Memilih Mobil Irit Bahan Bakar untuk Mudik

Posted on
Memilih Mobil Irit Bahan Bakar untuk Mudik 1Mengisi Bahan Bakar di Pom Bensin

Mudik merupakan agenda yang tidak pernah terlepas dari tradisi hari lebaran di negara kita. Berbagai pilihan sarana transportasi umum biasanya disediakan oleh pemerintah, bahkan disediakan lebih banyak dari biasanya. Namun tak sedikit keluarga yang memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi. Tujuannya selain kemudahan juga untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

Anda membutuhkan mobil yang handal, irit dan nyaman untuk dipakai mudik, apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh. Perhitungan anggaran untuk bahan bakar harus dipertimbangkan dengan matang, supaya perjalanan tetap menyenangkan tetapi tidak membuat dompet kamu tipis. Berikut ini daftar mobil yang hemat BBM dan tangguh untuk dipakai mudik:


1. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang dikenalkan sejak tahun 2012 silam. Kehadiran kendaraan ini lumayan menyegarkan pandangan dari banyaknya kendaraan sejuta umat dan meramaikan pasar mobil keluarga di Indonesia. Ertiga dapat menampung maksimal 7 penumpang, cocok dipakai untuk satu keluarga. Jika oleh-oleh untuk di kampung halaman cukup banyak, kamu dapat melipat kursi belakang sehingga ada ruang lebih untuk bagasi.

Ertiga mempunyai ground clearance yang cukup tinggi 185 mm, tangki bahan bakar maksimal 45 liter, dan mesin 1.400CC jenis VVT, hemat di kelasnya dengan rata-rata konsumsi bahan bakarnya 14,4 Km per liter.

2. Honda Mobilio

Mobil tipe LMPV ini lebih muda dari Ertiga, dihadirkan di pasar Indonesia pada tahun 2014. Tidak butuh waktu lama untuk mobil ini memenuhi jalanan di kota-kota besar. Kendaraan ini cukup nyaman dikendarai untuk perjalanan keluar kota, ground clearance cukup tinggi dan kapasitas penumpang 7  orang.

Honda Mobilio mempunyai 1.5 liter SOHC i-VTEC+DBW, dan mengklaim paling hemat bahan bakar dengan konsumsi BBM 1 liter untuk 26,7 Km. Mungkin ini pengukuran ketika keluar pabrik, tanpa ada beban di dalamnya. Pada aktualnya konsumsi BBM rata-rata 14,8 Km per liter (dari berbagai sumber).

3. Toyota Avanza

Inilah kendaraan sejuta umat dan menjadi primadona di kelasnya sejak diluncurkan tahun 2003 silam. Sepertinya menengok kemanapun di jalanan mobil ini selalu ada, baik di perkotaan ataupun pedesaan. Ketangguhannya melibas jalanan antar kota sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi dengan ground clearance tinggi mencapai 200 mm.

Kapasitas penumpang 7 orang tetapi terkadang ‘dipaksa’ dipadatkan menjadi 8 orang. Avanza memberikan dua pilihan mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc, sama-sama mengusung mesin dengan teknologi Dual VVT-i. Konsumsi bahan bakarnya pun dapat dibilang cukup irit, untuk 1.300cc rata-rata 12 Km per liter dan 1.500cc rata-rata 10 Km per liter.

4. Daihatsu Xenia

LMPV ini adalah kembaran dari Toyota Avanza, secara kasat mata terlihat mirip kecuali emblem logo merk, dan aksesorisnya. Xenia bersama Avanza sama-sama menjadi mobil sejuta umat yang memenuhi kota-kota besar di Indonesia. Ketangguhannya melibas perjalanan jauh sudah tidak diragukan lagi.

Kapasitas penumpangnya sama-sama 7 orang tetapi terkadang ‘dipadatkan’ menjadi 8 orang. Xenia memberikan dua pilihan mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 14 Km per liter.

5. Nissan Grand Livina

Salah satu pilihan terbaik MPV adalah Nissan Grand Livina, lebih terlihat elegan dibandingkan dengan MPV lain di kelasnya. Grand Livina mempunyai kapasitas penumpang 7 orang dengan ruang kabin yang luas. Kursi di baris ke dua dan ke tiga dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi mobil ketika mudik. Grand Livina dibekali dengan mesin 1.500cc dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 17 Km per liter, sehingga cocok sekali untuk perjalanan luar kota.

Itulah beberapa mobil irit dan handal yang cocok untuk dipakai mudik. Kelima mobil tersebut cukup banyak direkomendasikan baik di media otomotof, ataupun di forum-forum. Mobil-mobil di atas tentu sangat familiar bukan, karena cukup banyak memenuhi jalan di perkotaan.

Seandainya kamu tidak mau terlalu ‘biasa’, berikut ini beberapa pilihan mobil handal dan irit yang lain, tentunya dengan berbagai variasi harga dan jenis:

  1. Astra Daihatsu Ayla X Elegant MI A/T
  2. New Daihatsu Sirion M/T
  3. Subaru Forester
  4. Suzuki Celerio M/T atau A/T
  5. Suzuki Ciaz A/T
  6. BMW 320d
  7. Jaguar XE 2.0t Prestige
  8. Renault Duster 1.5 dci RXL M/T
  9. Honda Mobilio RS CVT Limited
  10. Honda Brio 1.2 E A/T atau tipe Satya S M/T
  11. All New Honda City 1.5 A/T
  12. All New Honda Jazz RS CVT
  13. Mini Coope r S 3-Door Challenge
  14. Chevrolet Spin 1.3 LTZ
  15. Mercede s-Benz C200 Avantgarde
  16. All New Toyota Vios G 1.5 A/T
  17. All New Mazda 2 Skyactiv
  18. New Ford Fiesta 1.5 L S A/T
  19. Hyundai Grand i10X GLS A/T
  20. KIA Sportage CRDi
  21. All New Nissan X-Trail 2.5 CVT

Sumber:
www.pixabay.com
www.tribunnews.com
otomotif.kompas.com
berbagai sumber lain