Tips

Tips Memanfaatkan Kulit Pisang

Tips Memanfaatkan Kulit Pisang 1

Tips Memanfaatkan Kulit Pisang 2Pisang

Tahukah kamu kenapa monyet doyan makan pisang? Ah tidak penting sebenarnya kenapa monyet doyan makan pisang, yang penting itu adalah buah pisang ini tidak hanya buahnya yang mempunyai manfaat, tetapi juga kulitnya! Simak berikut ini manfaat kulit pisang!

1. Kulit Pisang Mengandung Vitamin A

Anda tahu ini artinya? Ya, kulit pisang dapat membantu menjaga kesehatan mata, serta dapat membantu mencegah degenerasi makular, yang disebut juga dengan istilah AMD, Age-related Macular Degeneration. Degenerasi makular adalah sebuah kondisi medis yang tidak dapat disembuhkan, penglihatan sentral hilang karena kerusakan macular (bagian tengah retina). Ini biasanya terjadi pada orang-orang usia lanjut, 50 tahun keatas, makanya disebut sebagai AMD.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kulit buah yang dikait-kaitkan dengan urusan erotis ini juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena kulit buahnya juga mengandung potassium, sama seperti dagingnya. Potassium dan natrium menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

3. Memperbaiki Mood

Kulit pisang mengandung serotonin, yang mempengaruhi mood/ perasaan seseorang, memunculkan rangsangan lapar, mengatur suhu tubuh dan berperan penting untuk memori otak serta proses pembelajaran. Serotonin juga berpengaruh dalam fungsi sistem kardiovaskuler dan sistem endokrin. Lebih lanjut serotonin disinyalir dapat menaikan jumlah produksi ASI (Air Susu Ibu), karena dapat menurunkan stress sehingga jumlah ASI bisa lebih banyak. Namun penggunaannya untuk menambah ASI, lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Kontrol Berat Badan dan Diet

Kulit pisang mengandung serat, yang baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan kolesterol. Kandungan serat di dalamnya akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kulit pisang dapat mencegah penyakit kanker, karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan sel-sel tubuh, meminimalkan proses oksidasi kolesterol serta mencegah radikal bebas penyebab kanker.

6. Untuk Masker Wajah

Kulit pisang juga dapat dijadikan masker wajah. Gosokan bagian dalam kulit pisang ke permukaan wajah secara merata sebelum tidur, biarkan semalaman. Cuci dengan air hangat pada pagi harinya. Ini berkhasiat untuk memancarkan kecantikan kamu lebih maksimal.