4. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran sebagai sumber vitamin A, B, C, E dan K, serta sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran baik untuk pencernaan karena mengandung serat. Sebaiknya memasaknya dengan dikukus setengah matang atau ditumis tetapi tidak terlalu lama, supaya nutrisi di dalamnya tidak rusak karena proses memasak yang berlebihan. Hidangkan sebagai lalapan bersama dengan sambal favorit, atau ditumis tidak terlalu lama. Makanlah sayuran ini pada kesempatan pertama makan ketika mudik.

Untuk sayuran seperti buncis, sawi, kol, kubis, brokoli sebaiknya tidak terlalu banyak karena memicu gas dan asam lambung yang berlebihan.

5. Buah-buahan Sumber Vitamin

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 5Berbagai macam buah-buahan

Buah-buahan dapat menjadi cemilan yang menyehatkan selama perjalanan mudik. Ketimbang mengonsumsi snack yang isinya angin, lebih baik konsumsi buah-buahan. Untuk perjalanan mudik sebaiknya membawa buah-buahan yang tidak merepotkan ketika mengupasnya (atau tidak perlu dikupas), misalnya apel, jeruk, pisang, salak, lengkeng/ longan, dan pir.

Anda dapat membawa buah pepaya, semangka atau melon yang sudah dikupas sebelum berangkat mudik. Namun buah-buahan tersebut sebaiknya segera dikonsumsi, karena bila sudah dikupas akan terasa asam (basi) meskipun dikemas dengan rapi, khususnya buah pepaya.

6. Bekal ‘Bento’ ala Rumahan

Membawa Bekal untuk Mudik atau Perjalanan Jauh 6Makanan sehat ala rumahan

Jika memungkinkan kamu dapat membuat ‘bento’ ala rumahan. Bento disini maksudnya bukan makanan paket ala Jepang, tetapi kamu dapat membuat bekal nasi beserta lauk-pauknya dalam kemasan praktis. Istilah familiarnya mungkin ‘nasi box’. Buatlah paket makanan berisi nasi, ikan/ ayam/ telur, tahu/ tempe, dan sayuran dalam satu box tetapi terpisah. Atau menu lain sesuai dengan  kreativitas anda.

Jika kamu berencana akan mudik jauh, sebaiknya luangkan waktu untuk mengunjungi salah satu area wisata yang satu arah dengan arah mudik. Mudik sekalian piknik, kunjungi daerah wisatanya, gelar tikar, bongkar ‘bento’ kreasi kamu sendiri, lalu makan bersama atau buka puasa bersama.

Saat mudik juga sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan dan minuman yang merangsang produksi asam lambung berlebihan, misalnya sayuran yang disebutkan tadi di atas, buah nanas, gorengan seperti bakwan, goreng pisang, goreng tahu isi, yang biasanya ada di pinggir jalan, junk food, snack penuh MSG serta hindari juga minuman bersoda.