Tips

Tips dan Trik Dapur Lengkap

Tips dan Trik Dapur Lengkap 1

Tips dan Trik Dapur Lengkap 2Sumber : pixabay.com

Urusan dapur terkadang merepotkan apalagi bila kamu seorang pemula. Mulai dari buih nasi yang tumpah, mata pedih karena bahan masakan sampai dengan bau tak sedap di tangan. Berikut ini beberapa Tips dan trik sederhana yang akan memudahkan pekerjaan dapur Anda.

1. Cara supaya buih masakan tidak tumpah

Gunakan sendok kayu atau centong kayu ketika Anda memasak sesuatu yang menghasilkan buih yang berlebihan, misalnya memasak nasi, mie dengan telur, dan sebagainya. Buih tersebut akan pecah ketika menyentuh sendok kayu, serta kayu akan meresap kelembaban uap air. Lalu kenapa tidak menggunakan sendok besi atau alumunium? Buih akan tetap tumpah karena sendok dari besi atau alumunium akan cepat panas serta tidak menyerap kelembaban air.

2. Cara memaksimalkan air perasan jeruk nipis/ lemon

Jeruk lemon/ jeruk nipis adalah jenis jeruk dengan kulit cukup tebal, biasanya ini menyebabkan Anda sulit meremasnya sehingga air perasannya tidak maksimal, lebih banyak sari jeruk yang tertinggal di dalam. Cara terbaik untuk memaksimalkan air hasil perasan jeruk nipis/ lemon adalah dengan menggulirkannya terlebih dahulu berkali-kali sampai jeruk melunak. Gunakan telapak tangan untuk menekan jeruk lalu gulirkan. Jika sudah lunak, berikutnya belah dan peras airnya, Anda akan mendapatkan air perasan jeruk lebih banyak.

3. Cara mengetes kesegaran Telur

Cara sederhana untuk mengetahui kesegaran telur adalah dengan mencelupkannya ke dalam air. Semakin lama umur telur maka telur akan semakin mengambang di air. Telur yang masih baik akan tenggelam begitu kamu memasukannya ke dalam air. Sementara telur yang berumur satu minggu atau lebih akan terlihat seakan-akan berdiri dalam posisi vertikal. Telur yang buruk akan mengambang, sebaiknya tidak dikonsumsi.

4. Cara mengupas jahe

Ketika mengupas jahe dengan menggunakan pisau biasanya lebih banyak bagian jahe yang terbuang. Untuk itu sebaiknya kupas jahe dengan menggunakan sendok makan, karena kulit jahe tidak sekeras yang Anda kira. Kerok kulitnya dengan menggunakan sendok maka kulitnya akan terkelupas dengan mudah.

5. Cara menjaga selada/ sayuran hijau tetap segar

Selada biasanya akan mudah membusuk bila kondisinya terlalu basah, dan sebaliknya bila terlalu kering akan cepat layu, meskipun Anda menyimpannya di lemari pendingin. Untuk menjaganya tetap segar, coba bungkus selada dengan kertas atau tisu makan sebelum di simpan di lemari es. Kertas/ tisu ini akan menjaga kelembaban salada. Cara ini juga dapat diaplikasikan untuk sayuran hijau.

6. Cara mencegah es krim mengeras di dalam freezer

Es krim biasanya mengeras di dalam freezer, apalagi yang sudah terbuka. Untuk mencegah es krim mengeras coba masukan es krim ke dalam kantong plastik, keluarkan udara di dalamnya dan tutup rapat-rapat. Baru lalu masukan ke dalam freezer.

7. Cara membuat es batu sebening kristal

Akhir-akhir ini banyak beredar berita tentang saran-saran makanan dan minuman sehat, salah satunya adalah cara membedakan es batu yang terbuat dari air matang dan air mentah. Jika es batu jernih/ bening berarti dibuat dari air matang, bila keruh dan banyak buih di dalamnya berarti dibuat dari air mentah. Jadi bila Anda ingin membuat es batu bening, makan didihkan dulu air tersebut, dinginkan baru masukan ke dalam freezer.

8. Cara mengupas bawang putih dengan mudah

Mengupas bawang putih terkadang cukup merepotkan karena aromanya yang menyengat. Kulit bawang putih sebenarnya sangat tipis, jadi cukup mudah mengupasnya. Caranya seperti ini: pertama tempatkan bawang putih di bawang mangkok/ piring keramik lalu tekan sampai bawang putih sedikit remuk. Kedua, pindahkan ke dalam kotak tertutup, goncangkan sampai daging dan kulit bawang putih terpisah.

9. Cara mudah mengupas jeruk

Mengupas jeruk terkadang menyebalkan karena ada bagian jeruknya yang tersisa diantara kuku. Cara mudahnya adalah dengan menggunakan pisau. Pertama potong dua bagian kulit yang berada di bagian kutubnya. Lalu potong kulitnya di bagian tengah, lalu buka. Maka akan terlihat bagian daging jeruknya saja.

10. Cara membuat madu menjadi seperti baru

Madu akan mengeras dan mengkristal bila disimpan dalam waktu lama. Madu ini tidak rusak dan masih dapat dikonsumsi. Untuk mengembalikannya ke bentuk semula, letakkan madu ke dalam wadah lalu kukus. Letakan wadah tersebut di dalam panci dengan air panas.

11. Memotong telur dengan rapi

Memotong telur dengan menggunakan pisau terkadang tidak rapi dan bentuknya menjadi rusak. Anda dapat menggunakan benang untuk menghasilkan potongan telur yang bagus dan rapi.

12. Cara mengembalikan ketajaman pisau

Pisau akan hilang ketajamannya seiring dengan pemakaiannya. Cara terbaik untuk mengembalikan ketajamannya adalah dengan mengasahnya. Anda dapat membeli batu asah pisau di supermarket atau bisa juga menggunakan bagian bawah piring untuk mengasah pisau. Cara mengasahnya dengan menggesekannya satu arah. 

13. Memanaskan makanan dengan efektif

Jika Anda akan memanaskan makanan di dalam microwave, seperti mi goreng, nasi goreng, spagheti, bihun kecap, dan sebagainya. Susun atau bentuk makanan tersebut melingkar seperti donat sebelum Anda memasukannya ke dalam microwave. Bentuk seperti ini akan membuat proses memanaskan makanan lebih merata.

14. Membuang kelebihan lemak dari makanan

Untuk membuang kelebihan lemak dari makanan, Anda dapat menggunakan paduan es batu dengan paper towel (bukan tisu ya). Pertama bungkus es batu dengan paper towel, lalu usapkan di atas makanan. Suhu dingin dari es akan menarik lemak menempel di permukaan paper towel. Lakukan cara ini seperlunya sampai kelebihan lemak tersebut berkurang.

15. Cara efektif mengeluarkan biji dari sayuran/ buah

Sayuran dan buah yang mempunyai biji banyak seperti labu, pepaya, melon. Gunakan sendok es krim untuk mengeluarkan biji tersebut. Bagian tajam pada sendok es krim akan mengeluarkan biji dari sayuran dengan efektif tanpa harus membuang lebih banyak bagian yang dapat dimakan.