Tips

Tips Liburan di Bali ketika Nyepi

Tips Liburan di Bali ketika Nyepi 1

Tips Liburan di Bali ketika Nyepi 2Tips Liburan di Bali ketika Nyepi

Hari Raya Nyepi akan terasa sangat berbeda untuk para turis di Bali. Ini karena tidak diperbolehkan untuk jalan-jalan ke luar, beramai-ramai, ataupun sekedar keluar dari penginapan untuk cari makan. Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1939 ini akan jatuh pada hari Selasa tanggal 28 Maret 2017, tinggal satu minggu lagi sejak artikel ini rilis. Umat Hindu di Bali akan melakukan Catur Brata Penyepian untuk empat pantangan.

Empat pantangan itu adalah amati karya yaitu tidak bekerja, amati lelungan yaitu tidak bepergian, amati geni yaitu tidak menyalakan api, dan amati lelanguan yaitu tidak bersenang-senang. Nyepi akan berlangsung selama 24 jam, biasanya terhitung sejak matahari terbit atau pukul 06.00 WITA, dan selesai pada pukul 06.00 WITA pada keesokan harinya.

Pada ketika dilaksanakan Nyepi, akan ada Pecalang (polisi adat) yang akan patroli mengawasi supaya hari raya ini berjalan tertib. Pecalang adalah perangkat keamanan yang ada di setiap desa adat, yang secara tradisi diwariskan turun-temurun dalam budaya Bali. Tugasnya adalah untuk menertibkan dan mengamankan desa adat, salah satunya dalam penyelenggaraan upacara adat dan hari raya. Keberadaannya terbukti ampuh dalam menjaga prosesi upacara-upacara yang berlangsung di desa adat dan juga mengamankan kegiatan yang melihatkan khalayak ramai.

1. Perhitungkan Waktu Membeli Tiket Pesawat

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan ditutup selama perayaan Nyepi, karena itulah pesan tiket pesawat untuk keberangkatan dari Bali dan kedatangan ke Bali sebelum atau sudah hari raya Nyepi. Estimasikan juga waktu perjalanan dari bandara ke tempat menginap atau sebaliknya. Jangan sampai kamu terjebak di bandara seperti terjadi pada turis mancanegara tahun 2016 lalu.

Pavel Vlasov namanya, turis yang berasal dari Rusia ini terjebak di bandara Ngurah Rai ketika perayaan Nyepi. Seharusnya dia berangkat pulang ke Rusia sehari sebelum perayaan Nyepi, tapi dia tertinggal pesawat karena terlalu asik lihat pawai ogoh-ogoh.

2. Ikuti Aturan Selama Nyepi

Kondisi di Bali ketika Nyepi benar-benar tidak ada kegiatan, tidak ada suara, tidak ada cahaya, nyaris tidak ada apa-apa, dan memang dikondisikan seperti itu. Selama Nyepi kamu dilarang untuk keluar dari penginapan, tetapi begitu tetap diperbolehkan untuk jalan-jalan hanya di lingkungan hotel atau penginapan. Banyak hotel di Bali yang menyediakan paket liburan ketika Nyepi, mulai dari berenang, fitnes, kelas yoga, ataupun sekedar menonton televisi di kamar. Namun ada baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu ke pihak hotel, fasilitas apa saja yang diberikan dan tersedia ketika Nyepi.

Hormatilah hari raya Nyepi meskipun kamu berbeda keyakinan, caranya adalah dengan tidak membuat kegaduhan. Anda tetap diperbolehkan menonton televisi, mendengarkan musik, ataupun lainnya, tetapi sebaiknya pelankan suaranya jangan sampai terdengar ke luar, kecuali bila kamar hotelnya benar-benar kedap suara. Jika terlalu berisik, kemungkinan kamu akan mendapatkan teguran dari pecalang, dengan lemparan kerikil ke jendela atau mengetuk pintu anda.

Pada ketika nyepi juga tidak boleh sedikit pun ada cahaya, setiap hotel pun diwajibkan untuk mematikan lampu bagian luar hotel. Jika kamu mau menyalakan lampu, tutup tirai kamar dengan sangat rapat supaya tidak ada cahaya tembus keluar. Jika kamar hotel kamu ada balkonnya, maka jangan menyalakan lampu di balkon.

3. Menghadapi Kondisi Darurat

Pada kondisi darurat, misalnya sakit parah dan perlu ke dokter, kamu dapat minta tolong petugas hotel untuk menelpon rumah sakit dan mengirimkan ambulans. Satu-satunya kendaraan yang diperbolehkan beroperasi ketika Nyepi adalah ambulans. Untuk kondisi darurat lainnya dapat menyesuaikan. Rumah sakit biasanya tetap beroperasi, tetapi pelayanan umum tidak ada, hanya ada pelayanan untuk kondisi darurat.

4. Persiapan Stok Makanan dan Obat-obatan

Satu hari menjelang Nyepi biasanya supermarket penuh karena banyak orang yang menyediakan stok lebih banyak makanan di rumahnya, setidaknya untuk satu hari penuh. Anda dapat bergantung pada makanan hotel, tetapi tentu budgetnya cukup besar. Maka ada baiknya kamu juga menyediakan stok makanan untuk dimakan ketika Nyepi berlangsung. Makanan-makanan instan seperti mie dalam cup, kue-kue, ataupun makanan ringan. Jika kamu tidak mau mengantri panjang, maka lebih baik membeli stok makanannya minimal 3 hari sebelumnya.

Semua toko akan tutup pada ketika Nyepi termasuk apotik, jadi selain makanan kamu juga sebaiknya mempersiapkan obat-obatan pribadi sebagai langkah pencegahan sakit ringan. Misalnya obat-obatan untuk masuk angin, diare, maag, batuk pilek, dan sebagainya.

5. Saksikan dan Hormati Prosesi Sebelum Nyepi

Beberapa upacara adat akan digelar, seperti pawai ogoh-ogoh dan melasti di pantai. Bagi para turis inilah momen yang tepat untuk diabadikan, siapkan kamera kamu untuk pawai ogoh-ogoh. Selama prosesi ini kamu harus menghormatinya dengan cara mengenakan pakaian sopan, tidak berjalan di depan rombongan yang sedang melakukan prosesi upacara adat tersebut, dan jangan melangkahi sesajen yang baru saja diupacarakan.

Bagi kamu yang terbiasa dengan suasana bising di daerah asal anda, hari raya Nyepi ini akan memberikan sensasi yang sangat berbeda. Tidak ada suara kendaraan, tidak ada suara klakson, tidak ada cahaya, nyaris tidak ada apa-apa. Jika penginapan atau hotel kamu mempunyai roof-top, kamu dapat menikmati pemandangan sunset di sore hari, pemandangan bintang-bintang di langit pada malam hari, dan sunrise di pagi harinya, cocok sekali karena tidak ada polusi cahaya sama sekali. Nikmati pemandangannya tanpa suara, tanpa ada ribut-ribut dan tanpa cahaya.