Tips Menghadapi Hari Pertama kerja

Posted on
Tips Menghadapi Hari Pertama kerja 1Persiapan Kerja

Hari pertama masuk kerja memang selalu mendebarkan, apalagi bagi kamu yang benar-benar baru memasuki dunia kerja. Perasaan senang, grogi, khawatir, campur aduk menjadi satu. Ini bukan tanpa alasan, karena hari pertama ini menentukan first impression anda di hadapan rekan kerja dan para bos. Karena itulah kamu harus mempersiapkan hari pertama kerja ini dengan sebaik-baiknya. Agar ke depannya kamu dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan anda. Berikut ini tipsnya:

1. Berpakaian yang terbaik dan ternyaman untuk anda. Penampilan kamu akan menentukan kesan pertama kamu di hadapan rekan kerja. Pakailah pakaian terbaik, rapih, tidak berlebihan, dan sesuai dengan peraturan perusahaan, apakah formal, casual ataukah bebas. Pertahankan rasa percaya diri dengan memakai pakaian terbaik dan ternyaman untuk anda.

2. Persiapkan apa saja yang harus kamu bawa ke kantor. Persiapan ini bisa kamu lakukan sehari sebelum kerja, minimal pikirkan apa yang harus kamu bawa. Mulai dari dokumen-dokumen sampai ke peralatan pribadi yang diperlukan

3. Tidur dan istirahat yang cukup.
Ini penting supaya menjaga supaya bisa fokus bekerja dan terlihat fresh. Jika kamu berniat merayakan pekerjaan pertama kamu dengan teman-teman anda, maka jangan satu hari sebelumnya. Jangan sampai kamu terlihat mengantuk, lemas, dan tidak bisa konsentrasi ketika bekerja.

4. Datang lebih awal atau tepat waktu. Ini penting! Jangan sampai kamu datang terlambat di hari pertama bekerja, akan jadi nilai negatif di hadapan para atasan dan para rekan kerja. Alasan macet atau apapun tidak akan diterima, karena itulah kamu sebaiknya berangkat lebih awal.

5. Jangan lupa untuk senyum. Tersenyum adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk membangun kepercayaan diri dan menjalin hubungan baik dengan sekelilng anda.

6. Ramah kepada semua orang dan mulai hubungan yang baik. Jangan pernah berpikir atasan kamu akan mengenalkan kamu ke rekan kerja lain, itu tidak akan terjadi (Kecuali mungkin bila kamu anak orang penting di perusahaan tersebut). Masing-masing orang akan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Anda sendiri yang harus mempunyai inisiatif memperkenalkan diri, jangan malu-malu karena hal ini. Ingat nama-nama dan wajah-wajah yang kamu ajak kenalan. Namun pilih waktu yang tepat untuk berkenalan, bila perlu tanyakan terlebih dahulu apakah sedang sibuk atau tidak.

7. Ucapkan terima kasih. Hari pertama bekerja sangat mungkin kamu akan mendapatkan bantuan dari beberapa rekan kerja. Maka jangan lupa ucapkan terima kasih kepada siapapun yang membantu anda. Jangan melihat jabatan untuk berterima kasih, bila kamu adalah seorang manager dan mendapatkan bantuan kecil dari office salah satu staf, jangan lupa ucapkan terima kasih. Dalam dunia kerja naik-turun itu pasti terjadi, promosi ataupun demosi. Siapa tahu orang yang kamu ucapkan terima kasih suatu ketika posisinya akan sama atau lebih tinggi dari anda, dan mungkin merekomendasikan kamu untuk suatu proyek besar.

8. Jangan malu bertanya. Jika kamu kebingungan terhadap sesuatu maka jangan malu bertanya. Kebingungan ketika hari pertama kerja itu wajar. Tanyalah orang yang tepat, maksudnya tanya sesuai keahliannya atau kesediaan waktunya. Jangan sampai rekan kerja kamu merasa terganggu karena kamu bertanya di tengah kesibukan pekerjaannya. Dengarkan baik-baik dan catat jawabannya bila penting, gali informasi tentang perusahaan ataupun proyek yang sedang berjalan.

9. Siapkan catatan. Sebuah catatan kecil akan sangat membantu kamu sekarang ataupun nanti. Catat informasi-informasi penting yang kamu dapat. Mulai dari instruksi dari atasan anda, atau informasi lainnya, seperti saran-saran dari atasan dan informasi penting dari rekan kerja. Jika kamu kesulitan menghapal nama dan jabatan rekan kerja anda, kamu juga dapat mencatatnya. Secara psikologis orang yang berbicara dengan kamu akan menyadari bahwa kamu menghargai interaksi yang terjadi dengan mencatatnya.

10. Baca email-email supaya update informasi terbaru. Ketinggalan informasi adalah sebuah bencana. Salah satu sumber untuk update informasi adalah email yang kamu punya. Jangan membatasi informasi hanya untuk divisi tempat kamu bekerja saja. Baca semuanya karena setiap informasi yang ada dalam email pasti ada manfaatnya untuk anda. Perusahaan berjalan berdasarkan sebuah sistem yang dijalankan oleh masing-masing fungsi. Penting bagi kamu supaya tahu dimana fungsi yang menjadi tanggung jawab anda, dan pengaruhnya kepada sistem dan divisi lain. Anda akan dikenal sebagai orang yang berwawasan luas bila kamu mengetahui hal yang sedang terjadi.

11. Selesaikan tugas pertama sebaik-baiknya. Tugas pertama terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi anda, bisa jadi lebih bagus ataupun lebih buruk. Fokuskan perhatian dan konsentrasi kamu untuk menyelesaikan tugas pertama ini dengan sebaik-baiknya. Simak dan perhatikan baik-baik instruksi dan arahan dari atasan anda, lalu kerjakan sebaik dan secepat mungkin. Lakukan dobelcek sebelum tugas tersebut kamu nyatakan selesai.

12. Makan siang dengan tim anda. Atasan tertentu akan mengajak kamu dan tim untuk makan siang bersama. Tapi ada juga yang tidak peduli dengan hal tersebut. Maka kamu harus berinisiatif untuk mengajak makan siang rekan kerja anda. Biasanya ketika makan siang beberapa orang akan mulai berkelompok tidak hanya dengan satu departemen saja untuk makan siang di suatu tempat, kamu dapat juga join dengan mereka.

13. Inisiatif dan membantu rekan kerja anda. Karyawan yang mempunyai inisiatif tinggi ketika ini sudah sangat langka keberadaannya. Biasanya harus menunggu instruksi baru mengerjakan sesuatu. Jika kamu sudah selesai mengerjakan tugas yang diberikan atasan, coba tanyakan kamu dapat membantu mengerjakan pekerjaan apa lagi. Anda juga dapat mengerjakan tugas melebihi ekspektasi dari atasan. Jika ada kesempatan untuk membantu rekan kerja, maka kamu dapat juga membantunya. Tidak menutup kemungkinan bila suatu ketika andalah yang super sibuk dan membutuhkan bantuan rekan kerja anda.

14. Cari mentor. Di hari pertama kerja mungkin kamu akan berkenalan atau dikenalkan dengan rekan kerja yang sudah senior. Carilah rekan kerja yang dapat kamu jadikan mentor, yang akan membantu kamu langsung dan mendukung perkembangan karir kamu dan perusahaan. Senior yang dapat dijadikan mentor biasanya tidak pelit dengan ilmu dan senang membagikan pengalaman mereka demi kemajuan bersama.

15. Hindari gosip. Ada kalanya di hari pertama bekerja, kamu akan menemukan rekan-rekan kerja penebar kebencian, penyuka gosip, senang menggunjingkan orang lain, dan memburuk-burukan perusahaan. Lebih baik kamu ambil jarak, jangan ikut campur langsung urusan orang lain ini. Obrolan-obrolan negatif ini hanya akan menekan pikiran positif dan merugikan anda.

16. Tetap bersikap positif. Apapun yang terjadi di hari pertama kerja, kamu harus menghadapinya dengan sikap positif. Jangan sampai obrolan-obrolan negatif menjadikan demotivasi untuk anda. Tetaplah berikan ekspresi wajah penuh senyum dan ramah, dan tetaplah yakin dengan karir kamu ketika ini.

17. Pulang lebih lambat. Ada baiknya kamu pulang setelah atasan kamu pulang. Jangan dulu pulang bila atasan kamu masih sibuk dengan pekerjaannya, kecuali bila atasan kamu sudah menyuruh pulang duluan. Ini tidak termasuk ke dalam peratusan perusahaan tertulis, tetapi ini adalah sebuah etika dalam bekerja, dengan begini atasan akan merasa lebih dihargai.

Demikian Tips untuk menghadapi hari pertama bekerja, semoga bermanfaat!