Tips

Tips Memaksimalkan Kamera smartphone untuk Foto Online Shop

Tips Memaksimalkan Kamera smartphone untuk Foto Online Shop 1

Tips Memaksimalkan Kamera smartphone untuk Foto Online Shop 2Mengambil foto dengan menggunakan kamera smartphone

Perkembangan telepon genggam dari waktu ke waktu sangat pesat. Mulai dari telepon genggam yang sebesar batako sampai dengan telepon genggam yang serba fitur dan serba manfaat. Banyaknya fitur dan manfaat ini menjadikan telepon genggam berevolusi menjadi sebuah telepon pintar alias smartphone. Salah satu fitur yang populer dan diminati banyak orang adalah fitur kamera.

Namun meskipun begitu, kamera di smartphone tetap mempunyai keterbatasan dibandingkan dengan kamera sebenarnya. Untuk kebutuhan profesional dan komersial banyak yang memilih kamera dengan spesifikasi canggih daripada kamera smartphone. Tapi sebenarnya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak harus selalu mengunakan kamera dengan spesifikasi canggih dan mahal. Dengan modal kamera smartphone yang mempunyai keterbatasan saja sudah cukup, apalagi sekedar untuk foto di online shop. Simak berikut ini beberapa Tips untuk memaksimalkan kamera smartphone untuk foto online shop.

1. Bersihkan Lensa pada Kamera Smartphone Anda

Gunakanlah lap khusus untuk lensa supaya lensa tidak tergores. Ini penting apalagi biasanya smartphone disimpan di saku celana ataupun di tas digabungkan dengan barang-barang lain. Sudah pasti lensa atau penutup lensa di bagian luarnya rentan terkena kotoran. Jadi sebaiknya bersihkan dulu lensanya supaya mendapatkan hasil yang terbaik untuk foto barang online shop anda.

2. Pastikan Objek Foto Mendapatkan Cukup Cahaya

Salah satu kekurangan kamera smartphone adalah kurang sensitif terhadap cahaya dibandingkan dengan kamera berspesifikasi canggih (mahal). Hasilnya tidak akan bagus bila objek difoto dalam ruangan remang-remang. Oleh karena itu, biasanya hasil foto outdoor lebih bagus ketimbang indoor.

Jika tersedia kamu dapat menggunakan flash dalam jarak 2-3 meter. Jika terpaksa harus foto indoor dengan kondisi remang-remang, coba terangi objek dengan menggunakan standing lamp ataupun lampu belajar. Terangi dari 2 sisi supaya seimbang atau dari 4 sisi supaya lebih terang dan seimbang.

Jika memungkinkan kamu dapat membuat sebuah studio mini dan sederhana, dengan menggunakan kardus bekas. Lapisi bagian dalam kardus tersebut dengan kertas putih, lalu berikan cukup penerangan di salah satu sisinya atau di kedua sisinya sekaligus.

3. Stabilkan Kamera

Kekurangan lain kamera smartphone adalah sangat sensitif terhadap gerakan. Sedikit saja bergerak hasil foto bisa jadi blur. Jadi sebaiknya stabilkan kamera ketika akan mengambil foto, bila perlu gunakan tripod khusus smartphone. Jika tidak ada tripod dapat memanfaatkan barang sebagai sandaran.

4. Jangan Gunakan Zoom

Berbeda dengan kamera mahal yang menggunakan optical zoom, kamera smartphone kebanyakan hanya mempunyai satu lensa, jadi proses zooming kamera adalah digital zoom. Pembesaran objek foto akan terlihat pecah, resolusi menurun, gambar tidak tajam dan tidak fokus bila menggunakan digital zooming. Jadi sebaiknya andalah sebagai subjek foto yang aktif menentukan jarak, bila perlu zooming maka kamu yang mendekatkan kamera smarphone ke objek.

5. Fitur Filter Kamera dan Edit Foto

Inilah yang menjadi kelebihan kamera smartphone, fitur filter yang sangat praktis dan software edit foto yang terintegrasi. Anda dapat mengunakan filter tertentu ketika akan mengambil gambar. Namun sebaiknya jangan berlebihan, lebih baik pilih filter yang dapat memperkuat kesan foto. Lagipula kamu memerlukan foto original untuk menunjukan foto barang yang akan kamu jual di online shop.

Untuk edit foto sederhana seperti pengaturan brightness dan kontras lebih mudah dilakukan di smartphone. Bahkan untuk membuat foto kolase/ gabungan juga lebih mudah di smartphone ketimbang di komputer. Namun tetap perhatikan, jangan sampai over editing, sehingga kesan foto terlalu bagus dari barang sebenarnya.

6. Background

Pakailah background foto 1 warna, lebih baik warna putih karena netral. Kelebihan menggunakan warna putih adalah dapat menjadikan produk kamu menjadi fokus dari foto tersebut. Kamera smartphone pun akan lebih fokus terhadap objek foto. Anda dapat membuat sebuah studio sederhana dari kardus bekas yang dilapisi kertas putih di dalamnya, seperti yang disebutkan di Tips nomor 2 di atas.

7. Ukuran Foto 

Ukuran foto untuk online shop biasanya tidak terlalu besar, kurang lebih sekitar 800×600 pixel saja. Agar tidak perlu banyak proses editing/ compress sebaiknya atur resolusi ke 800×600 atau paling besar 1024 x 768 saja. Sehingga dapat langsung di upload setelah selesai pengambilan foto.

Demikian 7 Tips untuk memaksimalkan kamera smartphone anda, semoga bermanfaat!