Tips

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum 1

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum 2Sumber: pixabay.com

Pada kondisi tertentu kita terkadang terpaksa untuk menggunakan toilet umum. Jika toilet umum itu di tempat-tempat terpelihara seperti mall, bioskop ataupun ruko sih mungkin oke-oke aja. Namun bila terpaksa menggunakan toilet umum di tempat-tempat yang kurang dipelihara kebersihannya maka ya mau tidak mau, daripada cepirit ataupun ngompol di celana.

Tidak hanya urusan higienitas bila kita membicarakan toilet umum, tetapi juga ancaman spy cam terutama bagi para ladies., Berikut ini beberapa Tips aman menggunakan toilet umum. Simak dan perhatikan

1. Cek fasilitas yang tersedia di toilet umum tersebut

Pastikan air tersedia untuk membilas/ flush, pastikan pintunya berfungsi dengan baik dan tidak berlubang, pastikan juga ada tisu toilet. 
2. Cek hal-hal yang mencurigakan

Tidak menutup kemungkinan toilet yang Anda gunakan terpasang spy-cam. Di jaman dengan teknologi yang berkembang dengan pesat seperti sekarang, ukuran kamera dapat menjadi sekecil kancing ataupun baut. Perhatikan dengan seksama bagian-bagian toilet yang mungkin dapat menjadi tempat disembunyikannya kamera mikro. Misalnya bagian bawah toilet, baut-baut, bagian atas lampu, dan sebagainya. Setiap kamera memerlukan lensa meskipun ukurannya sangatlah kecil, dan lensa dapat dengan mudah diidentifikasi dari pantulan cahaya. Anda dapat menggunakan senter dari smartphone untuk mengeceknya.

3. Selalu bawa tisu basah

Tisu basah akan sangat menolong bila Anda terpaksa buang air besar atau buang air kecil di toilet umum. Khususnya tisu basah yang khusus untuk membersihkan tempat duduk toilet.

4. Jangan pernah menyimpan tas di area toilet

Di suatu talkshow sempat dibahas mengenai hal ini. Area toilet yang terlihat bersih belum tentu tersanitasi. Ini memungkinkan terjadinya kontaminasi bakteri yang akan menempel ke tas bila Anda menyimpan tas di area toilet.

5. Gunakan tisu toilet untuk melapisi tempat duduk di toilet

Jika terpaksa menggunakan toilet umum dan Anda tidak membawa tisu basah untuk membersihkannya maka Anda dapat terlebih dahulu melapisi bagian tempat duduk toilet dengan menggunakan tisu. Memang terkesan boros, tapi Anda tidak perlu mengambil resiko Anda terinfeksi bakteri hanya karena terpaksa buang air di toilet umum.

6. Usahakan ZERO touch.

Tangan dan jari-jari Anda merupakan media terbaik untuk terjadinya kontaminasi silang. Perpindahan bakteri dari tangan ke jidat atau bagian lain tubuh Anda. Jadi usahakan untuk tidak menyentuh bagian apapun di toilet dengan menggunakan tangan kosong, misalnya bagian tuas untuk flush toilet dan pegangan pintu toilet. Anda dapat menggunakan tisu untuk melapisi bagian-bagian tersebut.