Tips

Tips Makan Sehat Anti Cemas

Tips Makan Sehat Anti Cemas 1

Tips Makan Sehat Anti Cemas 2Rasa Cemas

Pernahkah kamu merasa cemas berlebihan? Saat bekerja, ketika di rumah, ketika apapun yang membuat kamu tidak nyaman dan tidak bisa fokus. Mungkin karena pekerjaan, mungkin karena menunggu keputusan yang penting, atau mungkin karena khawatir. Sebelum kamu memikirkan penyebab rasa cemas tersebut, ada baiknya kamu melihatnya dari jenis makanan yang kamu konsumsi, karena beberapa jenis makanan tertentu dapat membuat kamu merasa cemas.

1. Kurangi Minum Kopi 

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan rasa cemas dan jantung berdebar. Ada baiknya kamu coba untuk mengganti kebiasan meminum kopi di pagi hari dengan meminum teh hijau alami.

2. Kurangi Gula

Kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah akan membuat tubuh selalu merasa lelah dan lesu, cepat mengantuk, muncul rasa cemas, dan susah konsentrasi.

3. Makanan sehat 

Makan makanan sehat khususnya ketika sarapan pagi. Konsumsi oatmeal, telur, salad, dan sayuran hijau dapat membantu mengurangi kecemasan. Selain itu ada coklat yang dapat meningkatkan mood positif dan mengatasi rasa cemas, kacang almond yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stress dan menjaga kestabilan suasana hati.

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan segar yang mengandung gula alami, seperti pisang, jeruk, blueberry, alpukat, manggis dan apel.

4. Minuman sehat

Mulai hari sebaiknya dengan makanan sehat dan juga minuman sehat, diantaranya adalah teh hijau, air putih, susu rendah lemak, atau air lemon. Minuman-minuman ini dapat menghilangkan rasa cemas dan mendorong daya pikir positif.

Jika sudah terbiasa mengurangi kafein serta gula kamu masih selalu merasa cemas, maka coba mengganti pola makan dengan makanan dan minuman sehat yang disebutkan di atas. Anda juga harus mencoba mengatasi kecemasan dengan pikiran positif dan jangan berprasangka. Langkah yang disebutkan di atas efektif mengatasi kecemasan dari dalam tubuh, tetapi tidak pada ranah psikologis, karena pada dasarnya kecemasan itu berasal dari pikiran kamu sendiri.