Tips

Tips Agar Lebih Efisien dalam Bekerja

Tips Agar Lebih Efisien dalam Bekerja 1

Tips Agar Lebih Efisien dalam Bekerja 2Perencanaan pekerjaan supaya efisien

Pernahkah kamu menghitung dari 8 jam kamu bekerja dalam satu hari, berapa persen yang benar-benar kamu pakai untuk bekerja? Berapa jam yang kamu habiskan untuk lembur? Faktanya tanggung jawab pekerjaan yang dibebankan kepada kamu sebenarnya sudah dihitung dan diasumsikan dapat diselesaikan tanpa lembur. Jika pun harus lembur berarti ada tiga kemungkinan, pertama pekerjaan kamu memang bertambah, kedua fasilitas pendukung pekerjaan kurang mumpuni, atau ketiga kualifikasi kamu tidak cocok dengan tanggung jawab pekerjaan anda.

Pengalaman memperhatikan rekan-rekan ketika bekerja sebenarnya ada beberapa hal yang harus dihindari dan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan supaya kamu dapat lebih efisien dalam bekerja, simak berikut ini penjelasannya.

1) Buatlah daftar pekerjaan (to-do-list) sebelum kamu bekerja, alokasikan setiap waktu kamu dengan bijak. 

Perencanaan pekerjaan sangat penting menentukan efisiensi kamu dalam bekerja. Terkadang ada tipe orang yang ‘going with the flow’, mengikuti arus kesehariannya, karena tidak terbiasa merencanakan pekerjaannya. Demi efisiensi pekerjaan ini, bahkan beberapa perusahaan membuatkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dengan sangat detail, mulai dari karyawan masuk kerja sampai dengan karyawan pulang kantor. Karyawan terkesan menjadi seperti robot dan cenderung tidak kreatif karena setiap langkah yang dilakukan sudah ditentukan.

2) Jangan Menunda Pekerjaan

Lakukan pekerjaan sesuai dengan prioritasnya. Seringkali pekerjaan menjadi menumpuk karena terlalu banyak ditunda. Kebiasaan menunda pekerjaan ini menjadikan kamu harus mengambil over time untuk menyelesaikan pekerjaan yang kamu tunda.

3) Jangan Gunakan Media Sosial

Kecuali kamu bekerja dengan menggunakan media sosial, sebaiknya kamu jauhi Facebook, twitter, instagram, path, dan lain-lain ketika bekerja. Selain karena akan membuat kamu kehilangan konsentrasi, Anda juga akan lebih sering mengecek media sosial sehingga pekerjaan menjadi tertunda. Beberapa perusahaan bahkan melarang karyawannya menggunakan smartphone selama bekerja, karena sadar dampak media sosial terhadap efisiensi bekerja karyawan.

4) Biasakan Menyelesaikan Pekerjaan Satu per Satu

Bekerja multitasking akan meningkatkan resiko kamu melakukan kesalahan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selesaikan pekerjaan satu per satu, dan tidak memulai pekerjaan lain sebelum menyelesaikannya. Buatlah susunan pekerjaan berdasarkan skala prioritas, bila kamu diberikan tugas lain ketika mengerjakan satu pekerjaan sebaiknya kamu tanyakan dead line waktu untuk mengerjakan pekerjaan baru tersebut.

5) Jangan Kejar Tambahan Uang dengan Lembur

Beberapa orang menginginkan tambahan uang dengan bekerja lembur. Ini tentu mencerminkan sikap yang tidak profesional, ketika jam kerja leha-leha, sementara di ujung waktu akan pulang baru bekerja. Dampaknya akan buruk terhadap karir anda, atasan dan rekan kerja akan menilai kamu tidak mampu bekerja karena kamu tidak dapat diandalkan untuk bekerja sesuai waktunya.