Tips

Tips Mengatasi Modem RTO

Tips Mengatasi Modem RTO 1

Tips Mengatasi Modem RTO 2Modem Sering RTO (Request Time Out)

RTO adalah sebuah kondisi ketika server tidak memberikan respon permintaan koneksi dari klien (Anda/ pengguna internet) dalam variasi jangkauan waktu tertentu, Request Timed Out. Seperti yang saya alami beberapa hari lalu ketika sedang asik-asiknya internetan tiba-tiba koneksi terputus. Tidaka lama putus lalu nyambung lagi, ada apa gerangan? Lalu sek sinyal nyaris full bar, cek kuota ternyata masih aman, cek masa berlaku juga aman, lalu coba ngeping google.com, lalu dapatlah ping seperti pada gambar di atas ini, koneksi putus nyambung tidak stabil.

Berselancar di dunia maya jadi lebih banyak bengong karena koneksinya tidak stabil. Saya sebagai pelanggan smartfren jarang sekali mengalami hal seperti ini, lalu saya konsultasikan dengan customer service. Respon mereka cepat, sabar, dan terutama mereka bisa menangani keluhan saya sebagai pelanggan dengan tepat.

Kasus sering RTO ini dapat terjadi pada semua provider telekomunikasi tidak hanya Smartfren, penyebabnya sebagai berikut:

  1. Jaringan terlalu padat di satu lokasi, semakin banyak pengguna akan semakin lemot atau bahkan RTO. Bandwidth bagi-bagi.
  2. Koneksi dorman atau idle, yang artinya komputer Anda tetap terhubung ke internet tetapi tidak ada aktivitas apa-apa.
  3. Jaringan provider sedang bermasalah atau kualitas jaringan buruk.
  4. Sinyal tidak stabil/ kurang kuat.
  5. Pemeliharaan infrastuktur jaringan.
  6. Website yang diakses delay, ping akan mengalami timeout.
  7. Perangkat modem bermasalah.
  8. Simcard bermasalah.
  9. Koneksi IP terputus.
  10. Pengaruh virus/ worm.
  11. Crash program tertentu, misalnya browser dengan firewall atau antivirus.
  12. Internet providernya buruk.

Berikut ini beberapa Tips untuk memperkecil kemungkinan terjadinya koneksi  RTO.

  1. Upgrade kecepatan bandwidth paket data layanan Anda, bila memang masalahnya karena jaringan terlalu padat. Anda dapat menanyakannya langsung ke customer service provider bersangkutan.
  2. Buatlah aktivitas pada komputer Anda bila RTO disebabkan karena koneksi internet idle, karena Anda tinggal mandi, makan, pacaran dan sebagainya. Aktivitas download atau upload (meskipun ukuran kecil) akan mencegah komputer Anda idle. Ada dua cara mudah yaitu:
    • Gunakan command prompt. Akses RUN pada start menu atau tekan tombol Windows+R dan ketikkan CMD maka akan muncul Command Prompt. Ketikkan “ping google.com -t” (tanpa tanda petik). Minimice CMD ini akan tetap berjalan dan tidak usah ditutup, jangan khawatir kuota tersedot atau internet jadi lemot, karena penggunaan datanya sangat kecil.
    • Gunakan software IDM (Internet Download Manager) atau downloader lain yang mempunyai speed limiter. Download file tertentu lalu pilih tab speed limiter, atur pada angka 5 Kb/sec. Download sambil menjaga supaya koneksi tetap berjalan (tidak idle).
    • Tetapi bila memang tidak ada aktivitas, lebih baik matikan saja koneksi dan komputernya. Sekalian mengistirahatkan modem, wifi, komputer dan berhemat listrik.
  3. Gunakan DNS alternatif, biasanya yang dipakai adalah DNS Google. Caranya buka control panel, Network and Internet, Network and Sharing Center, Pilih pada Connection yang Anda gunakan, maka akan muncul menu Wireless Connection Status, lalu klik Properties. Pilih Internet Connection Protocol 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties. IP Address dapat dibiarkan otomatis, tetapi DNS dirubah menjadi DNS Google, yaitu Preffered DNS Server (Primary): 8.8.8.8 dan Alternate DNS Server (Secondary): 8.8.4.4. Anda dapat menggunakan DNS Alternatif lain dengan cara yang sama, hanya dirubah angkanya.
  4. Jika RTO karena jaringan provider sedang bermasalah berarti Anda harus menghubungi CS provider internet yang bersangkutan. Tanya masalahnya karena apa, kapan selesainya dan solusinya apa. Selebihnya tergantung provider internet tersebut.
  5. Pastikan perangkat modem Anda tidak bermasalah. Caranya coba ganti simcard dan gunakan provider internet lain dan coba di modem Anda. Lebih mudah bila pinjam ke tetangga yang menggunakan internet juga. Jika menggunakan koneksi dari provider lain lancar-lancar saja maka kemungkinannya modem Anda tidak rusak. 
  6. Cara yang sama dapat dipakai untuk mengecek simcard Anda. Coba gunakan modem lain untuk mengecek simcard Anda. Jika menggunakan modem lain, koneksi lancar berarti simcard Anda tidak rusak. Namun kasus simcard rusak ini sangat kecil kemungkinannya, kecuali pemakaian tidak wajar atau butuh upgrade simcard. Jika sempat, lebih baik datangi service center/ customer service dan minta ganti simcard baru, rusak tidak rusak Anda akan mendapatkan simcard baru secara gratis.
  7. Jika RTO karena firewall atau antivirus, Anda bisa coba disable firewall atau antivirus atau juga bisa disable keduanya, tetapi resiko ditanggung sendiri. Disable firewall atau ativirus akan sangat beresiko.
Jika tujuh cara ini sudah dilakukan Anda masih mengalami RTO maka kemungkinan besar provider internet Anda yang buruk. Solusi terbaiknya adalah ganti provider. Kecuali pada kasus saya, setelah ditelusuri, coba beberapa solusi, dan konsultasi dengan Customer Service, ternyata modemnya yang rusak. Solusi terbaiknya beli modem baru.
Klik kategori “internet” untuk mendapatkan artikel lain seputar cara dan Tips berinternet.