Tips

Tips Bermain COC – Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops

Tips Bermain COC - Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops 1

Tips Bermain COC - Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops 2Clash of Clans

COC (Clash of Clans), adalah sebuah permainan strategi dengan platform android yang dibuat dan dikembangkan oleh Supercell. Game ini sempat booming beberapa tahun yang lalu, tidak kalah boomingnya dengan Pokemon Go tahun 2016. Saking boomingnya banyak orang yang menjadi penjual musiman, yaitu jualan ID/ User COC, harganya ratusan ribu sampai berjuta-juta.

Developer yang berbasis di Helsinki, Finlandia ini tidak henti-hentinya melakukan pengembangan terhadap game ini, sehingga ketika ini jauh lebih banyak variasinya ketimbang ketika pertama kali launching Agustus 2012 silam.

Di dalam COC, para pemain membangun sebuah kota, membentuk sebuah klan, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain (secara online) untuk mendapatkan emas, elixir, dark elixir serta tropi. Pemain juga membangun pertahanan untuk melindungi kota dari serangan pemain lain. Sensasi Real Time Strategy dalam game ini benar-benar terasa.

Bagi kamu yang baru memainkan COC, maka ada beberapa Tips mendasar berikut ini:

1. Gunakan Gems hanya untuk Membeli Builder.

Pada awal permainan kamu akan diberi modal gem, beberapa gold dan elixir serta dua orang builder. Gold berguna untuk modal seaching lawan di multiplayer, membangun pertahanan (canon, mortar, air defense, X-bow, dan sebagainya). Elixir dan Dark Elixir untuk membangun troop serta spell. Gem berguna untuk apa saja, untuk timing boost, untuk membeli gold, elixir, dark elixir dan juga termasuk untuk membeli builder.

Tips Bermain COC - Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops 3Stat COC Town Hall 9

Usahakan pada awal game ini kamu hanya menggunakan gems untuk membeli builder saja. Builder ini sangat dibutuhkan sepanjang permainan, karena nantinya bila level sudah tinggi, butuh waktu sampai berminggu-minggu hanya untuk upgrade pertahanan. Akan sangat repot bila kamu hanya punya 2 builder. Jatah kamu 5 builder:

Builder 1 – diberikan gratis ketika awal game
Builder 2 – 250 gems (anda diarahkan untuk ‘beli’ ketika awal game)
Builder 3 – 500 gems
Builder 4 – 1000 gems
Builder 5 – 2000 gems

2. Kembangkan Pertahanan dan Pasukan

Pertahanan dan pasukan sama-sama penting di dalam game ini. Jika kamu aktif bermain COC maka kembangkan pasukan menjadi prioritas utama, disamping tetap mengembangkan pertahanan. Jika kamu termasuk pemain pasif, artinya jarang memainkan COC, maka lebih baik mendahulukan upgrade pertahanan seperti mortar, canon, air defense, bomb tower, air sweeper, wizard tower, archer tower, x-bow, eagle artillery. Serta upgrade elixir collector, gold mind dan dark elixir collector. Tipe farming sangat cocok untuk pemain yang jarang memainkan COC.

3. Gabung dengan Klan yang Aktif Bermain

Klan yang kamu masuki atau yang kamu buat menentukan perkembangan kota yang kamu manage, karena dalam game ini kamu diharuskan untuk berkembang bersama dengan klan. Anda tidak bisa bermain sendiri, bila bermain sendiri akan sangat sulit mengembangkan kota yang kamu buat, Cari clan yang sering war.

Tips Bermain COC - Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops 5

4. Jangan Pelit untuk Donate

Ketika sudah bergabung dalam sebuah klan, maka rajin-rajinlah mendonasikan pasukan kamu ketika ada yang membutuhkannya, dengan melihat terlebih dahulu pasukan apa yang diminta. Saling membantu dan saling menolong di dalam klan. Tidak usah ragu untuk memberi, karena kamu juga pasti membutuhkan bantuan pasukan dari anggota kelompok di dalam klan.

5. Penyimpanan Sementara Elixir menggunakan Troop di dalam Barrack.
Barrack sekarang tidak hanya berfungi untuk melatih pasukan setelah update Oktober kemarin. Barrack juga bisa menyimpan antrian pasukan sejumlah maksimal troop yang kamu punya, dan kamu juga bisa membatalkan pasukan cadangan tersebut tanpa mengurangi elixir. Misalnya kamu punya slot pasukan 220, sudah penuh terisi Barbarian, kamu dapat melatih pasukan lainnya sejumlah 220 pula sebagai cadangan, total 440 troop 2x slot pasukan anda.

Trik untuk melindungi elixir kamu adalah dengan melatih pasukan (yang harganya paling mahal per unit) sesuai dengan slot yang kamu punya dan menyimpannya dalam cadangan troop di barrack tersebut. Di TH9, troop yang paling mahal adalah naga Lv.4 : 37000 elixir per naga.  Dengan trik ini kamu dapat melindungi ratusan ribu elixir anda. Contoh: slot 220 troop, sudah terisi archer 220pcs sebagai troop utama (housing space 1 slot/ archer). Kemudian, kamu isi slot cadangan dengan naga 11 pcs (housing space 20slot/ naga). Jika harga naga 37000elixir, dikalikan 110, total 407000 elixir bisa kamu selamatkan dari perampokan. Jika kamu membutuhkan elixirnya, maka cancel semua troop yang ada dalam slot cadangan barak tersebut.

Tips Bermain COC - Protect Elixir or Dark Elixir as Reserve Troops 4
Builder’s Hut
Shop