Tips Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Posted on
Tips Menghadapi Bullying di Tempat Kerja 1Sumber : pixabay.com

Kasus bullying dapat terjadi dimana-mana, termasuk di tempat kerja. Bullying di tempat kerja berupa perkataan atau perlakukan yang tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan korban tertentu menjadi stress dan sulit untuk bekerja secara maksimal. Korban bullying terkadang tidak sadar atau mungkin juga tidak berani untuk mengambil tindakan. Berikut ini beberapa Tips untuk menghadapi bullying di tempat kerja:

1. Tetap berpikiran positif

Pikiran positif tetap sangat membantu dalam hal apapun. Pikiran positif menjaga emosi tetap terkendali dan pikiran tetap waras.

2. Siapkan mental

Cara cerdas untuk menghadapi situasi tidak enak dari perlakuan bullying adalah dengan tetap tenang, tidak emosi dan tidak menggunakan kata-kata negatif/ kasar. Hindari segala bentuk perselisihan di tempat kerja, dan jangan mengatakan sesuatu yang menghina orang lain.

3. Jangan terlalu cepat berasumsi

Asumsi yang terlalu cepat malah akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Sebaiknya klarifikasi terlebih dahulu fakta yang ada, cari kebenarannya. Asumsi yang gegabah akan cenderung membuat Anda terlalu cepat mengambil kesimpulan dan langkah yang keliru.

4. Sibukkan diri

Tetap ingat bahwa Anda berada di tempat kerja. Ketimbang Anda mengurusi hal-hal tidak jelas lebih baik fokus kerja. Walaupun mungkin posisi Anda mau tak mau harus bekerjasama dengan rekan kerja yang menyebalkan/ rekan kerja pelaku bully. Hasil kerja yang baik dari usaha Anda yang maksimal akan lebih dihargai oleh atasan.

5. Tentukan batas

Menyambung dari Tips nomor 4, Anda mau tak mau harus bekerjasama dengan rekan kerja pelaku bully demi hasil kerja yang maksimal. Untuk menghadapi keadaan tersebut, Anda harus menentukan batasan tertentu pada hubungan dengannya. Hindari membicarakan masalah pribadi dengan orang tersebut, baik itu masalah pribadi Anda ataupun masalah pribadi dirinya. Bisa jadi masalah pribadi Anda malah jadi bahan bully-an.

Pelaku bully di tempat kerja biasanya karyawan-karyawan yang sudah terlalu lama berada di posisinya, karir stagnan, kurang piknik, stres masalah di rumah, tidak pandai berhubungan dengan manusia, pikiran sempit, sombong dan kurang melihat dunia luar. Maka Anda lebih baik tentukan batasan hubungan.

6. Mencari pelaku sebenarnya

Jika suatu waktu Anda mendengar kabar/ gosip/ desas-desus yang memalukan tentang diri Anda, cobalah cari pelaku penyebar kabar tersebut. Ini lebih baik daripada yang kebanyakan orang lakukan, yaitu berasumsi pendek dan ikut menyebar berita memalukan dari tersangka penyebar gosip. Coba untuk menyelesaikan masalah ini dengan mencari pelaku penyebar gosip sebenarnya.

Bicarakan langsung dengan dirinya secara 4 mata, tanyakan alasannya dan minta penjelasannya. Apalagi bila gosip tersebut tidak benar. Cara ini akan meredam masalah dan mencegah orang lain berbicara di belakang Anda, menghindarkan masalah yang lebih besar untuk Anda.