Tips

Tips Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman

Tips Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman 1

Tips Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman 2Meja Kerja

Penataan meja kerja kamu terdengar sepele, tetapi hal ini menjadi sangat penting bila kamu ingin nyaman ketika bekerja. Sebagian besar waktu dalam hidup kamu akan dihabiskan di meja ini, maka buatlah senyaman mungkin. Apabila kita hitung, 9-12 jam kerja sehari (atau bisa lebih), tidur ideal 8 jam, perjalanan ke/ dari tempat kerja 2 jam (bisa lebih bila macet), sisa 2-5 jam dalam satu hari mungkin dipakai untuk nongkrong, family time, atau lainnya. Jika dihitung 9 jam kamu di kantor sudah 37.5% waktu kamu terpakai untuk bekerja.

Berikut ini Tips menata meja kerja supaya nyaman demi meningkatkan produktivitas kerja anda:

Tips Terbaik Menata Meja Kerja Anda Agar Nyaman 3Menata Meja Kerja

 1. Monitor PC kerja kamu ideal ditempatkan di bagian sudut sebelah kiri, apalagi bila kamu dominan menggunakan tangan kanan. Penempatan monitor di sudut kiri ini akan membuat tangan kanan kamu lebih leluasa. Namun, bila posisi sebelah kanan terlalu banyak mendapatkan cahaya dari luar, maka posisinya dapat dibalik, monitor PC di sudut sebelah kanan. Posisi ini terbukti sangat nyaman berdasarkan pengalaman pribadi.

2. Tempatkan foto yang dapat menambah semangat dan motivasi anda. Bisa foto keluarga, ayah, ibu, pacar, istri, hobi, gebetan, makanan kegemaran, idola, target barang yang akan dibeli, rumah, foto tempat liburan impian anda, atau foto apa saja yang dapat memberikan super boost semangat dan motivasi kamu bekerja. Anda dapat melirik foto tersebut di ketika jenuh melanda ketika bekerja.

3. Tempatkan buku referensi tentang pekerjaan kamu atau bisa juga buku referensi untuk hal-hal baru. Don’t stop learning, tetap kembangkan kemampuan dan keterampilan anda. Anda bisa juga menempatkan notes/ catatan kecil (ditukar posisinya dengan nomor 5).

4. Tempat kartu nama anda, kartu nama kolega anda, dan quotes berharga yang dapat memotivasi anda. Bisa juga ditempatkan foto yang dapat memberikan semangat dan menambah motivasi anda, Jika di nomor 2 kamu menempatkan foto keluarga anda, di nomor 4 kamu bisa memajang foto tempat liburan impian anda. Kotak pensil yang berisi alat tulis kantor yang kamu butuhkan ditempatkan di area ini juga. Mudah diraih oleh tangan kanan kamu dan berdekatan dengan notes di nomor 5.

5. Catatan Kecil/ Notes/ Agenda. Tempatkan buku catatan kecil di sini, supaya kamu dapat segera mencatat ketika sedang mendapatkan inspirasi. Kembangkan ide-ide dan kreativitas dalam notes ini. Coret-coretan berharga yang mungkin suatu ketika akan menjadi sangat berharga. Bisa juga ditempatkan majalah atau buku referensi seperti yang disebutkan di nomor 3.

6. Smartphone. Di jaman ini, smartphone sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Kolega, rekan kerja, saudara, teman, keluarga semuanya dapat terhubung dalam satu smartphone.

7. Tanaman segar cocok ditempatkan di sudut kanan meja kerja, konon katanya ini bisa memicu keberuntungan dan mengundang hal-hal positif. Jika tidak ada tanaman segar, kamu dapat menempatkan foto orang yang sangat kamu kasihi disini. Anda juga dapat menempatkan telepon kantor anda, bila sudah tidak ada pilihan lain.

8. Area ini lebih baik dikosongkan, karena merupakan area kerja anda. Area ini dapat dikatakan sebagai arena bertarung anda, Jika kamu merasa kelelahan ketika duduk/ bekerja, kamu dapat menarik keyboard ke arah dada kamu sehingga kamu dapat menyenderkan punggung, sambil tetap dapat menatap layar komputer dan melanjutkan pekerjaan.

Sekian Tips untuk menata meja supaya nyaman. Pada dasarnya kamu dapat mengatur meja kerja senyaman mungkin dengan versi kamu sendiri. Penataan meja kerja seperti di atas mungkin dapat menambah referensi anda. Semoga bermanfaat.