Tips Memilih Template Blog

Posted on
Tips Memilih Template Blog 1

Anda dapat bebas memilih template blog yang kamu sukai, pasang widget apa saja, warna seperti apa, dan lain sebagainya. Namun bila kamu mementingkan jumlah pembaca yang berkunjung ke blog anda, template blog menjadi hal yang sangat penting. Di beberapa referensi disebutkan bahwa, struktur template blog yang digunakan turut menentukan optimasi search engine. Tidak hanya itu, yang paling krusial adalah kenyamanan dan keinginan pembaca. Untuk apa template yang bagus tetapi sepi pengunjung

Untuk para pemula (seperti saya), memilih template blog cukup menyita waktu. Blog ini juga sempat beberapa kali berganti template, mulai dari template standar punya blogger.com, download dari beberapa referensi sesama blogger, sampai dengan mencoba membuat sendiri (walau akhirnya gagal, butuh belajar lebih banyak). Cari tahu sana-sini, sampai akhirnya mendapatkan kesimpulan mengenai template yang bagus itu seperti apa. Jika kamu mencari template yang cocok, maka kamu harus paham dengan istilah SEO Friendly. Banyak sekali blog-blog yang membahas mengenai SEO (search engine optimization), baik  itu blog berbahasa inggris ataupun indonesia.

Berikut ini Tips untuk memilih template blog, yang pada intinya adalah untuk SEO, ada tiga point utama:

1. User Friendly
Maksudnya adalah template blog menampilkan blog yang mudah ‘digunakan’ oleh pengunjung. Minimalis, sederhana, tidak banyak widget apalagi widget aneh-aneh, rapi dan tidak berantakan. Blog yang baik tidak hanya berisi artikel yang original tetapi juga membantu pengunjung blog dalam memahami isi blog anda, tidak direpotkan oleh pop-up (makanya jangan terlalu banyak memakai aksesoris pop-up).

2. Kecepatan loading
Template blog yang baik dapat menampilkan blog kamu dengan cepat, semakin cepat semakin baik. Tidak semua pengguna internet mempunyai koneksi yang cepat. Kecepatan loading menjadi faktor utama baik untuk pengunjung ataupun untuk search engine optimization. Untuk itu tidak disarankan bila kamu embed musik atau video automatic play di blog anda, semua itu dapat memperlambat kecepatan loading blog.

3. Responsive
Template yang baik dapat menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung blog. Apakah itu dibuka di komputer biasa, di laptop, di tablet, di smartphone ataupun gadget lainnya. Ukurannya dapat menyesuaikan dengan perangkat sehingga pengunjung blog tidak perlu repot untuk zooming postingan kita. Perkembangan gadget ketika ini menjadikan blog responsiveness sebagai salah satu syarat utama supaya blog tersebut SEO friendly. Untungnya banyak blogger yang membuat template blog responsive dan membaginya secara gratisan.

Demikian Tips untuk memilih template blog, poin-poin di atas dapat menjadi bahan pertimbangan kamu ketika memilih template blog. Selamat mencoba, dan selamat melakukan trial dan error.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Silakan baca juga cara mengetes apakah blog kamu sudah sesuai dengan ketentuan SEO.