Tips Berbelanja Online/ Hal-hal yang Wajib Anda Perhatikan supaya Tidak Tertipu

Posted on
Tips Berbelanja Online/ Hal-hal yang Wajib Anda Perhatikan supaya Tidak Tertipu 1e-commerce

Menjamurnya Web Market Place ketika ini mencerminkan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Cara-cara konvensional sudah mulai ditinggalkan, pembayaran menggunakan uang kertas fisik mulai berkurang dengan adanya toko online. Pembeli dan penjual tidak perlu bertatap muka, ketika akan melakukan transaksi di dalam sebuah pasar digital.

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh web market place/ toko online, diantaranya adalah kemudahan bertransaksi, cakupan wilayah tidak terbatas, pilihan toko yang sangat banyak, mudah mencari barang yang diinginkan, dan lain sebagainya. Namun, kekurangannya cukup banyak juga, yaitu resiko barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, kemungkinan penipuan juga besar, kualitas barang yang dibeli bisa jadi tidak sesuai, beberapa jenis barang tidak berlaku garansi, resiko barang hilang ketika pengiriman, dan lain sebagainya.

Website untuk berbelanja yang terkenal di Indonesia cukup banyak sebut saja FJB Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, OLX, Blanja, Trivago, Traveloka, Gramediaonline, Mizan, Bhinneka, Okeshop, Electronic Solution, Berrybenka, Elevenia, Blibli, Belibu, Indomog, Rajakarcis, Erafone, Bayu Buana, Mataharimall, Pegi pegi dan lain sebagainya yang tak bisa disebut satu-satu. Semuanya menjanjikan transaksi online yang aman, nyaman dan memuaskan. Ada lagi yang berdagang melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Banyaknya pedagang online ini menjadikan kita sebagai pembeli harus pintar-pintar memilih dan memutuskan dimana kamu akan membeli barang yang kamu butuhkan supaya tidak tertipu. Ada sebuah contoh kasus penipuan, seseorang membeli smartphone secara online. Singkat cerita penjual dan pembeli sepakat untuk tidak memakai perantara pihak ketiga untuk rekber (rekening bersama). Penjual menyanggupi untuk mengirim barang terlebih dahulu sebelum dilakukan pembayaran untuk meyakinkan calon pembeli, dengan cara mengirimkan nomor resi terlebih dahulu. Setelah barang sampai di pembeli, ternyata yang dikirimkan bukan HP melainkan batu bata. Penjual sudah tidak dapat dihubungi setelah menerima transfer uang.

Maka untuk menghindari penipuan secara online dan supaya mengalami pengalaman yang lebih baik dalam berbelanja online, berikut ini tipsnya:

1. Pilih Belanja Online atau Konvensional

Pintar-pintarlah memilih dan memilah barang-barang yang akan kamu beli secara online, karena tidak semua barang bisa kamu beli secara online. Ada kalanya kamu lebih baik bertemu dengan pedagangnya langsung serta melihat/ mencoba barang yang kamu mau kamu beli , misalnya untuk kategori barang elektronik, gadget, furniture, gaun, dan sebagainya. Terkecuali barang-barang tersebut ada jaminan bisa diretur seandainya barang yang kamu terima tidak sesuai/ rusak.

2. Pilih Web Marketplace/ Toko Online Terpercaya

Ciri-ciri web marketplace/ toko online terpercaya adalah sebagai berikut:
– Domain sendiri (tidak menumpang), misalnya: namatokoonline.com, namatokoonline.co.id.
Jika anda menemukan misalnya namatokoonline.blogspot.com (numpang ke blogspot), namatokoonline.wix.com (numpang ke wix.com) atau semacamnya. Untuk toko online yang tidak punya domain berdiri sendiri, kamu harus cek lebih teliti ketika akan transaksi. Salah satu cara mengeceknya, Anda bisa mengecek testimoni terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

– Beriklan di TV Nasional, Radio atau Media Massa Cetak (koran, majalah, tabloid), bila sudah berani memasang iklan di media massa tentu punya badan hukum yang jelas dan punya ‘modal’ besar. Kecil sekali kemungkinannya bila penipu online memasang iklan di media massa.

– Memiliki badan hukum yang jelas dan tata cara jual beli yang jelas. Tata cara jual beli benar-benar dijelaskan, mempunyai FAQ (Frequently Asked Question), hak sebagai pembeli dan hak sebagai penjual juga benar-benar dijelaskan secara rinci.

– Memiliki Nomor Rekening Perusahaan. Toko online yang besar, terpercaya dan profesional biasanya tidak memakai rekening atas nama pribadi seseorang tetapi memakai rekening atas nama perusahaan. Lain halnya bila toko online tersebut merupakan toko yang berdiri sendiri (didirikan oleh satu atau beberapa orang tetapi sekelas UKM/ UMKM). Untuk yang memakai rekening pribadi, lebih baik cek lagi testimoni sebelum membeli. Cukup banyak toko online terpercaya yang menggunakan rekening pribadi dan tidak kalah profesional dengan toko online besar.

– Memiliki beberapa variasi cara pembayaran. Ini yang biasanya menjadi ciri web marketplace yang sudah settle. Apalagi ketika ini toko-toko online sekarang saling berkompetisi dengan memberikan banyak fasilitas dan kemudahan kepada konsumennya. Namun ini kembali lagi kepada masing-masing toko online.

– Memiliki aplikasi android. Untuk para pemilik modal besar, pasti banyak menginvestasikan modalnya untuk pengembangan aplikasi android supaya dapat membidik calon pelanggan yaitu para pengguna smartphone. Namun tidak semua, karena ada UKM/ UMKM yang memilih untuk tidak berinvestasi dalam aplikasi android.

3. Perhatikan Testimonial atau Review dari Pembeli Lain. 

Review dan Testimonial dari pembeli lain dapat menjadi referensi yang menjadi tumpuan kamu mengambil keputusan membeli atau tidak. Namun hati-hati karena baik Review Produk ataupun testimoni juga dapat direkayasa. Ada juga beberapa penipu online yang melampirkan bukti resi kurir atau bukti print screen pembicaraan dengan pembelinya.

Testimoni yang benar-benar original/ asli dari pembeli biasanya mempunyai link langsung ke pembeli tersebut. Misalnya, kamu tertarik untuk membeli airsoftgun di salah satu website, lalu kamu diarahkan ke Page Testimonial/ Review. Jika kamu coba klik username pembeli yang memberikan testimoni/review dan ternyata link tersebut hidup, kamu akan diarahkan ke profil pembeli tersebut, maka validitas testimoni/review tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Namun, bila kamu melihat banyak sekali testimoni/ review positif tapi tidak ada satu pun yang ada ‘link hidup’-nya, maka kamu harus berhati-hati, bisa jadi isi testimoni tersebut hanya fiktif/ rekayasa. Testimoni yang valid biasanya tidak selalu positif, dari sekian orang yang berbelanja pasti ada saja yang merasa tidak puas atau malas mengisi review, jadinya hanya mengisi review dengan titik-titik.

Beberapa web marketplace menyediakan sarana untuk review dan testimoni untuk para penjual dan sekalian pembelinya juga. Jika seperti ini, tentu jauh lebih baik karena validitas testimoninya sudah tidak perlu diragukan.

4. Penjual Punya Bukti Resi Kurir

Jika penjual memamerkan bukti resi kurir, maka coba kamu cek apakah nomor resi tersebut valid atau tidak. Pilih secara random lalu buka website kurir tersebut, lalu pilih tracking. Jika valid tentu nomor resi tersebut bisa di tracking, tetapi bila tidak valid akan muncul peringatan error.

5. Penjual Punya Bukti Print Screen/ Screen Shot Chat dengan Pembeli Sebelumnya.

Ini yang kadang membuat pembeli online yang kurang jeli jadi tertipu. Jika bukti print screen yang dilampirkan adalah bukti print screen transfer sejumlah uang, maka kamu harus cermati lebih dalam. Bukti print screen transfer sejumlah uang tidak menunjukan bahwa transaksi telah selesai dan pembelinya telah puas. Ada beberapa kasus, penipu memakai bukti print screen chat dengan pembeli sebelumnya dan bukti print screen transfer, tetapi tidak ada print screen yang menunjukan bahwa transaksi telah selesai dan pembeli puas. Ternyata chat dan transfernya memang aktual terjadi, tetapi yang tidak terjadi adalah barangnya tidak dikirimkan atau tidak pernah ada, hasilnya si pembeli tidak kunjung mendapatkan kiriman barang yang dia pesan.

6. Jadilah Rasional.

Inilah yang menjadi benteng utama kamu supaya tidak tertipu ketika berbelanja online. Jika kamu menemukan barang yang kamu inginkan harganya sangat miring, maka kamu harus lebih cermat dalam menyikapinya. Jika ada sebuah online shop menawarkan HP yang kamu idamkan dengan harga miring sekali, dari harga normalnya Rp. 13 Juta menjadi 3 juta. Apakah itu valid atau tidak penawarannya? Kemungkinan valid atau tidak selalu ada, bila kamu kebingungan coba telepon ke call center/ customer service brand produk yang ditawarkan tersebut. Tanyakan promo yang sedang berjalan, termasuk tanyakan promo HP yang ditawarkan online shop tersebut.

Demikian 6 Tips Berbelanja online, semoga bermanfaat.