Tips

Tips Agar Puasa Tidak Sia-sia

Tips Agar Puasa Tidak Sia-sia 1

Tips Agar Puasa Tidak Sia-sia 2Puasa

Saat puasa kita akan dituntut untuk mengendalikan hawa nafsu, tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga. Sejatinya kita mengharapkan ibadah puasa kita tidak sia-sia, tidak hanya sekedar merasakan lapar dan haus, tetapi juga mendapatkan pahala. Berikut ini beberapa Tips supaya puasa kita tidak sia-sia, pahalanya tidak gugur.

1. Hindari berbohong

Berbohong adalah salah satu sifat manusia yang sulit hilang. Orang yang berpuasa tidak boleh berbohong, sekecil apapun kebohongan akan menghapus pahala puasa kita. Biasakanlah berbicara jujur pada setiap kesempatan.

2. Hindari bergosip (ghibah)

“Gosip, digosok makin sip” ini adalah semboyan para tukang gosip. Berita apapun diceritakan, baik berita bagus ataupun aib seseorang. Apalagi di era teknologi informasi ini, berita gosip tidak penting bertebaran, di kanal berita smartphone ataupun di televisi, banyak sumber yang memilih untuk menyajikan berita gosip untuk mendapatkan rating dan rupiah.

Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (bila hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. (wikipedia)

Pada ketika bukan puasa/ ramadhan sebaiknya hindari tayangan-tayangan gosip, hindari berkumpul dengan geng penggosip, dan hindari membicarakan orang lain. Pahala puasa akan hilang tidak hanya bagi orang yang menyampaikan gosip tetapi juga bagi orang yang mendengarkannya.

3. Jangan Menghasut

Kini menghasut orang dan menebar kebencian sangat mudah dilakukan, terutama melalui media sosial. Apalagi di negara kita yang rakyat di dalamnya, seperti tidak siap dengan perkembangan media sosial yang pesat ini. Banyak sekali berita yang berisi hasutan tidak baik. Biasanya banyak dilakukan dengan alasan Agama.

Menghasut adalah salah satu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Hasil dari upaya menghasut biasanya terputusnya tali silaturahmi ataupun terjadi konflik. Ingat loh, surga diharamkan bagi orang-orang yang suka mengadudomba (menghasut). Maka di bulan Ramadhan ini sebaiknya mulai hilangkan hasut-menghasut supaya pahala puasa kita tidak hilang. Tentunya dengan cara cerdas dalam bersosial media (jangan asal bagikan), cerdas dalam menyikapi berita, biasakan tidak ikut campur urusan orang, dan biasakan untuk mencari kebenarannya ketimbang ikut-ikutan membagikan hasutan.

4. Jangan memberikan sumpah palsu

Bersumpah bagi sebagian orang sangat mudah diucapkan, mungkin dengan tujuan untuk meyakinkan orang terhadap suatu kebenaran ataupun untuk menutupi kebohongan. Sesungguhnya sumpah palsu menggunakan nama Allah SWT sangatlah dilarang. Bersumpah atas nama Allah SWT tidak boleh sembarangan. Untuk itu, ketika bulan Ramadhan biasakan untuk menjaga lisan dari ucapan sumpah apalagi sumpah palsu, karena sumpah palsu akan menghapus pahala puasa Anda.

5. Melihat lawan jenis dengan syahwat

Ini berkaitan dengan cara berpakaian kita. Pada jaman kita ini, cukup sulit untuk menjaga pandangan terutama bagi para laki-laki. Di media sosial, internet dan televisi nyaris setiap ketika menampilkan wanita-wanita yang terkadang berpakaian agak terbuka. Contohnya sayan tertentu di media sosial, iklan yang muncul di halaman berita, sinetron, dan sebagainya. Pada bulan puasa, sebaiknya para laki-laki banyak menjaga pandangan supaya tidak mengundang syahwat. Bersihkan pikiran dari pikiran-pikiran mesum. Ini juga berlaku bagi wanita.

Demikian Tips supaya puasa tidak sia-sia, semoga bermanfaat!
Klik label “puasa” untuk mendapatkan artikel bertemakan puasa dan Ramadhan.